Sukses

Beauty

Benarkah Kanker Kulit Bisa Terjadi hanya dari Satu Sunburn? Simak Penjelasannya di Sini

Fimela.com, Jakarta Menurut para ahli, satu sunburn saja sudah cukup menggandakan risiko mengembangkan melanoma di kemudian hari. Lima atau lebih sunburn juga melipatgandakan risiko seseorang terkena melanoma atau jenis kanker yang paling berbahaya, serta mematikan.

Sunburn bisa terasa sakit dan menyengat. Sunburn juga bisa menyebabkan kulit melepuh atau mengelupas.

Dilansir dari huffpost.com, sunburn adalah cara tubuh bereaksi terhadap kerusakan yang disebabkan oleh radiasi UV. Saat tubuh terlalu banyak terkena sinar matahari, ia akan bereaksi dengan memerah, yang merupakan respon alami.

Sel kulit menerima darah ekstra untuk membantu penyembuhan kulit yang rusak. Inilah mengapa sunburn tidak boleh dinormalisasi.

 

 

Riwayat keluarga dengan kanker kulit berpengaruh besar

Jika kamu memiliki riwayat kanker kulit dalam keluarga, kamu harus ekstra hati-hati. Keluarga cenderung memiliki jenis kulit yang sama, yang dapat meningkatkan risiko terkena kanker kulit, jika ada riwayat keluarga dengan melanoma ganas.

Untuk kamu dengan warna kulit lebih gelap atau cenderung tidak mudah terkena sunburn dibandingkan orang lain, ini bukan alasan untuk lengah dalam hal perlindungan terhadap sinar matahari. Kamu mungkin tidak bisa mengubah kerusakan yang telah terjadi, tapi kamu bisa mewaspadai tanda-tanda awal kanker kulit.

Setiap orang dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan kulit tahunan, setelah mencapai usia dewasa. Jika kamu memiliki riwayat kanker kulit dan atau memiliki tahi lalat yang mencurigakan, bintik-bintik lain atau riwayat sunburn yang buruk, periksakan segera.

Terapkan perlindungan terhadap matahari sebelum keluar rumah

Beberapa hal yang harus diwaspadai, seperti tahi lalat yang tidak biasa dengan diameter besar, asimetri, dan memiliki beberapa corak warna. Selain tabir surya dengan spektrum SPF yang luas, kenakan juga pakaian pelindung matahari saat kamu harus keluar rumah.

Tidak hanya kanker kulit, sinar UV juga bisa menyebabkan munculnya garis-garis halus, kerutan, dan pigmentasi kulit. Bagaimana menurutmu, Sahabat FIMELA?

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading