Sukses

Beauty

9 Tips dari Profesional Makeup Artist Cara Merias Wajah Sendiri di Hari Pernikahan

Fimela.com, Jakarta Pandemi Covid-19 memang mengubah segalanya, termasuk pernikahan. Kini, sebisa mungkin resepsi pernikahan tidak dilakukan atau hanya mengundang beberapa orang terdekat saja. Tak ada lagi pesta meriah selama pernikahan.

Biasanya pernikahan dilakukan secara virtual, agar teman-teman tetap terhubung dengan kita. Nah, sahabat Fimela juga dapat melakukan riasan wajah sendiri. Kalian dapat meluangkan waktu untuk berlatih menyempurnakan tampilan, seperti menggunakan eyeliner, menemukan foundation atau alas bedak yang cocok.

Melansir Hellomagazine, berikut beberapa saran seputar makeup pernikahan yang dapat diaplikasikan sendiri dari profesional makeup artist brand kencantikan ternama seperti Benefit, MAC dan Nars. Mari kita simak.

1. Banyak berlatih

Lakukan sebanyak-banyaknya uji coba menjelang hari pernikahan. Semua makeup artist pasti setuju bahwa latihan adalah kunci untuk melakukannya dengan benar. Menonton tutorial video, dan meluangkan waktu untuk membiasakan diri dengan tampilan yang ingin secara berulang untuk hari besar.

2. Belilah perlengkapan riasan

Kunci untuk mendapatkan riasan pernikahan yang sempurna dan tahan lama adalah pada persiapan, seperti memastikan kamu sudah memiliki produk yang tepat salah satunya.

kamu juga harus dapat berinvestasi dalam beberapa produk utama yang juga dapat digunakan sebagai perlengkapan makeup sehari-hari.

Perlengkapan utama yang harus dibeli adalah primer, alas bedak seperti foundation yang telah disesuaikan dengan warna kulit, bedak sesuai warna kulit, lipstick, blush on, dan bronzer. Jangan lupa pastikan maskara dan eyeliner yang kamu siapkan tahan air, agar dapat menangkal setiap tetesan air mata pada hari itu.

3. Ciptakan lingkungan yang tepat

Saat pernikahan mungkin akan sangat sibuk, tetapi lingkungan yang kacau tidak akan membantu saat mencoba untuk fokus mendapatkan riasan yang sempurna atau eyeliner bersayap indah.

Menciptakan lingkungan yang tepat adalah kuncinya, memainkan musik favorit yang menenangkan, memiliki pencahayaan alami, meletakkan produk sesuai urutan penggunaan dan yang terpenting, menyiapkan waktu cukup sekitar beberapa jam untuk bersiap-siap tanpa gangguan.

4. Persiapkan kulitmu

Kalian pasti ingin riasan bertahan sepanjang hari, jadi mempersiapkan kulit sebelumnya adalah kuncinya. Persiapkan jauh-jauh hari seperti rajin menggunakan skincare, masker, melembapkan bawah mata, hingga pergi ke klinik kecantikan.

Sementara itu, Senior Makeup Artist MAC Global, Claire Mulleady, merekomendasikan penggunaan primer yang secara khusus ditujukan untuk area wajah yang berbeda.

"MAC Prep + Prime range akan menjadi teman terbaik untuk memastikan semua riasan tetap pada tempatnya. Pilih primer untuk kulit, bibir, bulu mata dan saya selalu menggunakan 24 Hour Extend Eye Base untuk memastikan eyeshadow tidak berkerut," dia kata.

5. Mengaplikasikan alas bedak atau foundation

Tidak hanya penting untuk memiliki alas bedak yang telah disesuaikan dengan warna kulit, tetapi juga mengaplikasikannya dengan benar untuk mendapatkan alas yang sempurna.

"Saya selalu merekomendasikan mengaplikasikan alas bedak di beberapa bagian karena ini memungkinkanmu memastikan pencampuran sempurna sebelum pindah ke area lain. Oleskan sedikit (lebih sedikit lebih untuk hasil akhir yang alami) di antara alis dan gunakan ujung jari jemari, pijat ke kulit dengan gerakan memutar untuk menggerakkan alas bedak ke atas dan ke luar menuju garis rambut," ujar Jane Richardson, NARS Global Art Director.

Ia menambahkan, dengan mengoleskan sedikit di antara alis (dan bukan di tengah dahi) akan menghindari alas bedak yang terlihat menempel di garis rambut. Gunakan jari dalam menerapkan alas bedak ke dalam kulit sebelum melanjutkan. Bagian berikutnya, hidung, bawah mata, pipi, dagu, gunakan kehangatan jari-jari akan memungkinkan alas bedak menempel lebih jauh ke dalam kulit dan di bawah rambut halus bayi terlihat alami.

6. Jangan memakai riasan terlalu sedikit

Tentu saja pada hari pernikahan setiap pengantin ingin memili tampilan yang terbaik, jadi kamu perlu meningkatkan rutinitas riasan dibandingkan biasanya. Senior Art PRO Bobbi Brown, Amy Conway, mengatakan sentuhan lebih merona di area pipi dapat membuat tampilan tak terlihat membosankan daripada biasanya. Tak hanya itu, penekanan di area pipi juga akan membuat busana pengantin yang didominasi warna putih jadi tidak terlihat pucat di foto.

Namun jangan menyimpang terlalu jauh dari rutinitas riasanmu yang biasa. Lauren Hogsden dari Benefit mengatakan saat merias wajah pernikahan sendiri, penting untuk tidak mengalihkan terlalu banyak dari rutinitas tata rias biasa sehingga bisa menjadi versi sempurna dari diri sendiri.

7. Mascara berlapis

Pernikahan bisa menjadi emosional, jadi memakai maskara tahan air adalah hal yang penting. Namun, melapiskannya di atas produk lain dapat membantu membuat bulu mata lebih bervolume. Amy Conway dari Bobbi Brown mengatakan selalu lapisi area mata dengan maskara tahan air. Ini menjadi suatu keharusan pada hari pernikahan, pertama-tama gunakan maskara yang tidak tahan air sebagai alas karena ini memberikan lebih bervolume, panjang dan ikal.

"Melapisi maskara tahan air di atasnya untuk bertindak sebagai 'jas hujan', favorit saya adalah Smokey Eye Mascara & No Smudge Mascara," paparnya.

8. Bedak

Jane Richardson, Direktur Seni Global untuk NARS, mengatakan gunakan bedak di area yang berpotensi menghasilkan minyak, dan di mana perona pipi akan diaplikasikan untuk campuran yang lebih baik dengan menggunakan bedak tabur.

"Saya menggunakan gerakan rock and roll untuk mendorongnya ke dalam kulit untuk memastikannya mengikat dengan produk lain agar terlihat sealami mungkin," ujarnya.

Semakin banyak mendorong bedak menggunakan teknik tersebut, bedak akan terlihat lebih baik pada kulit, dan akan semakin lama bertahan di antara sentuhan. Setelah selesai, gunakan kuas bedak untuk menghilangkan kelebihan dan menggosok kulit. Ingatlah bahwa dibutuhkan setidaknya 45 menit agar produk sempurna di kulit.

9. Lipstik

Penata rias pernikahan Amal Clooney dan Poppy Delevingne Charlotte Tilbury berkata, pada hari pernikahan harus memiliki bibir terindah dalam hidup. Dari ciuman ajaib pertama sebagai suami dan istri, hingga mengobrol sepanjang hari dengan orang yang dicintai , lipstik yang tahan lama dan mewah adalah yang harus dimiliki pengantin. Dapat menggunakan lipstik warna nude pink atau merah sekaligus.

 

#elevate beauty

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading