Sukses

Beauty

5 Vitamin untuk Mengatasi Rambut Rontok

Fimela.com, Jakarta Rambut rontok bisa disebabkan oleh banyak hal. Salah satunya karena asupan gizi yang kurang tercukupi mulai dari mineral, protein, hingga vitamin lainnya yang kurang terpenuhi. Untuk mengatasi rambut rontok, kamu bisa mengatasinya dengan perawatan dari luar, mulai dari memilih sampo hingga memaksimalkan produk perawatan rambut lainnya. 

Tak hanya itu saja, kamu juga harus memaksimalkannya dari dalam. Untuk mengatasi rambut rontok, maka konsumsi vitamin sangatlah diperlukan. Lalu vitamin apa saja yang dibutuhkan untuk mengatasi rambut rontok? Simak selengkapnya berikut ini. 

1. Vitamin A

Vitamin A sangat penting untuk memperkuat rambut. Jika tubuh kekurangan vitamin A, maka dapat menyebabkan beberapa masalah, termasuk rambut rontok. Pada dasarnya, semua sel dalam tubuh membutuhkan vitamin A untuk dapat tumbuh. Tak terkecuali rambut, jaringan yang tumbuh paling cepat dalam tubuh manusia.

Vitamin A juga dapat membantu kelenjar kulit untuk memproduksi minyak alami yang disebut sebum. Sebum berfungsi untuk melembapkan kulit kepala dan menjaga kesehatan rambut.

2. Vitamin B

Ada keterkaitan erat antara kerontokan rambut dengan defisiensi biotin pada manusia. Vitamin B dapat membantu memproduksi sel darah merah, yang berfungsi membawa oksigen dan nutrisi ke kulit kepala dan folikel rambut. Proses ini penting untuk pertumbuhan rambut. 

3. Vitamin C

Vitamin C adalah antioksidan kuat yang dapat membantu melindungi rambut dari stres oksidatif yang disebabkan oleh paparan radikal bebas.

Paparan radikal bebas mampu menghambat pertumbuhan dan menyebabkan rambut jadi menua.

Tak hanya itu, tubuh membutuhkan vitamin C untuk memproduksi protein yang dikenal sebagai kolagen. Kolagen menjadi bagian penting dari struktur rambut.

Vitamin C juga bisa membantu tubuh  menyerap zat besi, yakni mineral yang diperlukan untuk pertumbuhan rambut.

4. Vitamin D

Kekurangan vitamin D sering kali dikaitkan dengan kondisi alopecia. Alopecia adalah kondisi kerontokan rambut atau kebotakan akibat penyakit autoimun. Sebuah hasil studi menunjukkan bahwa salah satu vitamin rambut rontok ini mampu membuat folikel rambut, yakni pori-pori kecil pada kulit kepala sebagai tempat rambut untuk tumbuh.

5. Vitamin E

Vitamin E bisa menjadi pilihan vitamin rambut rontok yang dipenuhi. Mirip dengan vitamin C, vitamin E adalah antioksidan yang mampu mencegah stres oksidatif. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang-orang yang dengan masalah kerontokan rambut mengalami peningkatan 34,5 persen dalam pertumbuhan rambut setelah mengonsumsi vitamin E selama 8 bulan.

 

 

 

 

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading