5 Urutan Menggunakan Tonik Rambut dan Rekomendasinya

Kezia Prasetya Christvidya23 Jun 2021, 09:35 WIB
Diperbarui 23 Jun 2021, 09:35 WIB
rambut-kezo

Fimela.com, Jakarta Merawat kesehatan rambut tidak akan cukup kalau menggunakan sampo dan kondisioner saja. Apalagi kalau memiliki masalah rambut seperti rambut bercabang, rambut rontok, rambut kering, rambut berketombe dan lain sebagainya.

Untuk menjaga kesehatan rambut, Sahabat Fimela bisa menambahkan hair tonic atau tonik rambut dalam rangkaian perawatan rambutmu. Tonik rambut ini memiliki fungsi untuk mengatasi rambut rontok, menghilangkan ketombe, mempercepat pertumbuhan rambut, melembapkan rambut dan lain sebagainya.

Urutan menggunakan tonik rambut juga harus diperhatikan. Karena salah menggunakan tonik rambut, bisa membuat rambut lepek dan berminyak. Berikut urutan menggunakan tonik rambut dan rekomendasinya, yang dilansir dari berbagai sumber:

Urutan Menggunakan Tonik Rambut

ilustrasi serum rambut/Pixel-Shot/shutterstock
ilustrasi serum rambut/Pixel-Shot/shutterstock

1. Mencuci Rambut

Urutan pertama menggunakan tonik rambut, yaitu dengan mencuci rambut terlebih dahulu. Mencuci rambut bisa membuat rambut jadi bersih, pori-pori kulit kepala terbuka dan membuat tonik rambut mudah terserap.

2. Keringkan Rambut

Setelah mencuci rambut, keringkan rambut dengan handuk atau diangin-anginkan sampai kondisi rambut setengah kering. Usahakan untuk menghindari hair dryer, karena bisa membuat rambut sangat kering dan rusak.

3. Aplikasikan ke Kulit Kepala

Saat rambut setengah kering, tuangkan tonik rambut ke telapak tangan, usapkan kedua telapak tangan dan aplikasikan tonik rambut ke seluruh kepala, mulai dari bagian atas kepala ke arah belakang, hingga belakang leher atau haris rambutmu.

4. Pijat Kepala

Tak hanya mengaplikasikan dengan tangan saja. Agar hasilnya lebih optimal, lakukan gerakan memijat saat mengaplikasikan tonik rambut. Memijat kepala ini bisa membantu melancarkan peredaran darah, meningkatkan kesehatan kulit, membuat saraf kepala lebih rileks dan tonik rambut lebih teresap dengan mudah.

5. Sisir Rambut

Urutan yang terakhir, yaitu mendiamkan tonik rambut sampai meresap dan mengering. Kemudian sisir rambut agar rambut terlihat lebih rapi dan halus. Lalu ulangi penggunaan tonik rambut ini seminggu 3 kali.

Kandungan Tonik Rambut

skincare-kezo
ilustrasi hair tonic/paulynn/shutterstock

Ada berbagai macam kandungan di dalam tonik rambut, yang bisa membantu merawat kesehatan rambut, agar terhindar dari ketombe, rambut rontok, rambut bercabang dan lain sebagainya.

Kalau kamu memiliki kondisi rambut yang tipis, mudah rontok dan patah, kamu bisa menggunakan tonik rambut yang mengandung niacinamide, assembly extract, vitamin E dan panthenol, yang bisa membuat rambut menjadi lebih kuat dan lebih bervolume.

Kemudian pilihlah tonik rambut yang memiliki kandungan pelembap seperti ekstrak beeswax, yang bisa membantu mengatasi rambut kering atau kulit kepala kering. Sedangkan untuk mengatasi ketombe atau jamur di kepala, kamu bisa menggunakan tonik rambut yang memiliki kandungan antibakteri seperti octopirox.

Rekomendasi Tonik Rambut

skincare-kezo
ilustrasi skincare/Orawan Pattarawimonchai/shutterstock

1. Mustika Ratu Hair Tonic Ramuan Penyubur Rambut

Rekomendasi tonik rambut yang pertama adalah Mustika Ratu Hair Tonic Ramuan Penyubur Rambut. Kandungan yang terdapat dalam tonik rambut ini adalah ekstrak kina, urang-aring, cimbazole, glycerin dan panthenol. Tonik ini bisa membantu menyuburkan rambut, menghilangkan ketombe dan mengurangi gatal di kulit kepala. Tonik satu ini dijual dengan harga sekitar Rp 20ribuan.

2. Johny Andrean Hair Tonic Growth & Strengthen

Rekomendasi tonik rambut yang selanjutnya adalah Johny Andrean Hair Tonic Growth & Strengthen. Produk ini memiliki kandungan amino coat dan ekstrak swertia japonica, yang bisa melembapkan dan menyuburkan rambut. Produk ini dijual dengan harga sekitar Rp 40ribuan.

3. Makarizo Salon Daily Redensifying Hair Tonic

Tonik rambut dari Makarizo Salon Daily Redensifying Hair Tonic, memberikan sensasi mentol yang bisa mendinginkan kulit kepala. Ekstrak lidah buaya yang terdapat dalam tonik rambut ini, bisa membantu menjaga kelembapan rambut dan kesuburan rambut. Harga tonik rambut ini adalah Rp 45ribuan.

4. Garnier Neril Anti-Loss Guard Tonic

Produk dari GarnierNeril Anti-Loss Guard Tonic bisa membantu menutrisi rambut yang mudah rontok, karena memiliki kandungan alami seperti wheat, horsetail, nettle, chamomile dan birch. Produk ini harganya sekitar Rp 45ribuan.

5. NR Nature & Research Hair-Reactive Tonic

Rekomendasi tonik rambut yang terakhir yaitu NR Nature & Research Hair-Reactive Tonic. Kalau kamu memiliki masalah rambut yang berjamur, tonik rambut yang satu ini sangat cocok digunakan untuk mengatasi jamur. Karena produk ini memiliki kandungan piroctone yang bisa membunuh jamur. Harga produk ini sekitar Rp 90ribuan.

Lanjutkan Membaca ↓