Sukses

Beauty

5 Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami

Fimela.com, Jakarta Memiliki rambut rontok pastinya akan sangat mengganggu penampilan. Karena rambut rontok bisa menyebabkan rambut menjadi lebih tipis, bahkan bisa menyebabkan kebotakan dini. Rambut rontok ini disebabkan karena aktor keturunan, sering menggunakan produk kimia, selalu menggunakan pengering rambut, pola hidup yang kurang sehat, stres dan bisa dipengaruhi karena perubahan hormon.

Rambut rontok tidak hanya terjadi pada orang dewasa saja. Karena anak remaja juga bisa mengalami rambut rontok, walaupun rambut rontok pada anak remaja hanya sementara saja. Namun, jika tidak melakukan perawatan rambut, maka kerontokan pada anak remaja juga bisa menyebabkan kebotakan dini.

Ada banyak produk perawatan rambut yang bisa digunakan untuk merawat rambut rontok. Salah satu caranya adalah menggunakan bahan-bahan alami, untuk merangsang penumbuhan rambut di kulit kepala. Berikut cara mengatasi rambut rontok secara alami:

 

Kebiasaan yang Harus Dihindari Agar Rambut Tidak Rontok

Ada beberapa kebiasaan yang harus dihindari, untuk mencegah rambut rontok. Karena rambut rontok ini tidak selalu disebabkan karena faktor usia, faktor keturunan atau perubahan hormon. Rambut rontok bisa disebabkan karena terlalu sering menggunakan bahan-bahan kimia untuk rambut, seperti cat rambut, krim pelurus rambut atau krim pengeriting rambut.

Untuk mengurangi rambut rontok, lebih baik jangan terlalu sering menggunakan bahan kimia untuk rambut. Bahan kimia juga akan menyebabkan rambut menjadi kering, kaku dan mudah patah. Ada baiknya untuk menggunakan perawatan rambut dengan bahan alami.

Selain itu, kebiasaan menyisir rambut saat kondisi rambut masih basah juga bisa menyebabkan rambut rontok. Sebaiknya menyisir rambut setelah setengah kering, serta hindari penggunaan alat pengering rambut terlalu sering, kecuali disaat yang penting. Gunakan catokan untuk menata rambut karena ingin pergi ke pesta saja.

Makanan Mencegah Rambut Rontok

Makanan juga bisa mempengaruhi rambut rontok. Sehingga konsumsilah makanan yang mengandung gizi lengkap. Hal ini dilakukan untuk menjaga kesehatan rambut agar lebih kuat dan tidak mudah rontok.

Untuk mencegah rambut rontok, kamu bisa mengonsumsi makanan yang kaya akan protein seperti telur, kacang-kacangan, ikan, susu rendah lemak dan lain sebagainya. Karena folikel rambut membutuhkan protein yang disebut keratin, untuk memperkuat rambut agar tidak mudah rontok. Mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan vitamin A, juga bisa membantu mempercepat penumbuhan rambut, sehingga mencegah kebotakan pada rambut yang sering rontok.

Jangan lupa untuk mengimbangi konsumsi makanan dengan minuman yang menyehatkan, seperti air putih, untuk memenuhi cairan tubuh agar tidak dehidrasi. Karena dehidrasi juga bisa menyebabkan rambut rontok. Tak hanya makanan, pola hidup sehat seperti olahraga, dapat menyuburkan rambut dan mengatasi kerontokan.

Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami

1. Lidah buaya

Cara mengatasi rambut rontok secara alami yang pertama, yaitu merawat rambut secara rutin menggunakan lidah buaya. Lidah buaya memiliki kandungan vitamin A, vitamin B12, vitamin C dan vitamin E. Kandungan ini bisa membantu menguatkan rambut dan mencegah kerontokan.

2. Minyak Kelapa

Mengatasi rambut rontok juga bisa menggunakan minyak kelapa. Karena minyak kelapa memiliki kandungan asam lemak yang bisa terserap oleh batang rambut, melembapkan rambut serta meningkatkan produksi keratin di rambut. Rutin menggunakan minyak kelapa sebelum keramas, bisa membuat rambut lebih kuat dan tidak mudah patah atau rontok.

3. Urang Aring

Cara mengatasi rambut rontok yang selanjutnya, yaitu menggunakan ekstrak daun urang aring. Daun urang aring sangat populer untuk merawat rambut, karena memiliki kandungan vitamin E dan antioksidan. Sehingga bisa membantu mempercepat pertumbuhan rambut, menguatkan akar rambut dan menghilangkan ketombe.

4. Teh Hijau

Teh hijau memiliki kandungan antioksidan yang bisa membantu mencegah radikal bebas. Radikal bebas ini bisa menghambat pertumbuhan sel rambut dan menyebabkan rambut rontok. Teh hijau ini bisa digunakan sebagai masker rambut, untuk mengatasi rambut rontok.

5. Lemon

Cara mengatasi rambut rontok yang terakhir, yaitu menggunakan lemon. Buah lemon mengandung vitamin C dan antioksidan, yang bisa menjaga kesehatan kulit kepala dan mencegah kerontokan rambut. Kamu bisa mengoleskan air perasan jeruk lemon ke kulit kepala sebelum keramas, untuk merawat rambut yang mudah rontok.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading