5 Manfaat Kojic Acid yang Bisa Mencerahkan Kulit Kusam

Kezia Prasetya Christvidya10 Mei 2021, 14:35 WIB
Diperbarui 10 Mei 2021, 14:35 WIB
skincare-kezo

Fimela.com, Jakarta Dalam skincare yang berfungsi untuk mencerahkan kulit kusam, biasanya memiliki kandungan bahan aktif yang bernama asam kojic atau kojic acid. Sebelum dijadikan sebagai bahan skincare, kandungan ini pernah dijadikan sebagai bahan untuk membuat alkohol, seperti wine atau shake.

Kojic acid terbuat dari fermentasi berbagai jenis jamur, yang memiliki fungsi utama untuk mencerahkan dan menyamarkan flek hitam. Kandungan ini biasanya terdapat di dalam produk pelembap, sabun wajah dan serum.

Kandungan ini bisa dirasakan manfaatnya jika digunakan secara rutin selama kurang lebih 2 minggu. Tapi produk ini harus digunakan dengan aturan yang tepat, agar tidak membawa efek samping untuk kulit wajah. Berikut manfaat kojic acid yang perlu diketahui.

 

Manfaat Kojic Acid

skincare-kezo
ilustrasi skincare/aslysun/shutterstock

1. Mencerahkan Kulit

Manfaat kojic acid yang utama adalah membantu mencerahkan kulit wajah. Karena kandungan ini membantu mencegah pembentukan tirosin yang bisa menghasilkan melanin. Karena produksi melanin turun, sehingga kulit wajah bisa terlihat lebih cerah.

2. Menghambat Hiperpigmentasi

Kojic acid juga bisa membantu mencegah hiperpigmentasi kulit, yang disebabkan karena kulit terlalu lama terpapar sinar matahari. Kojic acid ini membantu menyamarkan noda hitam dan bintik-bintik di wajah, akibat terkena paparan sinar matahari.

3. Menyamarkan Luka

Kojic acid merupakan kandungan yang bersifat sebagai antiinflamasi, anti bakteri dan anti jamur, yang bisa membantu mempercepat penyembuhan luka, mengurangi peradangan dan menyamarkan bekas luka yang ada di kulit.

4. Mencegah Penuaan Dini

Manfaat kojic acid yang selanjutnya adalah membantu mencegah penuaan dini, seperti mengurangi keriput yang muncul di wajah. Kandungan ini membantu melawan radikal bebas yang menyebabkan munculnya penuaan dini, dan melindungi lapisan kulit agar tidak mudah rusak.

5. Mencegah Jerawat

Manfaat kojic acid yang terakhir yaitu membantu mencegah peradangan jerawat. Karena kojic acid memiliki kandungan yang bersifat sebagai anti bakteri, yang membunuh bakteri penyebab jerawat, serta mengandung antiinflamasi untuk mengurangi peradangan akibat jerawat.

Efek Samping Kojic Acid

skincare-kezo
ilustrasi skincare/TORWAISTUDIO/shutterstock

Bagi sebagian orang yang memiliki kulit sensitif, bisa mengalami efek samping yang ringan, akibat menggunakan produk-produk kojic acid yang berlebihan.

Efek samping menggunakan kojic acid yang berlebihan, justru menyebabkan kulit lapisan kulit akan semakin menipis, kemudian kulit akan lebih sensitif saat terkena paparan sinar matahari. Selain itu, efek samping kojic acid yang dialami pemilik kulit sensitif adalah ruam, gatal-gatal, kemerahan hingga muncul beruntusan di kulit wajah.

Sebenarnya efek samping penggunaan kojic acid ini jarang terjadi dikebanyakan orang, asalkan menggunakan produk sesuai dengan aturan yang sudah tercantum di dalam kemasan, atau tidak memadukan produk kojic acid dengan bahan aktif yang bertentangan dengannya. Kamu juga bisa berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan produk kojic acid.

Anjuran Menggunakan Kojic Acid

skincare-kezo
ilustrasi skincare/pixabay

Produk skincare yang memiliki kandungan kojic acid yang aman digunakan, yaitu yang memiliki konsentrasi 1% asam kojic acid. Agar hasilnya lebih optimal di kulit, kamu juga harus menggunakan tabir surya saat berpergian atau di dalam rumah, dan kurangi aktivitas yang langsung terpapar matahari.

Kamu juga bisa menggunakan produk yang mengandung kojic acid, di area kulit yang normal dan tidak mengalami kerusakan atau luka terbuka. Perhatikan juga tanggal kedaluwarsa produk skincare tersebut.

Selain itu, pilihlah skincare yang memiliki label hypoallergenic, non-comedogenic dan tidak menyebabkan sensitivitas terhadap cahaya atau non-photo toxic. Kamu juga bisa memilih produk kojic acid yang dikombinasikan dengan kandungan bahan-bahan yang alami.

Lanjutkan Membaca ↓