Letak Jerawat di Wajah Bisa Ungkap Kesehatan Tubuhmu

Anisha Saktian Putri19 Mei 2021, 07:00 WIB
Diperbarui 19 Mei 2021, 07:00 WIB
Jerawat wajah bisa ungkap kesehatanmu (dok. Polina Tankilevitch/Pexels.com)

Fimela.com, Jakarta Jerawat menjadi salah satu masalah umum yang terjadi pada wajah. Namun ternyata, jarawat bukan hanya memperlihatkan jika wajah seseorang kotor atau karena hormon saja.

Melainkan letak jerawat pada wajah dapat menggambarkan bagaimana kondisi tubuh kita yang sebenarnya. Pemetaan wajah jerawat percaya bahwa jika mempelajari di mana munculnya jerawat, dapat menemukan pemicunya dan mencari solusi untuk menghilangkannya. 

Teknik ini membagi wajah menjadi beberapa zona yang sesuai dengan masalah medis atau gaya hidup tertentu.  Begini cara kerjanya, melansir heatline.com.

1. Dahi

Letak jerawat di wajah/dok. Stylecraze
Letak jerawat di wajah/dok. Stylecraze

Jerawat di dahi menandakan stres dan diet tidak benar. Pengobatan untuk jerawat ini ialah makan lebih banyak buah dan sayuran, memastikan tidur yang cukup, dan minum banyak air. Dan kurangi pikiran negatif. 

2. Diantara garis rambut

Jerawat di area garus rambut terjadi karena penumpukan produk rambut atau riasan yang mengandung bahan penyumbat pori.

Jerawat yang disebabkan oleh produk rambut dikenal sebagai pomade acne Trusted Source.  Untuk mengatasinya, ahli kecantikan merekomendasikan pembersihan kulit ganda dan mencari kosmetik nonkomedogenik.

3. Alis

Jerawat di alis bisa disebabkan oleh terlalu banyak mengonsumsi alkohol atau makanan berlemak atau olahan. Maka hindari gaya hidup buruk tersebut.

4. Pipi

Mencegah Jerawat Tumbuh
Ilustrasi Masalah Kulit Wajah Credit: pexels.com/Youra

Jerawat di pipi sering terjadi, ternyata dipengaruhi oleh faktor luar seperti polusi udara dan bakteri dari sarung bantal dan ponsel.  Untuk mengatasinya, bersihkan kulit hingga bersih dan cuci sarung bantal secara teratur.

Diet juga diyakini berdampak.  Sebuah studi tahun 2012 mengkonfirmasi adanya hubungan antara asupan gula yang sering dan risiko jerawat.  Dan tinjauan baru-baru ini dari berbagai penelitian juga menemukan hubungan serupa antara produk susu dan jerawat, meskipun diperlukan lebih banyak penelitian.

5. Dagu

Jerawat di dagu dan rahang dipengatuhi hormonal.  Selama menstruasi dan kehamilan, kelebihan hormon dapat menyebabkan timbulnya jerawat.

 Jerawat di garis rahang juga bisa menjadi tanda sindrom ovarium polikistik, suatu kondisi di mana perempuan menghasilkan hormon 'pria' dalam jumlah yang lebih tinggi.

6. Kuping

Jerawat di kuping menandakan dirimu sedang stres serta ketidakseimbangan hormonal. Selain itu, bisa juga karena alergi kosmetik hingga produk rambut. 

#elevate women

Lanjutkan Membaca ↓