Sukses

Beauty

Urutan Eksfoliasi Wajah untuk Pemula Tanpa Mengiritasi Kulit

Fimela.com, Jakarta Eksfoliasi wajah adalah cara yang bisa dilakukan untuk membersihkan wajah serta pori-pori. Hal ini dilakukan agar terhindar dari munculnya komedo dan jerawat yang ada di kulit. Mengeksfoliasi wajah juga bisa membantu mencerahkan kulit wajah.

Teknik eksfoliasi wajah ini hanya boleh dilakukan maksimal seminggu 2 kali saja. Karena eksfoliasi wajah adalah cara untuk mengelupas atau mengangkat sel kulit mati. Jika terlalu sering dilakukan, bisa menyebabkan iritasi wajah jika dilakukan terlalu sering.

Melakukan eksfoliasi wajah juga bisa membantu menyamarkan garis kerutan, meningkatkan elastisitas kulit dan mempercepat tumbuhnya sel kulit yang baru. Agar hasil maksimal, eksfolisi wajah harus dilakukan dengan urutan yang tepat. Berikut urutan eksfoliasi wajah untuk pemula:

Urutan Eksfoliasi Wajah dengan Toner

Eksfoliasi wajah bisa dilakukan dengan menggunakan toner, yang memilik kandungan Alpha Hydrody Acid (AHA) dan Beta Hydroxy Acid (BHA). Kandungan ini aman digunakan maksimal 2 kali dalam seminggu pada malam hari, agar tidak mengiritasi dan membuat kulit wajah menjadi kemerahan.

Urutan menggunakan toner untuk mengeksfoliasi wajah adalah merendam kapas ke dalam toner selama beberapa menit. Setelah itu, gunakan kapas untuk mengompres wajah selama 5 hingga 10 menit. Kemudian usapkan kapas secara lembut, untuk membersihkan pori-pori yang tersumbat.

Contoh produk toner yang bisa digunakan untuk mengeksfoliasi wajah yaitu COSRX AHA/BHA Clarifying Toner, Some By Mi AHA BHA PHA, Avoskin Miraculous Refining Toner dan Benton Aloe BHA Skin Toner.

Urutan Eksfoliasi Wajah dengan Serum

Selain menggunakan toner, eksfoliasi wajah juga bisa menggunakan serum, yang memiliki kandungan AHA, BHA dan PHA. Kandungan yang terdapat di dalam serum ini, bisa membantu mengontrol produksi minyak di kulit dan membunuh kuman serta bakteri yang ada di dalam pori-pori.

Urutan penggunaan serum eksfoliasi yang pertama, memilih produk serum yang memiliki konsentrasi bahan aktif yang ringan sekitar 3% sampai 5%, kemudian oleskan keseluruh wajah di malam hari dan lanjutkan dengan penggunaan pelembap. Saat melakukan eksfoliasi wajah dengan serum, jangan gunakan toner eksfoliasi agar kulit tidak over eksfoliasi.

Penggunaan serum eksfoliasi ini bisa dilakukan seminggu 2 kali saja. Contoh produk yang bisa digunakan adalah Somethinc AHA BHA PHA Peeling Solution, Avoskin Miraculous Refining Serum dan Some by Mi AHA BHA PHA 30 Days Miracle Serum.

Eksfoliasi Wajah dengan Bahan Alami

Eksfoliasi wajah juga bisa dilakukan dengan cara yang alami. Kamu bisa menggunakan masker wajah yang terbuat dari bahan organik seperti lemon, madu, kopi dan yogurt, yang memiliki banyak manfaat untuk kulit wajah.

Urutan menggunakan masker untuk eksfoliasi wajah adalah dengan membersihkan wajah terlebih dahulu, kemudian mengaplikasikan masker ke seluruh wajah, diamkan selama 10 hingga 15 menit, gosok masker secara perlahan dan bilas dengan air hangat.

Setelah menggunakan masker, jangan lupa menggunakan pelembap untuk membuat kulit wajah tetap lembap, tidak iritasi dan membuat kulit lebih halus.

Rekomendasi Skincare untuk Eksfoliasi Wajah

1. Somethinc AHA BHA PHA Peeling Solution

Skincare dari Somethinc AHA BHA PHA Peeling Solution adalah produk yang bisa digunakan untuk mengeksfoliasi wajah. Kandungan AHA, BHA dan PHA dalam produk ini, memiliki manfaat sekaligus yang bisa mengangkat jerawat dan komedo. Produk ini cocok digunakan untuk kulit berminyak cenderung berjerawat.

2. N'Pure Cica Clear Pad

Kalau Sahabat Fimela ingin menggunakan produk eksfoliasi yang praktis, kamu bisa memilih produk dari N'Pure Cica Clear Pad. Produk ini berbentuk pad sekali pakai dan praktis. Ada kandungan Centella asiatica dalam produk ini, yang bisa digunakan untuk semua jenis kulit.

3. Some By Mi AHA BHA PHA 30 Days Miracle Toner

Some By Mi AHA BHA PHA 30 Days Miracle Toner adalah produk eksfoliasi dari Korea, yang dipercaya bisa membantu mengatasi kulit berjerawat, mengecilkan pori-pori dan mengurangi iritasi kulit. Produk ini berbentuk toner dan mengandung AHA, BHA, PHA, tea tree, dan niacinamide. Toner ini cocok digunakan untuk kulit kering maupun berminyak.

4. COSRX AHA/BHA Clarifying Treatment Toner

Produk skincare untuk eksfoliasi yang selanjutnya adalah COSRX AHA/BHA Clarifying Treatment Toner. Produk ini sangat cocok untuk mengangkat sel kulit mati, melembapkan kulit dan mengecilkan pori-pori. Bahkan toner ini bisa digunakan untuk kulit kombinasi.

5. Avoskin Miraculous Refining Serum

Ada produk skincare yang berbentuk serum dan berfungsi sebagai eksfoliator, yaitu Avoskin Miraculous Refining Serum. Dalam produk ini mengandung glycolic acid, niacinamide, dan salicylic acid. Selain sebagai eksfoliator, serum ini bisa mengontrol produksi minyak di wajah.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading