Sukses

Beauty

Tips Mencegah Gatal Setelah Mencukur Bulu Badan

Mencukur bulu bukan hanya dilakukan oleh kaum pria. Wanita juga melakukannya untuk membersihkan bulu di area kaki dan ketiak agar lebih bersih dan percaya diri. Namun ada beberapa masalah kulit yang mengikuti kebiasaan ini.

Seringkali akibat mencukur, kulit jadi gatal dan iritasi. Rasa gatal ini disebabkan oleh bulu yang masih sangat pendek dan akan bertumbuh. Bulu tubuh ini akan semakin mengeras bila sering dicukur. Selain karena bulu, ada beberapa kuman yang rawan membuat kulit terasa sangat gatal.

Rasa gatal akibat mencukur seringkali mengganggu dan rawan luka bila digaruk. Berikut ini adalah beberapa tips untuk mengurangi rasa gatal tersebut.

Scrubbing

Untuk menghindari kuman dan sel kulit mati yang mengganggu dan membuat kulit rawan gatal, lakukan scrubbing. Mengikis kulit mati secara rutin bisa membantu mengurangi gatal. Lakukan beberapa kali sebelum Anda memutuskan untuk mencukur bulu kaki atau ketiak.

Pisau Cukur Bersih

Pastikan pisau cukur Anda bersih dan bila perlu, ganti secara rutin. Pisau cukur yang higienis akan membantu Anda mengurangi resiko gatal yang mengganggu.

Berendam Air Dingin

Setelah melakukan pencukuran, rendam bagian tersebut dalam air dingin. Lakukan perawatan ini selama 5 menit, karena saat bercukur, kulit bergesekan dengan pisau cukur yang bisa menyebabkan rasa panas, kemerahan dan gatal. Sebaliknya, hindari air hangat yang bisa mengikis kelembaban.

Menjaga Kelembaban Kulit

Bila kulit Anda gatal, perhatikan apakah kulit Anda sedang dalam keadaan kering. Kulit kering lebih rawan gatal dibandingkan dengan kulit yang lembab.

Menggunakan Gel Aloe Vera

Anda bisa memilih menggunakan gel alami atau produk gel yang mengandung aloe vera atau lidah buaya. Bahan ini mampu menenangkan kulit yang bisa mengatasi rasa panas dan gatal akibat mencukur.

Hindari Kontak Dengan Matahari

Hindari sinar matahari yang berlebihan pada kulit yang baru dicukur. Sebisa mungkin jaga kulit Anda dari bahan kosmetika dengan pewangi dan panas yang menyengat. Aplikasikan sunblok yang mampu melindungi kulit dari sengatan.

Hal-hal di atas adalah tips mudah untuk sebisa mungkin menghindari rasa gatal pada kulit setelah mencukur. Semoga bermanfaat, Ladies.

BACA JUGA

Tips Memiliki Alis Yang Cantik Dan Rapi

Tips Jitu Makeup Dan Perawatan Untuk Kulit Berminyak

Alasan Penting Mengapa Tidak Boleh Mengikat Rambut Saat Masih Basah

Madu Bisa Bantu Kurangi Bau Badan

Mengatasi Komedo Dengan Masker Tomat Alami

(vem/gil)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading