5 Rekomendasi Sabun Muka Kulit Sensitif

Kezia Prasetya Christvidya13 Mei 2021, 13:35 WIB
Diperbarui 13 Mei 2021, 13:35 WIB
skincare-kezo

Fimela.com, Jakarta Bagi pemilik kulit sensitif, kadang terlalu bingung untuk memilih sabun muka yang cocok untuk digunakan. Karena kulit terlalu sensitif, maka mudah terkena iritasi kalau kandungan sabun muka tidak cocok dengan kondisi kulitnya.

Kulit sensitif adalah kondisi kulit yang mudah terkena reaksi alergi, yang disebabkan karena alergi udara, bahan kimia, debu, perubahan cuaca dan lain sebagainya.

Kulit sensitif cenderung lebih mudah berubah menjadi ruam, kemerahan, gatal dan mengelupas, saat terkena produk yang menimbulkan reaksi alergi. Untuk itu, Sahabat Fimela harus memilih sabun muka yang tepat untuk merawat kulit sensitif. Berikut rekomendasi sabun muka kulit sensitif, dilansir dari berbagai sumber:

Penyebab Kulit Sensitif

skincare-kezo
ilustrasi kulit sensitif/metamorworks/shutterstock

Kulit sensitif adalah kulit yang sangat rentan terkena alergi. Kulit sensitif ini bisa dialami pemilik kulit yang kering dan berjerawat. Karena kalau terkena reaksi alergi, kulit bisa berubah menjadi kering atau bahkan muncul beruntusan di wajah.

Kulit yang sensitif ini bisa dialami perempuan maupun laki-laki, yang disebabkan karena berbagai macam faktor, baik faktor lingkungan, faktor keturunan atau memiliki penyakit khusus.

Bahkan kulit yang sensitif ini bisa disebabkan karena salah menggunakan skincare, yang kandungan bahan aktifnya tidak cocok digunakan untuk mengatasi masalah kulitmu. Kulit sensitif juga bisa disebabkan karena pengaruh mengonsumsi obat-obatan atau kurang mengonsumsi air putih.

Kandungan Sabun Muka untuk Kulit Sensitif

skincare-kezo
ilustrasi skincare/metamorworks/shutterstock

Pemilik kulit sensitif harus berhati-hati saat memilih kandungan bahan aktif, yang terdapat di dalam sabun muka, agar tidak menyebabkan iritasi wajah, ruam atau over eksfoliasi.

Kandungan bahan aktif di dalam sabun muka yang cocok untuk kulit sensitif adalah hyaluronic acid, ceramide, niacinamide, squalane, jojoba oil, olive oil, glycerin, mineral oil dan lanolin. Kandungan tersebut bisa membantu melembapkan kulit sensitif, memperbaiki lapisan kulit yang pecah-pecah, menyeimbangkan pH kulit dan membuat kulit tetap sehat.

Sabun muka yang cocok untuk kulit sensitif adalah sabun muka yang teksturnya gentlefoam, gel atau krim. Hindari menggunakan sabun muka yang terlalu banyak mengandung scrub.

Selain itu, hindari menggunakan sabun muka yang memiliki bahan aditif seperti pewangi, pewarna alkohol, paraben dan Sodium Lauryl Sulfate (SLS). Kandungan aditif ini bisa membuat kulit menjadi sangat kering, iritasi dan pecah-pecah.

Rekomendasi Sabun Muka Kulit Sensitif

skincare-kezo
ilustrasi skincare/WAYHOME studio/shutterstock

1. SENKA Perfect Whip

Rekomendasi sabun muka yang pertama adalah SENKA Perfect Whip. Sabun muka ini memiliki tekstur foam, yang bisa membantu membersihkan wajah sampai pori-pori yang terdalam. Produk sabun muka dijual dengan harga sekitar Rp 45ribuan.

2. L’Occitane Shea Milk Sensitive Skin Extra Rich Soap

Produk sabun muka dari L’Occitane Shea Milk Sensitive Skin Extra Rich Soap adalah sabun batang, yang diperkaya dengan kandungan shea butter, minyak biji bunga matahari dan minyak kelapa, yang bisa melembapkan kulit dan menyeimbangkan pH kulit. Harga produk ini sekitar Rp 100ribuan.

3. The Body Shop Aloe Calming Foaming Wash

Rekomendasi sabun muka yang selanjutnya adalah The Body Shop Aloe Calming Foaming Wash. Sabun muka ini bisa membantu melembapkan kulit, menenangkan kulit yang iritasi dan menyegarkan kulit wajah yang sensitif. Harga produk ini sekitar Rp 169ribuan.

4. Cetaphil Pro AD Derma Skin Restoring Wash

Sabun muka yang selanjutnya adalah Cetaphil Pro AD Derma Skin Restoring Wash. Sabun muka yang teksturnya gel cair ini, bisa digunakan untuk mencuci wajah yang kulitnya sensitif, dan bisa digunakan untuk segala usia. Produk ini dijual dengan harga sekitar Rp 215ribuan.

5. Sebamed Clear Face Antibacterial Cleansing Foam

Rekomendasi sabun muka yang terakhir adalah Sebamed Clear Face Antibacterial Cleansing Foam. Sabun muka ini memiliki tekstur foam, yang bisa membantu melembapkan kulit sensitif, membersihkan noda di wajah dan mempercepat proses regenerasi kulit, yang dijual dengan harga sekitar Rp 140ribuan.

Lanjutkan Membaca ↓