Sukses

Beauty

6 Cara Beralih ke Rutinitas Kecantikan Berkelanjutan dan Ramah Lingkungan

Fimela.com, Jakarta Apa yang sudah kita lakukan untuk memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2021? Tak usah muluk-muluk, cobalah dari rutinitas harian termasuk urusan skincare dan makeup yang bisa dilakukan untuk membantu menyelamatkan bumi.

Kita mungkin tidak menyadarinya, namun industri kecantikan meninggalkan jejak karbon besar di bumi dan peralihan ke gaya hidup berkelanjutan mengurangi dampak terhadap lingkungan.

Keberlanjutan adalah kata kunci untuk kecantikan dan banyak hal saat ini. Tetapi menjadi sedikit ramah lingkungan dengan pilihan produk kecantikan adalah hal yang mau tak mau harus dilakukan bahkan tak apa sedikit dipaksakan.

Berikut adalah enam cara beralih rutinitas kecantikan pada perubahan yang berkelanjutan dan ramah lingkungan melansir dari swirlster.ndtv.com;

 

1. Wadah daur ulang

Stoples dan wadah kosong dari serum, pelembap, dan pembersih favorit jangan sampai terbuang sia-sia karena bisa digunakan kembali dengan berbagai cara. Mereka bisa dipakai untuk menyimpan barang seperti kapas, jepit rambut, sampai ikat rambut.

Selain itu banyak juga gerai yang menawarkan insentif untuk mengembalikan kemasan kosong sehingga dapat didaur ulang. Atau jika kamu ingin mendaur ulangnya sendiri, silakan temukan banyak ide di internet.

 

2. Hapus riasan tanpa rasa bersalah

Tisu dan kapas adalah penyelamat. Produk sekali pakai ini juga ikut berkontribusi di tempat pembuangan sampah dengan jumlah besar.

Kamu dapat beralih ke kapas yang dapat digunakan kembali atau kain terry yang merupakan pilihan ramah lingkungan untuk menghapus makeup. Setelah membersihkan riasan, cuci kapas dan mereka akan seperti baru.

 

3. Sabun Batang Kecantikan

Kini sabun batang mengalami banyak perubahan. Seperti kaya akan bahan-bahan alami dan kemasan yang bersumber secara berkelanjutan yang menjadikannya ramah lingkungan.

 

4. Produk Multi-Tasking

Salah satu cara terbaik mengurangi pemborosan adalah menggunakan produk multi-tugas. Dengan satu produk bisa mengerjakan dua hal akan menyederhanakan rutinitas kecantikan. 

Selain itu akan mengurangi limbah, kemasan, dan penggunaan plastik. Manfaatkan sebaik-baiknya produk bermanfaat ganda tersebut untuk mengurangi konsumsi serta menghindari penimbunan tabung dan stoples yang tidak ada habisnya.

 

 

5. Coba deodoran alami

Kebanyakan antiperspirant dikemas dengan alumunium dan bahan kimia seperti paraben dan parfum sintetis. Jika kamu mendari pendekatan lebih ramah lingkungan, cobalah deodoran alami. Dirancang untuk membuat wangi sepanjang hari, kini banyak deodoran alami bebas alumunium.

 

 

6. Cari kemasan ramah lingkungan

Kemasan memainkan peran besar dalam jumlah limbah yang disebabkan oleh rutinitas kecantikan. Namun banyak mereka kecantikan mengklaim ramah lingkungan tapi produknya dibungkus plastik.

Tindakan greenwashing ini sangat dilarang. Cobalah memilih produk perawatan kulit dalam botol kaca. Atau pilih produk dengan kemasan plastik nabati dengan bahan biodegradable lainnya.

Simak Video Berikut

#Elevate Women 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading