7 Cara Mewarnai Rambut Anti Gagal dan Rekomendasinya

Kezia Prasetya Christvidya15 Jun 2021, 18:35 WIB
Diperbarui 15 Jun 2021, 18:35 WIB
rambut-kezo

Fimela.com, Jakarta Mengubah warna rambut menjadi lebih berwarna, bisa membantu meningkatkan rasa percaya dirimu. Mewarnai rambut ini bisa membuat penampilan terlihat lebih cantik, awet muda dan lebih segar.

Banyak perempuan yang hobi mengganti warna rambutnya, dengan warna yang indah seperti pastel atau cokelat. Karena mewarnai rambut sangat mudah dilakukan, maka Sahabat Fimela bisa melakukan pewarnaan rambut ini di rumah saja.

Tentu saja sebelum mewarnai rambut, kamu harus memilih cat rambut yang kualitasnya bagus dan lakukan tes alergi. Karena cat rambut memiliki kandungan bahan kimia yang bisa menyebabkan iritasi, rambut kasar dan bisa memicu munculnya masalah kulit. Berikut cara mewarnai rambut dan rekomendasi cat rambut, dilansir dari berbagai sumber:

Cara Mewarnai Rambut

rambut-kezo
ilustrasi cat rambut/ Tommy van Kessel/unsplash

1. Cuci Rambut Terlebih Dahulu

Sebelum mewarnai rambut, lebih baik cuci rambut terlebih dahulu kurang lebih sehari sebelum mewarnai rambut. Hal ini berfungsi untuk membuat warna cat rambut menempel di rambut, dan membuat rambut tetap lembap karena terdapat minyak rambut alami yang melindungi rambut dari zat kimia.

2. Lakukan Tes Alergi

Kemudian lakukan tes alergi sebelum mengaplikasikan cat rambut. Kamu bisa mengoleskan sedikit saja cat rambut di kulit belakang telinga dan diamkan beberapa menit. Kalau timbul rasa gatal dan kemerahan, segera tunda proses pewarnaan rambut, agar tidak memicu reaksi alergi yang berlebih.

3. Campurkan Cat Rambut

Tentu saja sebelum mewarnai rambut, kamu harus memilih warna rambut yang disukai. Setelah itu siapkan mangkok dan sisir khusus cat rambut, masukkan semua yang ada di dalam isi kemasan, campur hingga rata dan jangan lupa gunakan sarung tangan plastik.

4. Aplikasikan dari Akar Rambut

Saat memulai mewarnai rambut, gunakan handuk untuk melindungi area leher. Lalu aplikasikan cat rambut mulai dari akar rambut hingga seluruh raambut. Hati-hati saat mengaplikasikan cat rambut, agar tidak mengenai kulit kepala, telinga dan area kulit lainnya. Setalah cat rata, diamkan selama 30 hingga 1 jam, tergantung dari aturan yang terdapat dalam kemasan cat rambut.

5. Bilas Hingga Bersih

Jika warna cat sudah meresap ke rambut, bilas cat rambut sampai bersih. Kemudian gunakan sampo khusus untuk rambut diwarnai. Jangan lupa untuk menggunakan kondisioner setelah keramas, agar rambut tetap sehat dan lembap.

Cara Merawat Rambut Diwarnai

rambut-kezo
ilustrasi rambut/TORWAISTUDIO/shutterstock

Agar rambut yang diwarnai tidak mudah luntur, sebaiknya lakukan perawatan rambut secara rutin. Kamu bisa mencuci rambut dengan sampo khusus untuk rambut diwarnai, yang digunakan setiap dua hari sekali. Karena kalau terlalu sering mencuci rambut, akan membuat warna cat mudah luntur.

Kamu bisa menggunakan kondisioner khusus, setelah menggunakan sampo saat mencuci rambut. Selain itu, gunakan masker rambut seminggu sekali, untuk membuat rambut tetap kuat, tidak bercabang dan warnanya tidak kusam.

Usahakan untuk mencuci rambut yang diwarnai dengan air dingin. Karena air hangat bisa membuat rambut kering dan terlihat kusam. Kamu juga bisa menggunakan pelindung rambut kalau sedang berenang, agar warna rambut tidak luntur saat terkena kaporit.

Rekomendasi Cat Rambut

[Fimela] Cat Rambut
Ilustrasi Pewarna Rambut | unsplash.com/@heftiba

1. Revlon Color Silk Beautiful Color

Rekomendasi cat rambut yang pertama adalah Revlon Color Silk Beautiful Color. Cat rambut ini cocok digunakan untuk kamu yang suka rambut warna natural. Cat rambut ini juga bisa membantu menutup uban dan membuat rambut tetap lembap. Harganya cukup ekonomis, yaitu sekitar Rp 80ribuan.

2. NYU Crème Hair Colour

Kalau kamu takut terkena alergi akibat cat rambut, kamu bisa menggunakan cat rambut dari NYU Crème Hair Colour. Cat rambut ini memiliki klaim tidak mengandung amonia, sehingga aman digunakan dan baunya tidak menyengat. Cat rambut yang memiliki warna natural ini dijual dengan harga sekitar Rp 30ribuan.

3. Matrix Wonderlight

Rekomendasi cat rambut yang selanjutnya adalah Matrix Wonderlight. Cat rambut ini memiliki warna yang terang, yang bisa digunakan untuk meningkatkan warna rambut lebih terang hingga level 4, tanpa melakukan proses bleaching. Harga produk ini sekitar Rp 100ribuan.

4. L’Oreal Paris Excellence Creme

Untuk kamu yang ingin menutup uban rambut, kamu bisa menggunakan cat rambut L’Oreal Paris Excellence Creme. Cat rambut ini tersedia dengan beberapa shade yang natural. Kandungan ceramide yang terdapat dalam cat rambut ini, bisa membuat rambut tetap lembap dan halus setelah melalui proses pewarnaan. Harga cat rambut ini sekitar Rp 150ribuan.

5. Miranda Hair Color

Rekomendasi cat rambut yang terakhir adalah Miranda Hair Color. Produk cat rambut ini cocok digunakan untuk orang yang suka rambut warna warni. Karena cat rambut ini memiliki warna warni yang terang, seperti pink, biru, hijau dan warna pastel lainnya. Harga cat rambut ini sangat ekonomis, yaitu sekitar Rp 10ribuan.

Lanjutkan Membaca ↓