5 Cara Mendapatkan Bibir Merah Muda Alami dengan Perawatan Rumahan

Hilda Irach12 Jun 2021, 18:00 WIB
Diperbarui 12 Jun 2021, 18:00 WIB
5 Cara Mendapatkan Bibir Merah Muda secara Alami dengan Perawatan Rumahan

Fimela.com, Jakarta Banyak orang yang memandang bibir merah muda sebagai tanda kecantikan atau kesehatan alami. Padahal, warna bibir bervariasi dari orang ke orang.

Secara genetik, orang dengan kulit lebih gelap memiliki bibir yang lebih gelap. Hal ini dikarenakan terjadinya peningkatan jumlah melanin kulit.

Namun, tak menutup kemungkinan terdapat faktor lain yang membuat bibir menjadi menggelap. Melansir dari Medical News Today, beberapa di antaranya disebabkan oleh merokok, paparan sinar matahari, efek obat-obatan, hingga kondisi medis.

Untuk membantumu mengembalikan kecerahan pada bibir, perawatan di rumah berikut ini mungkin bisa membantu. Lebih lanjut berikut ini 5 cara mendapatkan bibir merah muda secara alami.

1.  Scrub bibir

Pengelupasan kulit yang lembut dapat membantu menghilangkan kulit kering yang dapat membuat bibir tampak kusam dan kasar. Ini juga dapat merangsang sirkulasi, menghasilkan bibir merah muda sementara.

Ada banyak scrub bibir yang tersedia di toko atau online. Atau, kamu dapat membuatnya sendiri dengan mencampur gula atau garam dengan minyak seperti almond manis.

Untuk menggunakan scrub bibir, pijat lembut scrub ke bibir, bilas dan tepuk-tepik hingga kering, kemudian oleskan pelembab bibir.

2. Pijat bibir

Pijat dapat meningkatkan sirkulasi ke bibir, yang dapat membuatnya tampak lebih merah muda. Kamu dapat memijat bibir dengan lembut sekali sehari dengan minyak food grade, seperti minyak kelapa, sebelum membilasnya. 

Sebagai alternatif, kamu juga bisa membiarkan minyak semalaman sebagai perawatan yang menghidrasi.

3. Masker bibir

5 Cara Mendapatkan Bibir Merah Muda secara Alami dengan Perawatan Rumahan
Berikut ini tips mencerahkan bibir dengan perawatan rumahan. (Foto: Unsplash.com/Kevin Laminto).

Beberapa orang melaporkan bahwa masker bibir yang mengandung kunyit meningkatkan kesehatan dan penampilan bibir mereka. Hal ini didukung dalam sejumlah penelitian tahun 2018, yang menyebutkan bahwa bahwa kunyit dapat mengurangi hiperpigmentasi pada wajah. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk membuktikan secara meyakinkan itu bekerja di bibir.

Untuk membuat masker bibir kunyit, campur bubuk kunyit dengan minyak kelapa. Kemudian, oleskan ke bibir dan biarkan selama 15 menit. Dan cuci bersih dan keringkan bibir.

4. Lipbalm minyak peppermint

Beberapa perusahaan kosmetik menggunakan minyak peppermint dalam lip balm untuk menciptakan tampilan merah muda alami.

Minyak peppermint mengandung mentol, senyawa yang dapat melebarkan pembuluh darah saat dioleskan, menurut sebuah studi tahun 2016 . Hal ini dapat menyebabkan bibir memerah sementara.

Namun, American Academy of Dermatology (AAD) menyarankan bahwa seseorang harus menghindari mentol dan peppermint jika bibir mereka pecah-pecah, karena dapat menyebabkan iritasi.

5. Memakai lipbalm SPF

Menerapkan tabir surya ke kulit dan bibir setiap hari adalah salah satu hal paling efektif yang dapat dilakukan seseorang untuk mencegah hiperpigmentasi, kerusakan akibat sinar matahari, dan penuaan yang terlihat. Ini juga mengurangi kemungkinan terkena kanker kulit.

American Academy of Dermatology (AAD) menyarankan menggunakan lip balm tidak menyebabkan iritasi dengan SPF 30 atau lebih tinggi dan titanium oksida atau oksida seng sebagai bahan aktif. Oleskan kembali lip balm dan tabir surya SPF setiap 2 jam saat berada di luar ruangan.

 

#Elevate Women

Lanjutkan Membaca ↓
PLAYLIST VIDEO 3 AGUSTUS 2021