Sukses

Beauty

Simak Cara Mendapatkan Kulit yang Halus, Menurut Dermatologis

Fimela.com, Jakarta Sepertinya mudah untuk mendapatkan kulit yang lebih halus tetapi banyak dari kita beranggapan bahwa itu adalah masalah kulit yang sangat rumit. Meskipun rumit, sebenarnya ada cara terbaik untuk menghaluskan kulit di setiap langkah rutinitas perawatan kulitmu.

Mulanya, kulit yang tidak halus atau bertekstur disebabkan oleh berbagai masalah yang mempengaruhi kondisi kulit. Misalnya, eksim yang menyebabkan bercak-bercak kering dan kulit gatal, psoriasis yang menyebabkan penumpukan plak tebal pada kulit, serta keratosis pilaris yang menyebabkan benjolan kecil. Jika kamu mengalami masalah-masalah kulit seperti ini, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter kulit agar diberikan penanganan lebih lanjut.

Melansir dari self.com, berikut beberapa kebiasaan baik dalam merawat kulit yang bisa menjadi cara untuk mendapatkan kulit yang jauh lebih halus khusus untuk kamu.

Lakukan rutinitas pembersihan yang konsisten

Langkah pertama adalah mencari tahu rutinitas perawatan kulit sederhana yang dapat kamu lakukan secara konsisten. “Secara umum, rutinitas perawatan kulit di rumah yang konsisten dan komprehensif adalah kunci untuk kulit yang lebih halus," ujar Sara Hogan, M.D., dermatologis di UCLA Medical Center, Santa Monica.

Semuanya harus mencakup pembersih untuk menghilangkan keringat, kotoran, akumulasi sel kulit mati, dan kosmetik. Secara khusus, Dr. Hogan merekomendasikan Glytone Mild Gel Cleanser untuk kulit wajah yang berminyak dan Glytone Exfoliating Body Wash untuk seluruh tubuh yang keduanya mengandung asam glikolat. Selain itu, Angela Lamb, M.D., direktur Westside Mount Sinai Dermatology Faculty Practice merekomendasikan Dove Gentle Exfoliating Body Wash.

Namun, pembersih yang tepat untukmu tergantung pada jenis kulit dan masalah kulit yang sedang dialami. Jika kamu memiliki kulit kering atau sensitif, krim pelembab atau pembersih yang mengandung minyak tentu lebih baik. Sedangkan, jika kamu memiliki kulit berminyak, pilihlah pembersih gel atau busa. 

Cara jadikan kulit lembut menurut dermatologi

Gunakan produk eksfoliator secara teratur

Setelah membersihkan, kamu dapat menggunakan produk yang khusus dimaksudkan untuk eksfoliasi kulit untuk menghilangkan kotoran, sel kulit mati, dan minyak. Ada beberapa cara berbeda untuk melakukannya. Pertama, eksfoliasi fisik, yakni hal-hal seperti scrub yang secara fisik menghilangkan kotoran tersebut. Kedua, eksfoliasi kimia, yakni bahan kimia yang bekerja dengan melarutkan ikatan antara sel-sel kulit sehingga mereka mudah dihilangkan.

Dokter kulit cenderung lebih menyukai eksfoliasi kimia karena menurut Dr. Hogan eksfoliasi ini umumnya lebih dapat ampuh daripada eksfoliasi mekanik seperti scrub. Eksfoliasi kimia mencakup asam alfa hidroksi (AHA), seperti bahan kimia asam glikolat dan laktat, serta asam beta hidroksi (BHA), yakni asam salisilat. Beberapa produk pengelupasan bahan kimia, seperti serum, toner, dan masker mengandung kombinasi AHA dan BHA. Dr. Lamb merekomendasikan M-61 PowerGlow Peel yang mengandung kombinasi asam glikolat dan asam salisilat yang dapat mengeksfoliasi secara efisien.

Coba gunakan retinoid untuk meningkatkan pergantian sel kulit

Sel-sel kulit tersusun berlapis-lapis, dengan yang termuda di bagian bawah dan yang tertua di bagian atas. Saat melakukan eksfoliasi, kamu mengeluarkan sel-sel kulit di bagian paling atas dan memperlihatkan kulit yang lebih muda, lebih halus, dan lebih berkilau di bawahnya.

Sebaliknya, retinoid memacu proses pergantian sel kulit dari bawah. Dr. Hogan mengatakan, carilah produk yang mengandung exfoliant kimia dan retinoid, seperti dalam SkinBetter Science AlphaRet Overnight Cream. "Krim ini mengandung kombinasi asam alfa hidroksi dan retinoid yang baik untuk pergantian sel kulit, serta bentuk vitamin C yang larut dalam lemak yang dapat melembabkan dan mencerahkan," jelas Dr. Hogan.

Pilih pelembab yang efektif untuk kulitmu

Ketika kulit kering, itu bisa terasa kasar atau bahkan bersisik, memakai pelembab tentu dapat menjadi solusi. Agar bekerja lebih efektif, gunakan pelembab dengan kombinasi yang tepat, seperti asam hialuronat atau gliserin serta bahan-bahan oklusif lainnya.

Dr. Hogan juga merekomendasikan untuk mencoba pelembab dengan ceramides. Ceramides dapat membantu menutup penghalang kulit yang membuatnya lebih sulit bagi air untuk keluar sehingga dapat menjaga kelembaban kulit lebih lama.

"Untuk kulit kasar yang membutuhkan kelembaban tinggi, saya merekomendasikan formulasi baru Eucerin Advanced Repair Cream karena mengandung keseimbangan asam laktat yang bagus untuk menghaluskan dan ceramide untuk melembabkan," ujarnya. Untuk kulit sensitif yang kering atau kasar, ia merekomendasikan La Roche-Posay Lipikar Balm AP+ yang juga mengandung ceramide yang menenangkan. 

Penulis: Rafinda

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading