6 Tips Bibir Lembap saat Puasa

Fimela Editor07 Mei 2021, 08:30 WIB
Diperbarui 07 Mei 2021, 08:30 WIB
Ilustrasi bibir

Fimela.com, Jakarta Puasa lebih dari 12 jam membuat metabolisme kita berubah. Ya, selama berpuasa tubuh tidak mendapat asupan makanan dan minuman.

Tak heran jika kulit cepat kering, terutama di area bibir. Beberapa orang bahkan mengalami bibir pecah-pecah hingga luka.

Bibir sangat rentan karena tidak seperti area kulit lainnya, bibir tidak memiliki kelenjar minyak dan keringat untuk menjaganya tetap lembap. Selain itu, kulit di bibir kita 15 kali lebih tipis dari kulit di tubuh, sehingga memerlukan perawatan dan perlindungan ekstra, terutama di bulan puasa, saat tingkat hidrasi paling rendah. Untungnya, ada sejumlah cara untuk membantu kamu mengatasi masalah bibir kering.

Gunakan lip scrub

Setidaknya seminggu sekali kamu harus melakukan pengelupasan kulit mati di bibir dengan scrub khusus untuk bibir. Cara lainnya, kamu bisa menggunakan sikat gigi. Basahi bibir kamu dengan air hangat dan gosok bibir dengan sikat gigi yang lembut. Lakukan secara perlahan agar tidak melukai bibir. Lebih baik lagi gunakan produk pengelupas untuk bibir, biasanya berbentuk seperti lip balm. Kulit mati dan kulit kering akan lebih mudah terkelupas, sehingga membentuk kulit baru yang sehat di bibir.

Gunakan lip balm

Untuk menghindari bibir kering, kamu bisa menggunakan lip balm. Pilih pelembap bibir yang mengandung minyak alami dan SPF. Kandungan SPF ini bisa mengurangi risiko bibir kering.

Kurangi makanan pedas dan asin

Saat sahur dan berbuka puasa, sebaiknya kurangi makanan yang pedas dan asin. Makanan yang terlalu pedas dan asin akan membuat cepat haus, mulut dan bibir cepat kering.

 

Hindari membasahi bibir dengan air liur

Ilustrasi bibir
Ilustrasi bibir. Sumber foto: unsplash.com.

Membasahi bibir dengan air liur membuat bibir lebih cepat kering. Awalnya memang terlihat segar dan basah, tapi setelah beberapa menit kemudian, bibir kamu lebih kering dari sebelumnya.

Mengonsumsi madu

Madu merupakan cara alami mengatasi bibir kering dan pecah-pecah. Selain mengonsumsinya sebagai minuman, kamu juga bisa mengoleskan madu di bibir. Aplikasikan madu di bibir sebelum tidur, dan lakukan lagi setelah selesai makan.

Minum air yang cukup

Asupan cairan harus selalu tercukupi, terutama saat berpuasa. Penuhi asupan cairan tubuh kamu dengan air mineral saat buka puasa dan sahur. Air mineral mengandung alkali yang membantu menjaga kelembapan kulitmu.

 

*Penulis : Adonia Bernike Anaya (Nia).

Saksikan video menarik setelah ini

#Elevate Women

Lanjutkan Membaca ↓