Sukses

Beauty

Mencegah Sakit Pada Telinga Karena Perbedaan Tekanan Udara

Hai Ladies! Banyak para wanita yang mengeluh telinganya sakit setelah melakukan perjalanan via udara. Tak jarang pula yang mengeluh sakit pada telinga setelah mendaki gunung dan menyelam di kedalaman laut. Rasa sakitnya mungkin bisa hilang dengan sendirinya setelah beberapa hari.

Jika hal itu bisa ditanggulangi secepatnya, kenapa harus menunggu lebih lama? Dikutip dari wikihow.com, berikut ini cara mencegah rasa sakit pada telinga yang disebabkan oleh perbedaan tekanan udara.

1. Pahami apa yang menyebabkan rasa sakit pada telinga. Ketika tekanan udara di sekitar Anda berubah dengan ekstrim dalam tempo yang lumayan singkat, tekanan dalam telinga bagian dalam juga ikut berubah. Tetapi terkadang perbedaan tekanan tersebut tidak menghasilkan perubahan tekanan pada telinga. Perbedaan tersebut akan menimbulkan rasa sakit pada telinga hingga tekanan udara di dalam telinga bisa seimbang dengan tekanan di lingkungan sekitar.

2. Minum obat sebelumnya. Jika telinga Anda bermasalah dengan perubahan tekanan, maka Anda harus mempersiapkan diri sebelum Anda melakukan aktivitas di tempat yang perbedaan tekanan udaranya mencolok. Anda bisa berkumur dengan air garam yang hangat, kemudian minumlah decongestan setiap 6 jam selama 24 jam untuk mempercepat adaptasi telinga Anda. Ikuti aturan yang berlaku.

3. Jika tidak berhasil, Anda bisa menghubungi dokter untuk memeriksakan telinga Anda.

Ladies, itulah tadi beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah rasa sakit pada telinga yang diakibatkan oleh perbedaan tekanan udara.

Semoga bermanfaat bagi Anda yang suka bepergian!

Oleh: Septyo Adie

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading