Sukses

Beauty

5 Cara Lain Menggunakan Foundation untuk Campuran Makeup

Fimela.com, Jakarta Pernahkah salah membeli warna foundation? Saat membeli foundation dengan warna yang tidak cocok dengan kulit, jangan terburu-buru untuk menjual atau membuang produk tersebut. Karena foundation yang warnanya tidak cocok dengan kulit, bisa dimanfaatkan untuk yang lainnya.

Foundation adalah produk makeup yang bisa meratakan warna kulit dan membuat seluruh riasan terlihat lebih mulus. Selain digunakan sebagai alas bedak, foundation bisa digunakan sabagai campuran produk makeup lainnya. Sehingga warna makeup akan lebih bagus saat digunakan.

Tidak disangka, foundation yang sering disebut bisa membuat kulit kering, justru bisa digunakan untuk membuat kulit lebih terhidrasi dan lembap. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menggunakan foundation. Yuk simak, cara lain menggunakan foundation yang jarang diketahui:

Cara Lain Menggunakan Foundation

1. Campur dengan Bedak Tabur

Cara lain menggunakan foundation yang pertama, yaitu mencampur foundation yang warnanya terlalu terang untuk kulit, dengan badak tabur di mixing pallete. Campuran foundation dan bedak tabur ini, bisa digunakan sebagai pengganti concelear. Karena tekstur foundation akan lebih padat dan hasilnya matte.

2. Campur dengan Liquid Lipstik

Mencampur foundation dengan liquid lipstik adalah salah satu cara, untuk mendapatkan warna blush on yang kamu inginkan. Untuk mencampurkan warnanya di mixing pallete, kamu bisa memilih foundation warna cerah dengan liquid lipstik warna pink, merah atau oranye. Selain jadi blush on, cara ini juga bisa dijadikan sebagai color corrector untuk menghilangkan mata panda.

3. Campur dengan Pelembap

Foundation adalah produk makeup yang bisa membuat kulit jadi kering. Untuk mencegah kulit kering, kamu bisa mencampurkan foundation dengan pelembap. Sehingga foundation kamu akan berubah jadi tinted moisturizer, yang bisa menghidrasi dan melembapkan kulit.

Cara Memilih Warna Foundation yang Tepat

Memilih warna foundation harus disesuaikan dengan undertone kulit. Hal ini dilakukan agar hasilnya tidak pucat atau terlalu gelap. Untuk melihat warna undertone kulit, kamu bisa melihat warna urat nadi di bawah sinar alami.

Kalau kamu memiliki warna nadi yang kebiruan, berarti undertone kulit berwarna cool. Untuk warna nadi yang kehijauan, berarti termasuk warm undertone. Sedangkan urat nadi yang berwarna biru kehijauan atau keungunan, berarti memiliki undertone yang natural.

Untuk cool undertone, pilihlah warna foundation dengan shade pink, ivory atau bronze. Pemilik warm undertone bisa menggunakan foundation dengan shade nude, beige, golden, honey atau caramel. Sedangkan undertone yang natural bisa menggunakan shade buff beige, natural buff, classic tan atau nutmeg.

Cara Memilih Foundation Sesuai Jenis Kulit

Foundation Cair

Foundation cair adalah jenis foundation yang paling sering digunakan. Foundation ini terbuat dari bahan yang berbasis minyak atau air. Untuk foundation cair yang berbasis minyak, lebih cocok digunakan untuk kulit kering dan berkeriput, karena bisa melembapkan kulit dan menyamarkan keriput. Sedangkan foundation cair untuk kulit kering adalah foundation yang berbasis air, karena formulanya ringan dan tidak menyumbat pori-pori.

Foundation Krim

Foundation krim memiliki tekstur krim yang tebal dan berbahan dasar minyak. Jenis foundation ini akan cocok digunakan untuk kulit yang normal dan kulit kering. Karena foundation ini memberikan hasil matte di kulit wajah.

Foundation Bubuk

Bagi pemilik kulit yang berminyak, lebih disarankan menggunakan foundation bubuk yang terdapat dapat loose powder. Foundation ini bisa membantu mengontrol minyak di wajah. Karena memiliki hasil akhir yang matte dan kering di wajah.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading