5 Cara Melindungi Kulit dari Paparan Blue Light dengan Skincare

Kezia Prasetya Christvidya11 Jun 2021, 11:20 WIB
Diperbarui 11 Jun 2021, 11:20 WIB
skincare-kezo

Fimela.com, Jakarta Terlalu sering menatap layar komputer atau handphone, ternyata tidak hanya membahayakan mata saja. Bahkan kulit bisa terkena dampak negatif dari radiasi sinar layar komputer atau handphone.

Paparan sinar ini disebut dengan blue light, yang bisa membuat kulit wajah jadi keriput, merusak lapisan kulit dan mempercepat proses penuaan dini pada kulit.

Untuk melindungi paparan blue light ini, kamu bisa mengurangi intensitas penggunaan layar komputer atau handphone, dan bisa juga melindungi kulit dengan skincare yang tepat. Berikut cara melindungi paparan blue light dengan skincare beserta rekomendasinya, yang dilansir dari berbagai sumber:

Mengenal Blue Light

skincare-kezo
ilustrasi skincare/siro46/shutterstock

Ada berbagai macam sinar dengan panjang gelombang cahaya yang berbeda-beda. Salah satunya adalah sinar biru atau blue light. Sinat ini memiliki panjang gelombang sekitar 400 nm – 500 nm, yang panjangnya lebih pendek daripada sinar lainnya.

Walaupun panjang gelombang cahayanya pendek, tetapi blue light termasuk dalam kategori High Energy Visible (HEV) Lights, karena memiliki energi cahaya yang tinggi.

Blue light yang berbahaya jika terkena kulit ini, bisa berasal dari paparan sinar matahari, cahaya dari lampu LED, layar komputer, layar TV dan layar handphone. Sinar biru yang satu ini, juga sangat berbahaya untuk kesehatan mata.

 

Cara Melindungi Kulit dari Blue Light

skincare-kezo
ilustrasi skincare/TORWAISTUDIO/shutterstock

Di era digital ini, tentu saja kita tidak bisa lepas dari penggunaan gadget. Sehingga kita akan lebih mudah terkena paparan blue light ini. Salah satu bahaya yang umum di alami saat terkena sinar biru adalah mata lelah dan penuaan dini pada kulit.

Blue light ini bisa merusak skin barrier, membuat kulit menjadi lebih kering, mengakibatkan hiperpigmentasi kulit dan saat kulit menyerap molekul oksigen menjadi tidak stabil.

Untuk itu, cara melindungi kulit dari paparan blue light adalah dengan rutin menggunakan sunscreen, memilih produk skincare yang mengandung antioksidan, menggunakan pelembap atau skincare yang menghidrasi kulit, rutin mengonsumsi air putih dan menggunakan filter pada layar gadget.

Rekomendasi Skincare Anti Blue Light

skincare-kezo
ilustrasi skincare/Orawan Pattarawimonchai/shutterstock

1. Dear Me Beauty Skin Barrier Water Cream

Rekomendasi skincare untuk melindungi kulit dari blue light, yaitu produk dari Dear Me Beauty Skin Barrier Water Cream. Produk ini memiliki kandungan Palmitoyl-tetrapeptide-7 yang berfungsi sebagai antioksidan, agar kulit terhindari dari penuaan dini. Produk ini juga mengandung ceramide, hyaluronic acid, cica, adenosine dan ekstrak buah semangka, yang dijual dengan harga Rp 129ribuan.

2. Garnier Light Complete Series

Rangkaian skincare dari Garnier Light Complete Series bisa digunakan untuk melindungi kulit dari paparan blue light. Skincare ini memiliki kandungan ekstrak Lemon Yuzu yang kaya akan vitamin C dan antioksidan. Bahkan produk ini diperkaya dengan kandungan UV protection sebesar SPF19 PA +++. Masing-masing produk dijual dengan harga mulai dari Rp 20ribuan.

3. Laneige Radian C Cream

Rekomendasi produk yang selanjutnya adalah Laneige Radian C Cream. Produk yang diperkaya dengan vitamin C, vitamin E dan Melasolv™ ini bisa membantu melindungi kulit dari blue light. Harga produk yang satu ini sekitar Rp 400ribuan.

4. Wardah Lightening Series

Produk lokal dari Wardah Lightening Series ini, memiliki formula blue light protection, yang lengkap dengan kandungan niacinamide, untuk melindungi kulit dari paparan blue light. Produk ini dijual mulai dengan harga masing-masing produk sekitar Rp 35ribuan.

5. NIVEA Hokkaido Rose Series

Rekomendasi skincare yang terakhir adalah NIVEA Hokkaido Rose Series. Produk ini dilengkapi dengan kandungan vitamin A, vitamin C dan vitamin E, yang bisa dijadikan sebagai antioksidan untuk melindungi kulit dari blue light. Masing-masing produknya dijual dengan harga sekitar Rp 50ribuan.

Lanjutkan Membaca ↓
PLAYLIST VIDEO 3 AGUSTUS 2021