Sukses

Beauty

Trik Diet Sehat Perempuan 25 Tahun Turunkan Berat Badan Hingga 63 Kg

Fimela.com, Jakarta Sarah Van Den Berg, perempuan asal California berhasil turunkan berat badan hingga 63 kg. Ia melakukan diet, olahraga dengan berjalan kaki dan ke tempat gym empat kali perminggu.

Berikut ini kisah penurunan berat badan perempuan 25 tahun ini, melansir womenhealthmagz. Berat badannya meningkat ketika ia hidup di lingkungan di mana maknan selalu menjadi pusat perhatian. Berasal dari Eropa, ibunya selalu membuat makanan lezat, yang memicu kecintaan terhadap makan. 

Sayangnya selalu makan berlebih yang membuat berat badannya bertambah. Apalagi setelah masuk perguruan tinggi, ia tidak lagi memprioritaskan kesehatannya lagi.

“Saya sering pergi keluar dengan teman-teman, dan kesehatan saya secara keseluruhan sangat buruk. Begitupun dengan berat badan yang tidak terkendali,” ujarnya.

Pada Februari 2019, dengan berat 148 kg, ia memutuskan untuk menurunkan berat badannya dengan diet dan olahraga.

“Alasan sebenarnya, lelah karena tidak bisa melakukan aktivitas dan hobi yang saya nikmati. Saya ingin bisa pergi mendaki dengan teman-teman, ingin bisa naik wahana taman hiburan, ingin dapat bepergian dengan keluarga tanpa khawatir harus duduk di kursi pesawat atau membutuhkan sabuk pengaman.  Saya memutuskan bahwa ini bukanlah kehidupan yang ingin diterima untuk diri saya sendiri, dan harus membuat perubahan,” ungkapnya. 

 

Mulai proses penurunan berat badan 

Sarah pun memulai proses penurunan berat badan dengan berjalan-jalan bersama anjingnya, pergi ke tempat gym untuk kardio empat kali seminggu. Memulai adalah bagian tersulit, tetapi langkah-langkah kecil dapat membawa hasil yang besar.  

“Pada awalnya, saya merasa seolah-olah perlu melakukan perubahan drastis dalam diet atau berolahraga di gym selama dua jam setiap hari karena berapa banyak berat badan yang saya yakini perlu diturunkan, tetapi sebaiknya tahu dulu kondisi tubuh,” ungkapnya.

Ketika berbicara tentang makanan, ia mulai membatasi kalori dan minum lebih banyak minuman sepanjang hari. Belajar tentang membuat defisit kalori untuk menurunkan berat badan dari seorang teman.  

Setelah mencari cara untuk melacak kalorinya, ia menyadari bahwa itu adalah sesuatu yang dapat dikelola. Sarag mulai dengan mencari TDEE (total pengeluaran energi harian) dan menghitung defisit kalori.  Kalian dapat menemukan kalkulator TDEE melalui penelusuran umum di web, dan kalkulator tersebut akan menanyakan tinggi badan, berat badan, usia, jenis kelamin, dan tingkat aktivitas.  

Berdasarkan informasi ini, ini akan menunjukkan kepadamu perkiraan total pengeluaran energi harian, yaitu jumlah kalori yang dibakar setiap hari. Untuk mengetahui defisit kalori, dapat menguranginya dari 100 hingga 500 dari angka ini, tergantung pada apa yang terasa realistis dan dapat dilakukan untukmu sejauh mengurangi kalori. 

Senin sampai Jumat saya diet ketat dan menikmati apa yang saya suka di akhir pekan. Saya tidak mengurangi makanan yang disukai. Saya juga menganjurkan untuk hanya makan saat lapar. Akan makan ketika tubuh menyuruh saya.  Melacak kalori pada awalnya mengganggu, tetapi dengan cepat menjadi bagian dari rutinitas.  Setelah melacak selama beberapa hari mulai mencari tahu jadwal makan saya,” tuturnya.

Sarah juga mulai menambahkan lebih banyak cairan ke dalam makanan di antara waktu makan, termasuk teh, kopi, air, dll. Ini bermanfaat, seperti memiliki lebih banyak energi dan merasa lebih baik.

Inilah yang biasanya dimakan dalam sehari sekarang;

Sarapan: Roti panggang dengan sejenis sayuran dan satu atau dua telur.   

Makan siang: Salad, burger vegetarian, dan sandwich.

Makan malam: Tumis sayuran, kari ayam dengan nasi, semua jenis makanan padat sayuran dengan beberapa jenis protein.

Makanan ringan: Popcorn, keju , buah-buahan dan sayuran, kue beras, dan banyak lagi.

#changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading