Sukses

Beauty

7 Cara Mencegah dan Menyembuhkan Jerawat yang Muncul karena Aktivitas Olahraga

Fimela.com, Jakarta Olahraga memang baik untuk tubuh, termasuk untuk kulit, karena adanya peningkatan aliran darah yang membawa nutrisi bergizi ke organ besar. Namun, jerawat yang berhubungan dengan olahraga juga merupakan masalah nyata bagi banyak orang.

Ini karena keringat dan kotoran yang meningkat menyumbat pori-pori, yang menyebabkan kulit bereaksi dalam bentuk jerawat. Jerawat disebabkan oleh keringat yang memblokir pori, kotoran, dan minyak yang mendorong pertumbuhan bakteri.

Bakteri tertentu yang disebut propionibacterium acnes berkembang biak di pori-pori yang tersumbat dan menyebabkan respon kekebalan yang menyebabkan jerawat. Tapi jangan biarkan jerawat mengganggumu untuk tetap berolahraga, dilansir dari huffpost.com, berikut ini adalah beberapa cara mencegah dan menyembuhkan jerawat yang muncul karena aktivitas olahraga.

1. Menghapus makeup dan mulailah dengan wajah yang bersih

Mencuci wajah sebelum olahraga dapat menghilangkan bakteri dan kotoran yang sudah ada di kulit. Karena olahraga membuka pori-pori, bakteri ini akan lebih mudah masuk ke dalam pori-pori.

Menghapus makeup juga penting karena makeup, bahkan krim dan tabir surya dapat menyumbat pori-pori dan terperangkap, meningkatkan pertumbuhan bakteri. Kombinasi makeup dan keringat akan menyumbat pori-pori dan berpotensi menyebabkan jerawat. Untuk mengurangi jumlah keringat dan bakteri yang masuk ke kulit, pertimbangkan untuk menggunakan ikat kepala yang bersih dan bisa membuat kulit bernapas.

 

 

2. Bersihkan wajah setelah berolahraga

Tentu saja, mencuci muka langsung setelah berolahraga itu penting. Idealnya, produk dengan asam salisilat untuk membersihkan pori-pori dari keringat dan minyak.

3. Selalu menggunakan handuk bersih

Handuk adalah teman baik saat berolahraga karena dapat menyerap keringat, tapi ini berarti handuk juga bisa menyerap bakteri, minyak, dan kotoran. Pastikan kamu menggunakan handuk bersih setiap olahraga.

4. Langsung mandi

Mandi setelah berolahraga dapat mencegah bakteri dan jamur penyebab jerawat yang menempel di kulit dan berkembang biak. Ini akan mencegah pori-pori tersumbat, yang pada akhirnya menyebabkan munculnya jerawat.

5. Membersihkan peralatan yang digunakan

Peralatan bersama atau bahkan peralatanmu sendiri yang digunakan tanpa dicuci bisa mengandung pertumbuhan bakteri yang menyebabkan timbulnya jerawat. Membersihkan peralatan sebelum digunakan, terutama jika digunakan bersama adalah cara terbaik untuk mencegah paparan bakteri ini.

6. Selalu mencuci pakaianmu

Selalu mencuci pakaian olahraga setelah setiap sesi olahraga. Pakaian yang berkeringat dapat menampung bakteri dan jamur yang menyebabkan munculnya jerawat.

7. Memilih pakaian yang tepat

Pilihlah jenis pakaian yang bisa membuat kulitmu tetap bernapas untuk membantu mencegah munculnya jerawat. Keringat yang terperangkap di bawah kain yang membuat kulit tidak dapat bernapas bisa menyebabkan munculnya jerawat.

Selain itu, pakaian yang ketat bisa membuat kulit lecet, bakteri, dan kotoran bisa masuk ke dalam kulit dan mengiritasi hingga bereaksi terhadap jerawat dan benjolan. Jenis bahan pakaian yang sebaiknya dihindari adalah kapas, karet, atau plastik.

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading