5 Cara Memilih CC Cushion yang Ringan Digunakan

Kezia Prasetya Christvidya08 Jun 2021, 21:35 WIB
Diperbarui 08 Jun 2021, 21:35 WIB
Cushion makeup

Fimela.com, Jakarta Semakin berkembangnya dunia kecantikan, semakin banyak pula inovasi produk makeup yang diciptakan. Salah satu produk kecantikan yang sedang populer di kalangan anak muda adalah CC Cushion.

CC cushion adalah color correcting yang dikemas dengan bentuk cushion. Produk ini merupakan salah satu produk complexion, yang memiliki fungsi untuk meratakan warna wajah yang tidak rata, serta menyamarkan noda gelap di wajah.

CC cushion ini memiliki formula khusus yang bisa digunakan untuk kulit berminyak, kulit kering maupun kulit kombinasi. Karena masing-masing orang memiliki undertone kulit yang berbeda, maka pilihlah CC cushion yang sesuai dengan warna undertone kulitmu.

Karena CC cushion memiliki banyak macamnya, Sahabat Fimela harus memilih CC cushion dengan benar, agar ringan digunakan di kulit dan tidak mudah luntur di kulit. Berikut cara memilih CC cushion, dilansir dari beberapa sumber:

Macam-Macam Cushion

Cushion
Cushion. (Foto:Shutterstock.com By Sharlotta)

1. BB Cushion

BB cushion adalah base makeup yang berasal dari Korea Selatan, yang bisa digunakan sebagai pengganti foundation atau BB creamBB cushion memiliki formula yang ringan, dengan hasil akhir yang dewy dan coverage saat digunakan di kulit wajah.

2. CC Cushion

Hampir sama dengan BB cushion, tetapi CC cushion atau color correcting memiliki tekstur yang lebih ringan, yang bisa membantu meratakan warna kulit yang tidak rata, dan aman digunakan untuk semua jenis kulit.

3. Blush On Cushion

Tak hanya produk seperti BB cream atau CC cream saja yang dikemas dalam bentuk cushion, bahkan produk blush on juga dikemas dengan bentuk cushion agar lebih praktis digunakannya, yang dikemas dengan packaging compact dan teksturnya basah.

4. Lip Cushion

Lipstik juga ada yang dibentuk dengan kemasan cushion, yaitu lip cushion produk lipstik inovasi dari Korea Selatan. Produk lip cushion sangat praktis digunakan, karena bentuknya ramping dan diujung aplikatornya berbentuk spons cushion.

Cara Memilih CC Cushion Sesuai Jenis Kulit

Cushion
Rollover Reaction

1. Kulit Kering

Bagi pemilik kulit kering, kamu harus memilih CC cushion yang memiliki kandungan pelembap, agar makeup tidak terlihat cakey setelah menggunakan CC cushion. Pelembap yang terkandung dalam produk CC cushion, juga bisa membuat makeup tahan lebih lama dan tidak mudah luntur. Kandungan pelembap yang bisa digunakan kulit kering dalam produk CC cushion adalah vitamin B atau hyaluronic acid.

2. Kulit Berminyak

Kulit berminyak harus hati-hati saat memilih makeup, terutama produk CC cushion agar tidak menyebabkan kulit berjerawat atau makeup mudah luntur. CC cushion yang cocok digunakan untuk kulit berminyak adalah yang memiliki kandungan oil control dan klaim noncomedogenic.

3. Kulit Kombinasi

Kulit kombinasi adalah kombinasi antara kulit kering dan berminyak. Biasanya kulit yang berminyak terdapat pada area dahi, hidung dan dagu. Sedangkan yang bagian kering di daerah pipi. Bagi kulit kombinasi, gunakan CC cushion yang mengandung oil control dan yang bisa melembapkan kulit.

Rekomendasi CC Cushion

Cushion foundation
Cushion foundation

1. The Face Shop FMGT Aura CC Cream SPF30 PA++

Rekomendasi CC cushion yang pertama adalah The Face Shop FMGT Aura CC Cream SPF30 PA++. Selain bisa digunakan untuk meratakan warna kulit, produk ini bisa digunakan untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari, karena memiliki kandungan SPF30 PA++. Harga produk ini dijual dengan harga Rp 275ribuan.

2. Nature Republic Super Origin Cushion C.C. SPF 50+ PA+++

Produk dari Nature RepublicSuper Origin Cushion C.C. SPF 50+ PA+++ adalah CC cushion yang juga mengandung UV protection. Kandungan UV protection yang terkandung dalam produk ini adalah SPF 50+ PA+++. Produk ini juga memiliki kandungan collagen dan ceramide, yang dijual dengan harga sekitar Rp 550ribuan.

3. Cathy Doll CC Cushion Stick

Rekomendasi produk yang selanjutnya adalah Cathy Doll CC Cushion StickCC cushion yang satu ini cukup unik, karena bentuknya stick yang ringan digunakan dan praktis dibawa kemana saja. Produk ini memiliki hasil akhir yang matte dan harganya sekitar Rp 160ribuan.

4. Y.O.U The Simplicity Color Corrector CC Cushion

Selain produk asal Korea Selatan, merek lokal pun mengeluarkan produk CC cushion yaitu Y.O.U The Simplicity Color Corrector CC Cushion. Produk ini ringan digunakan dan memiliki hasil akhir yang glow finish. Harga dari produk ini sekitar Rp 99ribuan.

5. Vienna Perfect Skin CC Cushion Foundation

Rekomendasi CC cushion yang terakhir adalah Vienna Perfect Skin CC Cushion Foundation. Produk ini memiliki kandungan peony dan cotton bamboo extract, yang ringan digunakan dan mencerahkan kulit. Produk ini dijual dengan harga Rp 100ribuan.

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela