Sukses

Beauty

Menurut Dokter Kulit, Ini 5 Cara Ampuh Hilangkan Mata Panda Secara Alami

Fimela.com, Jakarta Lingkaran hitam di sekitar area mata menjadi salah satu masalah kulit yang paling umum dan mengganggu penampilan kita. Betapa tidak, mata panda bisa membuat kita terlihat lesu dan menua.

Menurut Dr. Doris Day, dokter kulit bersertifikat di Day Dermatology & Aesthetics dan profesor dermatologi klinis di New York University Langone Medical Centers, penyebab umum munculnya mata panda adalah genetika dan gaya hidup yang buruk seperti kurang tidur, dehidrasi, tidak makan makanan yang seimbang.

“Penuaan juga merupakan salah satu penyebab utama munculnya lingkaran hitam di bawah mata. Sebab, seiring bertambahnya usia, jaringan di sekitar mata melemah,” ujar Day, dikutip dari NBC News.

Untuk mengatasinya, semua ahli sepakat bahwa cara terbaik menghilangkan mata panda adalah melalui perubahan gaya hidup yang sehat, kombinasi perawatan kecantikan, dan menggunakan produk perawatan kulit berkualitas tinggi.

Selain itu, terdapat beberapa cara alami untuk mampu mengurangi lingkaran hitam di area matamu. Dilansir dari Bussines Insider, berikut ini 5 cara menghilangkan mata panda secara alami.

1. Tidur yang cukup

Sebuah studi tahun 2017 yang diterbitkan di Royal Society Open Science meneliti efek kurang tidur pada penampilan dan menemukan bahwa orang yang tidur empat jam memiliki lingkaran hitam yang lebih terlihat di bawah mata jika dibandingkan dengan mereka yang tidur selama delapan jam.

"Kurang tidur dapat berkontribusi pada pembuluh darah yang lebih gelap serta penumpukan cairan di bawah mata yang menghasilkan bayangan gelap," kata Karly O'Keefe, ahli kecantikan dan pemilik pusat perawatan wajah, SkincraftLA di Los Angeles.

Kurang tidur juga dapat meningkatkan stres, yang dapat memperburuk lingkaran hitam. Cobalah tidur setidaknya tujuh hingga delapan jam setiap malam untuk membantu mengurangi munculnya lingkaran hitam.

2. Coba kompres dingin

Michele Green, dokter kulit kosmetik berbasis di New York mengatakan kompres dingin membantu mengurangi pembengkakan dan mengecilkan pembuluh darah di area bawah mata sebagai penyebab mata panda.

Untuk mencobanya di rumah, bungkus beberapa es batu dengan waslap bersih, lalu oleskan waslap ke mata kamu selama tiga hingga lima menit. Kamu juga bisa membasahi kain lap dengan air dingin dan meletakkannya di kulit di bawah mata kamu menggunakan tekanan lembut selama sekitar 20 menit. Kamu juga bisa menggunakan masker gel mata yang bisa dibiarkan di dalam freezer hingga siap digunakan. Terapkan selama 10 menit.

3. Tinggikan kepalamu saat tidur

Jika kamu bangun dengan lingkaran hitam, cobalah tambahkan bantalan pada kepalamu. Ini akan mencegah cairan menggenang di bawah mata kamu semalaman dan mencegah pembengkakan, peradangan, dan bengkak keesokan paginya.

Mata bengkak dan meradang dapat menciptakan bayangan di bawah kelopak mata yang memberikan tampilan lingkaran hitam.

4. Gunakan kantong teh

Kantong teh dingin juga dapat membantu peradangan, kata O'Keefe. Ini karena teh mengandung kafein dan antioksidan yang membantu mengecilkan pembuluh darah, merangsang sirkulasi darah, dan mengurangi bengkak.

Untuk mencoba cara ini, masukkan teh celup bekas ke dalam kulkas selama kurang lebih 10 menit lalu oleskan pada mata kamuselama 30 menit. O'Keefe merekomendasikan teh hijau karena kandungan kafeinnya menyempitkan kapiler dan pembuluh darah di bawah mata kamu yang mengencangkan kulit.

5. Coba mentimun

Mentimun mengandung vitamin K yang dapat mengurangi lingkaran hitam di bawah mata dengan memperkuat dinding pembuluh darah. Ini membuat pembuluh darah kurang terlihat di bawah kulit yang lebih tipis.

Meskipun mereka mungkin tidak akan sepenuhnya menghilangkan lingkaran hitam, mentimun dapat membantu mengurangi penampilan mereka, kata Green.

Untuk mencobanya di rumah, potong mentimun segar menjadi irisan sedang hingga tebal, dan dinginkan selama 30 menit. Kemudian letakkan di mata kamu selama 10 hingga 15 menit dua kali sehari. kamu dapat melakukan ini beberapa kali seminggu. Mentimun dingin juga berfungsi sebagai kompres dingin.

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading