Sukses

Health

9 Manfaat Lemon untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Fimela.com, Jakarta Lemon adalah buah yang terkenal dengan rasa asamnya. Namun buah lemon memiliki segudang manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Buah lemon ini juga sangat baik dikonsumsi untuk menjaga berat badan agar tetap ideal.

Lemon memiliki kandungan yang kaya akan vitamin B5, vitamin B3, vitamin B1, vitamin C dan antioksidan. Bahkan di dalam lemon juga mengandung kalsium, asam folat, zat besi, magnesium, fosfor, kalium dan masih banyak lagi. Sehingga buah lemon cocok dikonsumsi segala usia.

Selain bisa dikonsumsi, buah lemon juga bisa digunakan sebagai bahan alami untuk membuat masker. Masker alami dari lemon dapat digunakan untuk membantu menjaga kesehatan kulit. Berikut manfaat lemon untuk kesehatan yang jarang diketahui:

Manfaat Buah Lemon untuk Kesehatan

1. Menstabilkan Berat Badan

Beberapa ahli dalam dunia kesehatan, meyakini bahwa buah lemon memiliki manfaat untuk membantu melancarkan program diet. Bahkan dapat menjaga agar berat badan selalu stabil. Karena kandungan di dalam buah lemon mampu menghancurkan lemak dan kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh.

2. Mencegah Penyakit Jantung

Penyakit jantung adalah salah satu penyakit yang bisa merenggut nyawa seseorang. Kandungan vitamin C dan antioksidan di dalam buah lemon, bisa membantu melancarkan aliran darah. Sehingga mampu mencegah penumpukkan plak penyebab sakit jantung.

3. Menyembuhkan Sakit Tenggorokan

Sakit tenggorokan disebabkan karena infeksi virus, yang menyebabkan pembengkakak di area tenggorokan. Mengonsumsi air jeruk nipis hangat secara rutin, bisa membantu membunuh virus yang ada di tenggorokan.

4. Membantu Fungsi Hati

Hati memiliki fungsi untuk membantu mendetoksifikasi tubuh. Kandungan zat pektin yang ada di dalam buah lemon, bisa membantu mengelmusi minyak. Sedangkan kandungan kolin membantu melancarkan proses detoksifikasi hati.

5. Menghilangkan Stres

Dengan mencium aroma buah lemon, bisa membantu menghilangkan stres dan meningkatkan mood. Sehingga buah lemon sering dijadikan sebagai minyak esensial sebagai pengharum ruangan. Bahkan minyak ini dapat dioleskan ke kulit.

Manfaat Lemon yang Lainnya

6. Menghilangkan Jerawat

Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang sangat mengganggu penampilan. Kamu bisa menggunakan air perasan jeruk nipis, sebagai bahan alami untuk membuat masker wajah. Gunanya untuk mengeringkan jerawat, meredakan peradangan jerawat dan membantu menghilangkan bekas jerawat.

7. Mencerahkan Wajah

Kulit yang terlalu sering terpapar sinar matahari, biasanya akan mengalami hiperpigmentasi dan menjadi kusam. Kandungan vitamin C yang ada di dalam jeruk nipis, bisa membantu mencerahkan kulit wajah yang kusam akibat paparan sinar matahari.

8. Mencegah Penuaan Dini

Tanda-tanda penuaan dini biasanya muncul pada orang yang memasuki usia 20an keatas. Kulit yang mengalami penuaan dini ditandai dengan keriput, munculnya flek hitam dan kantong mata. Antioksidan dan vitamin C bisa membantu melawan radikal bebas, yang menyebabkan penuaan dini pada kulit.

9. Menjaga Kesehatan Mulut

Menggunakan air perasan lemon untuk berkumur, bisa membantu menghilangkan kuman yang ada di dalam mulut, agar tidak mudah sariawan, mencegah gusi berdarah dan menyegarkan bau mulut.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading