6 Tip dan Trik Atasi Masalah Kulit di Rumah Selama Pandemi, Mudah dan Efektif

Nabila Mecadinisa22 Jun 2021, 13:30 WIB
Diperbarui 22 Jun 2021, 19:45 WIB
Masalah kulit selama pandemi

Fimela.com, Jakarta Di masa pandemi, setiap orang harus berjuang untuk tetap ‘waras’ di tengah segala tekanan yang ada. Rasa stres tentu dihadapi banyak orang, efeknya juga sangat mempengaruhi kesehatan tubuh, kulit, hingga pikiran. Tubuh yang stres biasanya akan mengalami penurunan imunitas, di mana seseorang akan mudah sakit, merasa cepat lelah, dan ragam masalah kesehatan lainnya. Tapi jika kamu mengalami kulit stres, maka ragam masalah kulit akan muncul. 

Di saat kulit stres, tak hanya rona sehat kulit yang akan hilang pancarannya, namun kulit juga akan jadi kusam, mudah berjerawat, dan ragam masalah kulit lainnya. Lalu, apa saja sih tip dan trik untuk mengatasi kulit selama pandemi dengan tepat di rumah? 

1. Banyak konsumsi air putih

Hidrasi kulit sangat penting untuk menciptakan sel kulit agar semakin sehat. Di saat kita kekurangan hidrasi kulit, maka biasanya kondisi kulit juga akan semakin rentan. Oleh sebab itu, pertahankan hidrasi kulit dengan baik dengan rajin konsumsi air putih, sehingga kekuatan kulit akan terbentuk dengan baik. 

 

2. Bersihkan kulit secara rutin

Masalah kulit selama pandemi
Rajin membersihkan wajah untuk atasi masalah kulit dengan baik.

Di saat kulit stres, maka biasanya kulit akan memproduksi minyak secara ekstra. Oleh sebab itu, di saat kulit berminyak dan kotoran menumpuk, maka biasanya akan menyebabkan penyumbatan pori-pori yang menyebabkan komedo serta munculnya jerawat. Jadi, untuk menghindari jerawat, usahakan untuk membersihkan wajah secara rutin, setidaknya dua kali dalam sehari.

3. Selalu gunakan pelembap wajah

Pelembap wajah adalah cara lainnya untuk membuat barrier kulit semakin kuat. Di saat kulit kehilangan kelembapannya, maka kulit akan semakin rentan terhadap ragam problematika kulit. Jadi, jangan lewatkan untuk menggunakan pelembap kulit secara rutin, pagi dan malam hari. 

 

4. Berikan perhatian ekstra pada penggunaan serum

4. Berikan perhatian ekstra pada penggunaan serum
Penggunaan serum baik untuk mengatasi kulit yang stres di masa pandemi. /paulynn/shutterstock

Perawatan kulit dasar yang menggabungkan pelembap dan tabir surya mungkin masih belum cukup baik, terutama untuk kulit dewasa dan kulit yang rusak akibat sinar matahari. Tambahkan serum sesuai kebutuhan kulir untuk memberikan perlindungan tambahan pada kulit. Serum yang baik dapat berfungsi sebagai sekutu yang kuat untuk rutinitas perawatan kulit dasar dan menargetkan masalah spesifik seperti pigmentasi kulit, keriput, dan pori-pori besar. Beberapa contoh serum kulit yang bermanfaat adalah serum asam hialuronat, serum vitamin C, dan serum peptida. Serum ini juga memberikan manfaat anti-penuaan jangka panjang.

5. Sunscreen

Sunscreen akan melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV, pembentukan pigmentasi, dan kanker kulit. Bahkan, paparan sinar matahari singkat dapat menyebabkan kerusakan pada kulit. Pilih tabir surya dengan perlindungan UVA dan UVB, dan dengan SPF 30 ke atas. Yang penting diingat adalah, mengenakan masker tidak cukup melindungi kulit dari sinar matahari. Tabir surya berkualitas baik sangat dibutuhkan, jika kamu tidak ingin pigmen kulit yang mengerikan itu muncul ke permukaan.

6. Olahraga secara rutin

Olahraga rutin selama 30 menit secara teratur, tiga kali seminggu tidak hanya meningkatkan kesehatan secara keseluruhan, tetapi juga meningkatkan sirkulasi darah ke kulit, sehingga membawa lebih banyak nutrisi penting dan hidrasi ke kulit. Berolahraga juga dapat mengurangi hormon stres, merangsang produksi kolagen kulit, meningkatkan keseluruhan otot yang membuat kulit terlihat lebih kencang, dan mengurangi tampilan selulit.

Jadi, di masa pandemi bukan berarti kulit masalah kulit tidak bisa teratasi dengan baik. Justru dengan di rumah saja, kamu bisa memaksimalkan perawatannya dengan produk terbaik sesuai jenis kulitmu. 

Tertarik untuk mengulas topik  ini lebih lanjut? Jangan lewatkan Fimela From Home x POND’s bersama dengan  Danang Wisnu (Skin Care Reviewer) dan Dr. Melyawati SpKK ( Dermatologist ) yang akan diselenggarakan pada 28 Juni 2021.

Daftarkan langsung diri kamu ke sini 

 

#Elevate Women

Lanjutkan Membaca ↓