Sukses

Beauty

3 Cara Efektif Mengatasi Kram Otot Kaki Tiba-tiba

Saat olahraga kurang pemanasan atau saat dehidrasi, otot tubuh terutama kaki akan sangat mudah kram. Saat dehidrasi, tubuh jadi kurangnya elektrolit sehingga otot kurang elastis dan kurang optimal saat melakukan kontraksi. Begitu pula saat kurang olahraga, otot perlu menyesuaikan dulu sebelum bisa melakukan gerakan yang lebih berat dan tak biasa.

Terkadang kram otot bisa berlangsung sebentar, tapi tak jarang juga berlangsung lama atau terjadi berkali-kali. Nah, untuk mengatasinya, kamu bisa melakukan 3 hal ini.

    Mandi air hangat

    Tentu saja ini tak bisa jadi solusi cepat dan dilakukan secara tiba-tiba. Bayangkan ketika kamu sedang berlari mengelilingi kota, dan di tengah jalan kram, kamu tak akan bisa menunggu lama hingga sampai rumah dan mandi air hangat kan? Cara ini bisa kamu lakukan saat kamu berada di rumah. Air hangat yang mengguyur tubuh akan membuat otot rileks, tenang dan kendur.

    Minum air garam

    Kamu mungkin merasa aneh minum garam sebelum olahraga atau saat terjadinya kram. Tapi minum air garam memang membantu mencegah dan mengatasi kram karena kandungan elektrolit dalam garam. Seperti yang kamu tahu, elektrolit berfungsi menjaga kinerja optimal otot.

    Makan pisang

    Cara ini adalah yang paling simpel dan mudah dilakukan. Kamu hanya butuh bekal pisang dan air minum secukupnya saat kamu olahraga. Pisang punya kandungan kalium (potassium) yang juga dapat menjaga fungsi normal otot.

    Minum air putih yang cukup

    Saat dehidrasi, tubuh kurang cairan dan elektrolit sehingga otot bisa dengan mudah mengalami kram. Selalu pastikan kamu minum cukup air putih sebelum, selama dan sesudah olahraga untuk mencegah kram.

Kram memang menyakitkan, tapi lebih menyakitkan lagi ketika kamu tak tahu bagaimana mengatasinya karena kamu harus menunggu kram hilang degan sendirinya. Kram bisa mereda dengan sendirinya jika kamu tak banyak bergerak dan duduk dengan tenang. Tapi jika kamu ingin menghindari kram, maka cara di atas bisa dicoba.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading