Sukses

Beauty

Mitos dan Fakta Tentang Menstruasi, Mana Yang Benar?

Hingga saat ini apakah Anda tidak berani keramas saat sedang haid? Dulu, nenek moyang memang pernah menurunkan mitos itu turun temurun, kabarnya kalau memang ingin haid tuntas, tidak disarankan untuk keramas terlebih dahulu sebelum haid selesai. Bagaimana ya, apakah hal itu benar atau cuma mitos? Mari kita buktikan.

Dilansir oleh ubykotex.com, ternyata tidak semua mitos yang berhubungan dengan menstruasi itu benar. Sebagian besar adalah cara untuk membuat Anda lebih menurut pada orang tua.

Ketahui mana yang mitos dan mana yang merupakan fakta sehubungan dengan menstruasi berikut ini.

Mitos: berenang saat sedang haid bisa menarik perhatian hiu

Hiu memang tertarik dengan aroma darah, tetapi hingga saat ini belum ada laporan yang menunjukkan bahwa ada kematian wanita yang dimakan hiu gara-gara berenang atau diving ketika sedang menstruasi. Bahkan, ketika menstruasi tubuh akan secara otomatis menghentikan keluarnya darah, dan biasanya darah kembali keluar ketika Anda keluar dari air.

Mitos: jangan keramas saat sedang menstruasi

Dan mitos yang satu ini sebenarnya tidak benar. Keramas tidak ada hubungannya dengan menstruasi, namun lebih kepada kebersihan tubuh dan rambut Anda. Ketika sedang haid, disarankan Anda mandi atau keramas dengan menggunakan air hangat yang ampuh meredakan kram perut.

Mitos: jangan olahraga saat sedang menstruasi

Olahraga bukanlah hal yang buruk saat Anda sedang haid. Bahkan beberapa orang mengalami mood yang lebih baik serta tubuh yang lebih nyaman ketika berolahraga di hari haid.

Pilih saja olahraga-olahraga ringan yang akan membuat Anda jadi lebih nyaman dan tidak terlalu memforsir energi.

Mitos: mandi air hangat bisa meningkatkan darah yang keluar saat haid

Tidak ada hubungan antara air hangat dengan jumlah darah yang keluar saat haid. Anda bisa mengatur suhu air mandi Anda dan membantu meringankan nyeri haid yang Anda rasakan dengan mandi air hangat.

Mitos: berhubungan seks saat sedang haid tidak akan hamil

TIDAK BENAR. Anda dan semua wanita di dunia harus tahu bahwa sekalipun sedang menstruasi, Anda tetap bisa hamil. Sekali sperma disuntikkan masuk ke dalam miss V, ia kemudian akan berlari menuju rahim dan bisa hidup selama 3-5 hari di sana. Apabila kemudian sel telur sudah siap dibuahi, maka sperma bisa saja langsung membuahi Anda dan mendadak Anda hamil.

Mitos: jangan pakai pembalut kalau usiamu belum cukup

Tidak ada batasan usia memakai pembalut untuk wanita, namun memang pembalut umumnya dipakai saat sedang menstruasi. Jadi, wanita manapun yang sudah mengalami menstruasi dan sedang mengalami menstruasi boleh memakai pembalut.

Mitos: siklus menstruasi yang benar adalah 28 hari

SALAH. Tidak ada siklus menstruasi yang bisa dibenarkan, karena ada yang mengalami siklus menstruasi panjang dan ada pula yang pendek. Namun, 28 hari adalah siklus rata-rata yang dialami wanita pada umumnya.

Sudah tahu mana yang mitos dan mana yang fakta kan? Bagikan informasi ini pada sahabat wanitamu yuk.

 (vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading