Cara Memilih Lipstik yang Tepat Sesuai Warna Kulit dan Bentuk Bibir

Kezia Prasetya Christvidya19 Jul 2021, 19:24 WIB
Diperbarui 19 Jul 2021, 19:25 WIB
lipstik-kezo

Fimela.com, Jakarta Lipstik adalah produk makeup yang selalu dibawa kemana saja, untuk mewarnai bibir agar terlihat lebih cantik, tidak pucat, penuh warna dan tampak segar.

Ada banyak warna lipstik yang bisa digunakan untuk menyempurnakan riasanmu, mulai dari warna nude, merah, pink, cokelat dan lain sebagainya, yang bisa digunakan sesuai dengan warna kulit dan bentuk bibir.

 

Sebelum memilih warna lipstik, Sahabat Fimela juga harus memilih jenis lipstik yang sesuai dengan kebutuhan. Berikut cara memilih lipstik yang tepat, dilansir dari berbagai sumber:

Jenis Lipstik

lipstik-kezo
ilustrasi lipstik/Shiny Diamond/pexels

1. Sheer Lipstik

Jenis lipstik yang pertama adalah sheer lipstik, yang memiliki tekstur sheer dengan warna pigmentasi yang kurang kuat. Lipstik ini memiliki kandungan pelembap, yang cocok digunakan untuk bibir kering dan makeup yang natural.

2. Satin Lipstik

Satin lipstik memiliki tekstur yang bisa melembapkan dan tidak full coverage. Lipstik ini bisa membuat bibir tampak berkilau tetapi tidak tahan lama. Lipstik ini tidak membuat bibir kering dan bisa digunakan untuk membuat bibir tampak sehat.

3. Creamy Lipstik

Jenis creamy lipstik adalah lipstik yang memiliki hasil akhir dewy. Lipstik ini harus diaplikasikan ke bibir menggunakan kuat. Lipstik ini memiliki tekstur krim dan warna pigmentasinya kuat.

4. Matte Lipstik

Matte lipstik merupakan lipstik yang memiliki pigmentasi yang kuat dan tahan lama di bibir. Lipstik ini tidak menghasil kilau saat diaplikasikan, dan bisa membuat bibir menjadi sangat kering. Namun, lipstik matte ini sangat digemari perempuan, karena bisa membuat riasan menjadi lebih elegan.

5. Glossy Lipstik

Berbeda dengan matte lipstik, jenis glossy lipstik ini bisa membuat bibir berkilau dan terlihat basah. Glossy lipstik ini memiliki warna yang kurang pekat, sehingga cocok dipadukan dengan lipstik matte.

6. Frosty Lipstik

 

Frosty lipstik adalah lipstik yang menghasilkan warna shimmer saat di aplikasikan. Lipstik ini memiliki tekstur yang creamy dan menghasilkan efek kilau di bibir. Lipstik ini tidak membuat bibir menjadi kering.

7. Lip Tint

Jenis lipstik yang terakhir adalah lip tint. Produk lip tint ini sangat disuka oleh perempuan Korea, karena bisa memberikan hasil warna yang natural dibibir dan tidak mudah hilang. Lip tint memiliki tekstur yang cair, tetapi karena warnanya diserap oleh bibir, jenis lipstik ini bisa membuat bibir menjadi kering.

Cara Memilih Lipstik yang Tepat Sesuai Warna Kulit

lipstik-kezo
ilustrasi lipstik/Andyone/unsplash

1. Kulit Cerah

Cara memilih lipstik yang pertama yaitu untuk pemilik kulit yang cerah atau cold undertone. Pilihlah warna lipstik yang nude, cokelat, merah, oranye dan emas, untuk memberikan kesan bibir yang mengkilap dan tampak natural.

2. Kulit Kuning Langsat

Untuk pemilik kulit kuning langsat, pilihlah lipstik yang berwarna dark berry, red cherry, oranye bata dan merah maroon. Usahakan untuk menghindari warna nude, karena bisa membuat riasan menjadi tampak pucat.

3. Kulit Sawo Matang

Sedangkan untuk memilih lipstik bagi pemilik kulit sawo matang, yaitu gunakan lipstik yang berwarna merah, merah muda, cokelat atau ungu, untuk membuat penampilan tampak lebih elegan.

 

Cara Memilih Lipstik yang Tepat Sesuai Bentuk Bibir

lipstik-kezo
ilustrasi lisptik/Look Studio/shutterstock

1. Bibir Tipis

Cara memilih lipstik yang cocok untuk bentuk bibir yang tipis atas dan bawah, yaitu memilih lipstik berwarna pink atau nude. Kamu bisa menggunakan lipstik creamy dengan memoleskan lipstik sedikit melebihi garis bibir atas, agar bibir terlihat lebih tebal.

2. Bibir Tebal

Bagi pemilik bibir yang tebal atas dan bawah, pilihlah lipstik yang memiliki warna bold seperti ungu tua, cokelat tua dan merah tua untuk membuat bibir tampak elegan.

3. Bibir Tebal Bawah

Kalau kamu memiliki bibir yang tebal dibagian bawah, kamu bisa menggunakan lipstik berwarna cokelat muda, pink, oranye atau coral yang membuat penampilan tampak cerah dan ceria.

4. Bibir Tebal Atas

Cara memilih lipstik yang terakhir, yaitu memilih lipstik untuk bibir yang tebal bagian atas. Warna yang cocok untuk bentuk bibir ini adalah warna bold, seperti maroon, dark brown dan ungu.

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela