Sukses

Beauty

Hidup Bebas Penyakit & Panjang Umur? Lakukan Ini 30 Menit Saja Per Hari

Hidup sehat itu sebenarnya sederhana, yang kamu butuhkan juga tak jauh-jauh dari sekedar menggerakkan tubuh. Hal ini pun sudah sering dibahas dalam berbagai penelitian kesehatan.

Seperti juga penelitian baru dalam Journal of the American Geriatrics Society yang mengungkapkan bahwa kamu tak harus berkeringat banyak hanya untuk mengambil manfaat sehat aktivitas fisik.

Dalam penelitian, wanita usia 65 dan lebih tua cukup melakukan 30 menit jalan kaki santai atau melakukan berbagai kegiatan membersihkan rumah tangga untuk bisa mengurangi risiko kematian dini. Olahraga intensitas sedang seperti bersepeda atau berjalan cepat jadi alternatif lebih baik untuk mengurangi lebih banyak risiko kematian.

Peneliti melibatkan 6 ribu wanita dengan usia 65-99 tahun untuk menggunakan activity tracker untuk melihat aktivitas mereka sehari-hari dan mengikuti selama 3 tahun. Berdasarkan data, peneliti menemukan bahwa mereka yang melakukan aktivitas fisik bergerak saja, 30 menit per hari bisa menurunkan risiko 12% lebih rendah untuk mati, dibanding mereka yang tidak.

Cukup bergerak 30 menit agar sehat/copyright Shutterstock.com

Lebih baik lagi, mereka yang melakukan aktivitas fisik olahraga sedang selama 30 menit, bisa menurunkan risiko kematian hingga 39%. Penulis penelitian, Andrea LaCroix, mengatakan bahwa meningkatkan aktivitas fisik mulai dari bergerak saja hingga latihan fisik sedang sudah bisa secara efektif mencegah penyakit dan memperpanjang usia hidup.

Dengan kata lain, tidak perlu harus senam aerobik atau lari maraton untuk bisa memiliki tubuh sehat dan panjang umur. Jadi, nggak perlu harus olahraga keras setiap hari untuk bisa sehat. Apalagi jika kamu termasuk orang yang malas olahraga. Cukup menggerakkan tubuh saja 30 menit, entah itu cuci piring, menyiram tanaman, memasak, beres-beres lemari dan lainnya, dan itu sudah cukup membuatmu sedikit lebih sehat.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading