5 Rekomendasi Makeup Remover untuk Kulit Sensitif

Kezia Prasetya Christvidya09 Mei 2021, 12:45 WIB
Diperbarui 09 Mei 2021, 12:45 WIB
skincare-kezo

Fimela.com, Jakarta Setelah menggunakan makeuptentu saja wajah harus dibersihkan dengan benar, agar tidak membuat pori-pori tersumbat, memicu munculnya komedo hingga jerawat.

Untuk membersihkan makeup, kamu bisa menggunakan produk skincare yang khusus untuk makeup, seperti makeup remover. Karena kalau tidak menggunakan makeup remover, pembersih biasa tidak akan bisa mengangkat makeup yang waterproof.

Makeup remover adalah produk yang digunakan sebelum mencuci wajah dengan facial foam. Agar kulit sensitif tidak iritasi menggunakan makeup removerberikut rekomendasi makeup remover untuk kulit sensitif, dilansir dari berbagai sumber:

Mengenal Kulit Sensitif

skincare-kezo
ilustrasi skincare/metamorworks/shutterstock

Kulit sensitif sering kali ditandai dengan kulit yang reaktif saat terkena alergi, seperti bahan kimia, debu atau perubahan cuaca. Kulit sensitif juga sering disamakan dengan kulit yang berjerawat. Padalah kulit sensitif ini bisa terjadi pada jenis kulit apa saja.

Saat kulit sensitif terkena berreaktif dengan pemicu alergi, maka kulit akan berubah menjadi kemerahan, muncul rasa gatal, perih atau terbakar, yang bisa menyebabkan munculnya ruam di kulit, breakout hingga pengelupasan kulit.

Selain dialami oleh kulit yang berjerawat, kulit sensitif juga bisa dialami kulit yang kering. Karena kulit yang sangat kering, tidak punya cairan seperti kolagen atau minyak alami untuk melindungi lapisan kulit, dari kerusakan yang disebabkan radikal bebas atau pemicu alergi lainnya.

Cara Memilih Makeup Remover untuk Kulit Sensitif

skincare-kezo
ilustrasi skincare/Shiny Diamond/pexels

Karena kulit sensitif sangat mudah bereaksi terhadap suatu kandungan bahan kimia, maka makeup remover yang cocok digunakan untuk kulit sensitif, yaitu yang memiliki kandungan yang bisa menenenangkan kulit, atau memiliki kandungan yang bersifat antiinflamasi.

Kamu bisa memilih makeup remover yang memiliki kandungan bahan seperti glycerin, jojoba oil, hyaluronic acid atau castor oil. Selain membantu menenangkan kulit, kandungan tersebut tidak menyebabkan perih atau gatal, dan bisa melembapkan kulit serta memperbaiki lapisan kulit yang rusak.

Bagi kulit yang sensitif juga harus menghindari pewarna, pewangi, paraben dan alkohol, yang sering terdapat di dalam makeup remover dan bisa menyebabkan kulit menjadi iritasi.

Rekomendasi Makeup Remover untuk Kulit Sensitif

skincare-kezo
ilustrasi skincare/July Prokopiv/shutterstock

1. The Body ShopVitamin E Gentle Cleansing Face Wipes

Rekomendasi makeup remover yang pertama yaitu The Body Shop Vitamin E Gentle Cleansing Face Wipes. Produk ini memiliki kandungan vitamin E, yang aman digunakan untuk kulit sensitif. Karena makeup remover ini berbentuk tisu basah, maka bisa dibawa kemana saja. Harga produk ini sekitar Rp 50ribuan.

2. PIXY Eye & Lip Makeup Remover

PIXY Eye & Lip Makeup Remover adalah makeup remover yang bisa digunakan, untuk membersihkan area bibir dan mata yang kulitnya sangat sensitif. Produk ini memiliki kandungan natural honey yang bisa membantu melembapkan kulit mata dan bibir. Makeup remover ini dijual dengan harga Rp 28ribuan.

3. Cetaphil Gentle Makeup Remover

Rekomendasi yang selanjutnya adalah Cetaphil Gentle Makeup Remover. Produk ini memiliki kandungan Aloe vera extract, cucumber extract, ginseng root extract, Camellia sinensis leaf extract, glycerin dan allantoin, yang aman digunakan untuk membersihkan kulit yang sensitif. Harga produk ini sekitar Rp 200ribuan.

4. Innisfree Apple Seed Cleansing Oil Balm

Makeup yang menempel pada kulit sensitif, bisa dibersihkan dengan produk Innisfree Apple Seed Cleansing Oil Balm. Produk yang diperkaya dengan ekstrak biji apel ini, bisa melembapkan kulit, membersihkan pori-pori dan menenangkan kulit. Harga makeup remover ini sekitar Rp 210ribuan.

5. Wardah Eye and Lip Makeup Remover

Rekomendasi yang terakhir, yaitu produk dari Wardah Eye and Lip Makeup Remover, yang memiliki klaim bisa membersihkan makeup di kulit area mata dan bibir yang sensitif, hanya dengan sekali usap saja. Harga produk ini sekitar Rp 40ribuan.

Lanjutkan Membaca ↓