Tentang DASH Diet

Fitriandini Wiana 05 Mei 2015, 10:00 WIB
Diperbarui 05 Mei 2015, 10:00 WIB

Next

dash diet

DASH yang merupakan singkatan dari Dietary Approaches to Stop Hypertension ini akhirnya diakui para dokter di Amerika sebagai tren diet terbaik untuk tahun ini mengalahkan 29 jenis diet lainnya. Kini, DASH diet sudah populer di kalangan selebriti Hollywood bukan hanya untuk menurunkan berat badan namun juga menjaganya agar lebih stabil. Sebut saja Jennifer Hudson dan Jessica Simpson yang memang sudah lama membuat banyak orang tercengang akan penurunan berat badannya yang cukup siginifikan. Apa sebenarnya yang istimewa dari DASH diet ini?

Next

dash diet

Diet yang diciptakan oleh seorang nutrisionist bernama Marla Heller ini pada awalnya dikembangkan sebagai bagian dari penelitian yang dilakukan untuk mencari cara bagaimana menurunkan tekanan darah seseorang tanpa melalui proses pengobatan tertentu. Namun pada akhirnya, DASH diet ini juga mampu mengurangi lingkar pinggang juga! Diet ini secara jelas mampu membantu seseorang untuk menentukan berapa banyak kalori yang akan dikonsumsi, mengatur dari mana sumber kalori tersebut didapat, dan juga mendorong orang tersebut untuk membatasi konsumsi garam setiap harinya. Jadi, bagaimana cara diet ini bekerja?

Next

dash diet

DASH diet ini bekerja dengan dua fase. Fase pertama berlangsung selama dua minggu. Pada fase ini lebih diutamakan soal transisi konsumsi karbohidrat yang rendah, ditujukan mengatur ulang sistem metabolisme tubuh dengan memotong semua konsumsi karbohidrat yang didapat dari beras, gandum, jagung, dan lain sebagainya. Selain itu, konsumsi buah-buahan pun termasuk yang dihindari dalam fase ini. Pada fase inilah, hasil yang didapatkan lebih cepat terlihat. Lingkar pinggang pun akan dengan cepat terlihat berkurang.

Next

dash diet

Kemudian berlanjut ke fase kedua yang dilakukan setelah fase pertama selesai. Pada fase ini, buah-buahan, sayur yang berkarbohidrat, serta semua konsumsi karbohidrat yang didapat dari beras, gandum, jagung, dan lain sebagainya pun mulai diperkenalkan kembali ke tubuh. Hal ini ditujukan untuk melanjutkan diet dan menurunkan berat badan, ditambah menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol orang yang menjalankannya. Pada fase kedua ini, orang tersebut akan belajar bagaimana mempertahankan diet tersebut sebagai diet jangka panjang yang akan tetap dilakukan untuk mengurangi tekanan darah dan meningkatkan kadar kolesterol yang baik pada tubuh.

Next

dash diet

Kedua fase inilah yang membuat DASH diet ini dipilih 22 pakar kesehatan di Amerika sebagai diet terbaik dengan menilai efek yang dihasilkan dalam jangka pendek dan juga jangka panjangnya. Penilaian diet ini ditentukan dalam 7 ukuran, yakni penurunan berat badan dalam jangka waktu pendek, kemudahan, nutrisi yang didapat, keselamatan orang yang melakukannya, kemampuan untuk menghindari atau mengontrol diabetes, dan kemampuan untuk menghindari atau mengontrol penyakit jantung seseorang. Dan DASH diet menang dengan skor tertinggi, mengalahkan The Dukan Diet yang sempat populer karena dilakukan Kate Middleton menjelang hari pernikahannya. 

Next

dash diet

Hasil yang didapatkan, seseorang yang melakukan DASH diet ini pun beragam karena ditentukan oleh sistem metabolisme orang itu sendiri. Namun, sebuah penelitian membuktikan bahwa diet ini mampu mengurangi 2,2 kilogram berat tubuh seseorang dalam waktu dua minggu. Ini artinya dalam fase pertama. Terdengar sangat kecil? Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, DASH diet ini memang awalnya bukan ditujukan untuk menurunkan berat badan, namun lebih kepada penurunan tekanan darah seseorang. Weight loss is a plus. Terlebih jika dikolaborasikan dengan gaya hidup yang sehat dengan rutin berolahraga.

Next

dash diet

Untuk memudahkan jika kamu tertarik untuk melakukan diet ini, kami suguhkan plan diet yang disarankan langsung oleh National Heart Lung and Blood Institute di Amerika. Di dalamnya terlampir dua tabel yang ditujukan untuk perempuan dan laki-laki dengan masing-masing jumlah kalori yang harus didapatkan perharinya. Masing-masing tabel terbagi menjadi tiga bagian, yakni:

  • Sedentary, artinya kamu hanya melakukan aktivitas fisik yang ringan setiap harinya.
  • Moderate active, artinya kamu melakukan aktivitas fisik yang setara dengan berjalan kaki sekitar 2-5 km dengan kecepatan 5-6,5 km/jam perharinya, ditambah dengan aktivitas fisik ringan.
  • Active, artinya kamu melakukan aktivitas fisik yang setara dengan berjalan kaki lebih dari 5 km dengan kecepatan 5-6,5 km/jam perharinya, ditambah dengan aktivitas fisik ringan.

Next

dash dietSemakin penasaran dengan DASH diet ini? Nggak perlu jauh-jauh ke Amerika hanya untuk menjalankan diet ini, yang terpenting, konsultasikan diet tersebut dengan nutrisionis yang tepat. Dengan begitu, Sang Nutrisionis pun bisa membantumu untuk membuat plan makanan yang akan dikonsumsi setiap harinya dengan jumlah kalori yang tepat. Selamat mencoba, Fimelova!

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela