Tips agar Kulit Wajah Glowing dan Bebas Jerawat saat Silaturahmi Lebaran

Baiq Nurul Nahdiat04 Mei 2021, 17:05 WIB
Diperbarui 04 Mei 2021, 17:05 WIB
Pilih Jenis Kain Hijab yang Bersahabat

Fimela.com, Jakarta Momen hari raya atau lebaran adalah waktu untuk bersilaturahmi bersama keluarga dan kerabat. Karena sekarang sedang pandemi, mungkin Sahabat Fimela banyak yang akan melakukan silaturahmi secara vurtual. Baik secara langsung atau virtual, kulit wajah yang sehat dan glowing adalah hal yang harus diperhatikan saat lebaran nanti. Agar semakin semangat melakukan silaturahmi dan terhindar dari pertanyaan menjengkelkan, seperti “Kok jerawatan?” atau “Kok kulitnya kusam?”

Agar kulitmu tetap glowing selama lebaran nanti, yuk simak tips berikut ini.

Jangan Lupa untuk Menghapus Make Up Sebelum Tidur

Pastikan untuk selalu menghapus make up sebelum istirahat. Kulit perlu bernapas dalam semalam. Dan riasan mencegahnya, karena membiarkannya semalaman menyumbat pori-pori yang dapat menyebabkan noda atau komedo. Cukup oleskan sedikit minyak zaitun pada kapas dan pijat dengan lembut minyak tersebut ke wajah untuk menghilangkan riasan dan kotoran.

Lakukan Eksfoliasi secara Rutin

ilustrasi eksfoliasi wajah/Makistock/shutterstock
ilustrasi eksfoliasi wajah/Makistock/shutterstock

Jangan lupa bahwa pengelupasan kulit sangat diperlukan. Setidaknya lakukan sekali atau dua kali seminggu, eksfoliasi kulit berguna untuk menghilangkan lapisan kulit mati. Oleskan pasta kenari untuk mengelupas sel kulit mati, karena antioksidan yang ada dalam kenari membantu menghilangkan kotoran dan membuat kulit bercahaya.

Gunakan Tabir Surya

Karena paparan sinar matahari seumur hidup dapat menyebabkan keriput, bintik-bintik penuaan dan masalah kulit lainnya, jadi penting untuk melindungi kulit dari sinar matahari. Pastikan label bertuliskan 'noncomedogenic' atau 'nonacnegenic' agar produk tidak cenderung menyumbat pori-pori. Jangan: Melewatkan tabir surya, baik di luar mendung atau dingin. Olesi kulit dengan tabir surya lagi dengan SPF minimal 30.

Kamu adalah Apa yang Kamu Makan

makanan sehat
ilustrasi perempuan dengan sayuran/copyright by Vasin Lee on Shutterstock

Makan buah-buahan segar, sayuran hijau, protein dan vitamin yang cukup. Pola makan yang kaya vitamin C dan rendah lemak dan gula membuat kulit bercahaya. Pertimbangkan diet rendah gula, yang dapat menurunkan kadar insulin, memungkinkan sel untuk menjaga keseimbangan yang sehat. Kurangi juga makanan pedas dan fermentasi, garam, buah jeruk, gorengan. Sebaliknya pilih makanan yang lebih lunak seperti nasi, oatmeal dan selai apel.

Tidur Secukupnya Sebelum Hari Raya

Sebelum lebaran, usahakan tidur minimal 8 jam pada malamnya. Jika tidak cukup menutup mata, kulit akan menjadi lelah, mengendur dan menyebabkan kantung. Dirimu juga dapat mengoleskan madu pada wajah sebanyak dua atau tiga kali seminggu untuk menenangkan dan menyembuhkan kulit secara alami. Atau oleskan banyak pelembab, dan hindari mencuci wajah dengan air panas karena bisa mengeringkan kulit secara berlebih.

Itulah dia sekian tips yang bisa dilakukan untuk membuat kulit semakin cerah dan sehat sebelum lebaran tiba. Semoga bermanfaat.

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓