5 Cara Menghilangkan Mata Lelah Secara Alami

Kezia Prasetya Christvidya11 Jun 2021, 08:45 WIB
Diperbarui 11 Jun 2021, 08:45 WIB
skincare-kezo

Fimela.com, Jakarta Mata lelah sering terjadi saat memasuki usia 20 tahunan keatas. Selain disebabkan karena kurang tidur, mata lelah juga bisa disebabkan karena sering menangis, terlalu lama melihat layar komputer dan paparan udara saat berkendara jauh.

Kondisi mata lelah ini bisa hilang dengan sendirinya, jika Sahabat Fimela memperbaiki pola tidur dengan tidur minimal 8jam sehari. Tetapi tidur saja tidak akan cukup, kalau mata sudah terlalu lelah.

Kondisi mata lelah ini akan lebih parah kalau tidak segera diatasi. Bahkan bisa menyebabkan gangguan kesehatan lainnya, seperti gangguan penglihatan dan halusinasi. Untuk mencegah gangguan kesehatan akibat mata lelah, berikut cara menghilangkan mata lelah secara alami, dilansir dari Liputan6.com:

Penyebab Mata Lelah

Mata Merah
Ilustrasi Tidur Credit: pexels.com/tara

Penyebab utama mata lelah paling umum adalah terlalu sering menatap layar komputer dan handphone. Menurut sebuah penelitian, sebenarnya penggunaan layar komputer atau handphone tidak akan menyebabkan mata lelah, kalau penggunaannya dibatasi dan menggunakan lampu yang terang.

Mata lelah atau astenopia ini juga disebabkan karena sering membaca di tempat redup, melakukan perjalanan jarak jauh, jarang berkedip saat melakakukan aktivitas, sering terpapar cahaya terlalu terang dan sering berada di dalam ruangan AC.

Selain itu, memiliki gangguan penglihatan, seperti mata kering, juga bisa menyebabkan mata jadi lelah. Bahkan saat pikiran terlalu stres, mata juga akan jadi lelah dan sering mengantuk.

Ciri-Ciri Mata Lelah

mata-kezo
ilustrasi mata/pexels

Mata lelah ini sangat umum terjadi dan kondisinya normal. Mata yang lelah bisa ditandai dengan ciri-ciri seperti mata terasa perih, gatal dan mengantuk, sehingga membuat penderitanya jadi ingin memejamkan mata terus-menerus.

Mata yang lelah juga sering mengeluarkan air mata atau berair, untuk menghidrasi mata yang kering, akibat sering terpapar radiasi layar komputer atau handphone. Mata yang lelah juga ditandai dengan kepala terasa pusing dan nyeri pada leher.

Untuk kondisi yang parah, mata lelah bisa menyebabkan penglihatan menjadi kabur, penglihatan ganda, susah menerima cahaya, susah berkonsentrasi dan merasakan nyeri diarea punggung atau bahu.

Cara Menghilangkan Mata Lelah Secara Alami

insomnia
insomnia| pexels.com/@cottonbro

1. Mengatur Pencahayaan

Cara menghilangkan mata lelah yang pertama, yaitu dengan mengatur pencahayaan layar komputer atau handphone, agar tidak terlalu terang atau redup. Kamu juga bisa memasang filter layar untuk mengurangi radiasi cahaya, menggunakan kacamata dengan lensa blueray dan sering mengalihkan pandangan dari layar selama beberapa menit.

2. Sering Berkedip

Secara umum, mata berkedip sebanyak 15 kali dalam semenit. Tetapi saat sering menatap layar komputer, kedipan mata berkurang hingga 3 kali lipat. Untuk menghilangkan mata lelah ini, jangan lupa untuk berkedip dan menutup mata pelan-pelan selama beberapa menit. Hal ini bisa membuat mata yang kering menjadi basah dan mencegah iritasi.

3. Rutin Cek Mata

Cara menghilangkan mata lelah juga bisa dilakukan dengan rutin cek kesehatan mata. Jika kondisinya normal, kamu bisa periksa rutin kurang lebih setiap 6 hingga 12 sekali. Tetapi kalau kondisinya semakin buruk, segeralah periksa mata kepada dokter.

4. Pijat Area Mata

Mata lelah juga bisa dihilangkan dengan memijat area mata secara pelan. Pijatan mata ini bisa dilakukan dengan menggunakan minyak zaitun, yang memiliki kandungan vitamin E. Minyak ini bisa membantu melancarkan sirkulasi darah di area mata, mengurangi stres dan membantu menghilangkan kantong mata.

5. Gunakan Masker Mata

Cara menghilangkan mata lelah yang terakhir, yaitu rutin menggunakan masker mata yang terbuat dari bahan alami. Kamu bisa menggunakan masker mata yang terbuat dari teh hijau, lemon, timun atau tomat. Selain bisa membantu menghilangkan mata lelah, kandungan ini bisa mencerahkan area mata dan membuat mata jadi lebih rileks.

Lanjutkan Membaca ↓
PLAYLIST VIDEO 23 JULI 2021