Sukses

Beauty

5 Cara Menghilangkan Kutil Wajah Secara Alami dan Cepat

Fimela.com, Jakarta Salah satu permasalahan yang ada di kulit wajah selain jerawat ialah munculnya kutil. Kutil tersebut bisa dalam ukuran yang kecil maupun besar dan hal tersebut terkadang banyak membuat perempuan merasa tidak nyaman. Munculnya kutil di kulit disebabkan oleh humam papillomavirus (HPV). Kutil pada dasarnya pertumbuhan kulit yang umumnya muncul di wajah, leher, tangan dan bagian lainnya.

Kutil filiform merupakan salah satu kutil yang tumbuh di daerah wajah, seperti sekitar mata, hidung, mulut, dan di bawah dagu atau leher. Biasanya, jenis kutil ini memiliki ukuran yang kecil dan memiliki warna yang serupa dengan kulit. Umumnya, kutil di wajah bukan sesuatu yang bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Namun, kutil di wajah bisa mengganggu penampilan dan mengurangi rasa percaya diri kamu. Oleh karena itu, tak sedikit orang yang ingin menghilangkan kutil di wajah.

Ada beragam cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan kutil di wajah, mulai dari cara yang alami sampai tindakan medis melalui obat-obatan. Namun, untuk keamanan, tidak ada salahnya jika kamu mencoba cara-cara yang bersifat alami sehingga terhindar dari risiko efek samping.

Nah, untuk kamu yang penasaran, Fimela.com kali ini akan mengulas 5 cara menghilangkan kutil di wajah secara alami dan cepat. Dilansir dari Liputan6.com, simak ulasan selengkapnya berikut ini.

 

Menggunakan Lidah Buaya

Pertama, cara menghilangkan kutil di wajah secara alami dan cepat ialah dengan menggunakan lidah buaya. Lidah buaya sudah tidak diherankan lagi manfaatnya untuk menjaga kesehatan. Untuk kondisi kutil di wajah sendiri, lidah buaya bisa memberikan manfaat untuk menghilangkannya ketika langsung diterapkan ke daerah yang terkena.

Kamu bisa menggunakan berbagai krim topikal yang mengandung lidah buaya apabila tak menemukan lidah buaya segar. Kamu bisa mengaplikasinnya setiap dua kali sehari dengan cara melapisi kutil dengan gel lidah buaya.

Menggunakan Cuka Sari Apel

Kedua, cara menghilangkan kutil di wajah juga bisa dengan menggunakan cuka sari apel. Hal ini dikarenakan, adanya kandungan asam asetat yang terdapat pada cuka sari apel. Asam ini bersifat antivirus yang mampu membasmi virus penyebab kutil.

Selain itu, asam asetat juga bisa membantu menghilangkan jaringan kulit berlebih di wajah. Cara menggunakan cuka sari apel untuk mengilangkan kutil di wajah adalah dengan mencampurkan dua sendok makan cuka apel ke dalam setengah gelas air. Lalu, celupkan kapas dan tempelkan pada kulit. Tutup dengan perban dan diamkan semalaman.

Menggunakan Bawang Putih

Ketiga, cara menghillangkan kutil di wajah ialah dengan menggunakan bawang putih. Zat allicin pada bawang putih juga bersifat antivirus yang mampu melawan virus HPV penyebab kutil di wajah. Disini bawang putih digunakan sebagai masker untuk mendapatkan khasiatnya untuk menghilangkan kutil di wajah. Caranya adalah dengan menghancurkan bawang putih dan tempelkan pada kutil.

Hal yang perlu diperhatikan ialah bawang putih bisa menyebakan kulit mengalami iritasi. Untuk itu, setelah menggunakannya selam 15 menit, basuh wajah segera menggunakan air apabila merasakan perih, gatal, dan kesemutan.

Menggunakan Nanas

Keempat, cara mudah menghilangkan kutil di wajah secara alami dan cepat bisa dengan menggunaka buah nanas. Kandungan sari pada buah nanas mengandung zat asam dan enzim pelarut dapat membantu menghancurkan jaringan kutil di wajah. Enzim proteolitik di dalamnya yang bisa mencerna dan melarutkan kutil di wajah.

Kamu bisa mengecilkan atau bahkan menghilangkan kutil di wajah dengan secara rutin mengoleskan sari nanas pada kutil di wajah. Namun, menggunakan sari nanas ini belum ada pembuktian dari klinis yang mendukung keefektivitasnya sebagai obat alami untuk menghilangkan kutil.

Menggunakan Sari Lemon

Terakhir, cara menghilangkan kutil di wajah yang kelima ialah dengan menggunakan sari lemon. Adanya asam sitrat dalam lemon mengandung vitamin C yang diduga mampu membunuh virus penyebab kutil. Sari lemon ini juga dapat membantu melembutkan kutil sehingga lebih mudah untuk dilepaskan.

Cara menggunakannya cukup mudah, kamu hanya perlu mengoleskan air perasan lemon pada kutil minimal tiga kali sehari sampai kutil benar-benar hilang. Lakukan perawatan ini secara rutin untuk hasil yang maksimal.

Cara Menghilangkan Kutil dengan Alat

1. Laser Pulsed-Dye

Laser Pulsed-Dye adalah teknologi canggih yang menggunakan sinar laser untuk menghilangkan kutil. Laser ini memiliki cahaya panas yang bisa membunuh virus pada kutil. Sehingga kutil akan mengempes dan hilang dari kulit. Sebelum melakukan laser, sebaiknya konsultasi pada dokter terlebih dahulu.

2. Kauterisasi (electrosurgery)

Kauterisasi adalah salah satu teknik yang dilakukan dokter kulit untuk menghilangkan kutil. Kauterisasi dilakukan dengan alat yang dialiri dengan listrik, bahan kimia atau perak nitrat, yang bisa berdampak besar bagi jaringan tubuh lainnya, karena cara kerjanya tidak hanya fokus pada satu titik saja. Sebelum melakukan kauterisasi, dokter akan mengoleskan krim anastesi di area kulit yang terdapat kutil.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading