Sukses

Beauty

5 Cara Memilih Moisturizer yang Tepat untuk Kulit Berjerawat

Fimela.com, Jakarta Pemilik kulit yang berjerawat harus berhati-hati dalam memilih moisturizer. Pemilihan moisturizer atau pelembap yang salah, dapat menyebabkan kulit menjadi terlalu berminyak dan mengkilap. Sehingga memicu munculnya masalah pada kulit.

Salah satu penyebab kulit menjadi berjerawat yaitu karena kulit memproduksi terlalu banyak minyak. Minyak yang berlebihan akan menyumbat pori-pori dan memunculkan komedo yang menjadi cikal bakal jerawat. Jika kondisi ini tidak teratasi, maka akan terjadi peradangan jerawat.

Jika salah memilih kandungan bahan aktif yang ada pada moisturizer, juga bisa menyebabkan kulit menjadi iritasi dan kulit meradang. Moisturizer dapat digunakan secara rutin setelah menggunakan toner, untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Agar tidak salah memilih moisturizer, berikut cara memilih moisturizer yang tepat untuk kulit berjerawat:

Penyebab Kulit Berjerawat

Jerawat bisa muncul di kulit, karena lapisan pelindung kulit atau skin barrier rusak. Skin barrier ini memiliki fungsi untuk melindungi kulit, agar tidak terpapar radikal bebas, mencegah tanda-tanda penuaan dini dan mempercepat penyembuhan jerawat. Untuk itu, skin barrier harus dijaga dengan menggunakan perawatan kulit yang tepat.

Kulit yang berjerawat biasanya muncul pada kulit berminyak. Namun, jerawat juga bisa muncul di kondisi kulit yang kering. Munculnya jerawat ini, disebabkan karena pori-pori di wajah tersumbat sebum atau kotoran.

Pola hidup yang salah juga bisa menyebabkan munculnya jerawat. Apalagi jika Sahabat Fimela terlalu sering mengonsumsi makanan manis, jarang membersihkan riasan dan salah memilih kandungan skincare. Sebaiknya hindari penyebab yang bisa memicu munculnya jerawat di kulit.

Cara Memilih Moisturizer yang Tepat untuk Kulit Berjerawat

1. Memiliki Tekstur Gel atau Lotion

Untuk menyembuhkan jerawat, kamu harus memilih moisturizer atau pelembap yang formulanya dibuat khusus untuk jerawat. Karena kulit berminyak bisa memicu munculnya jerawat, pilihlah moisturizer yang memiliki tekstur gel atau lotion. Formulanya terbuat dari air atau water based dan oil free yang mudah meresap dalam kulit.

2. Berlabel Non Comedogenic

Cara kedua memilih moisturizer adalah membeli produk yang berlabel non comedogenic. Pelembap yang memiliki label non comedogenic, terbuat dari bahan-bahan yang aman untuk jerawat. Moisturizer ini tidak menyebabkan penyumbatan pada pori-pori.

3. Mengandung Antioksidan

Moisturizer yang baik digunakan untuk kulit berjerawat, yaitu yang memiliki kandungan antioksidan. Sahabat Fimela dapat memilih pelembap dengan kandungan seperti green tea, vitamin E, vitamin C, tea tree dan lain sebagainya. Kandungan ini bisa menangkal radikal bebas yang menyebabkan jerawat.

4. Mengandung Bahan Aktif

Cara memilih moisturizer yang selanjutnya, yaitu dengan memperhatikan kandungan bahan aktif yang baik untuk jerawat. Contoh kandungan tersebut seperti centella asiatica, calendula, hyaluronic acid dan semacamnya. Kandungan ini bisa membantu memperkuat skin barrier.

5. Berfungsi untuk Mengontrol Minyak

Terakhir, pilih moisturizer yang berfungsi untuk mengontrol produksi minyak di wajah. Kandungan moisturizer yang bisa mengontrol produksi minyak adalah niacinamide, salicylic acid dan glycolic acid. Hindari penggunaan moisturizer yang mengandung alkohol dan parfum.

Rekomendasi Moisturizer untuk Jerawat

1. Emina Ms. Pimple Moisturizing Gel

Rekomendasi moisturizer yang pertama adalah Emina Ms. Pimple Moisturizing Gel. Produk ini memiliki kandungan rosebay willowherb extract dan witch hazel extract, yang berfungsi untuk mengontrol minyak, meredakan peradangan, mengeringkan jerawat dan melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Produk ini dijual dengan harga sekitar Rp 20.000,00.

2. Acnes Natural Care Oil Control & Whitening Cream

Pelembap Acnes Natural Care Oil Control & Whitening Cream memiliki kandungan arbutin, mineral oil dan non comedogenic. Manfaat dari pelembap ini bisa menghilangkan jerawat dan mencerahkan bekas jerawat. Produk ini dijual dengan harga Rp 30.000,00.

3. Wardah Acne Perfecting Moisturizer Gel

Produk yang selanjutnya adalah Wardah Acne Perfecting Moisturizer Gel.. Kandungan yang ada di dalamnya adalah triclosan, Aloe Vera, Pro Vitamin B5 dan Zinc Gluconate yang baik untuk mengatasi jerawat. Produk ini dijual dengan harga sekitar Rp 28.000,00.

4. Elsheskin Moisturizer for Acne Skin

Elsheskin Moisturizer for Acne Skin adalah produk pelembap yang baik untuk kulit jerawat. Karena memiliki kandungan bahan aktif sulfur, Stearic Acid, Salicylic Acid, Chondrus Crispus dan Tocopheryl Acetate, yang bisa digunakan tiap 3 jam sekali. Produk ini dijual dengan harga sekitar Rp 80.000,00.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading