Cara Mengeringkan Rambut yang Benar Tanpa Menggunakan Hairdryer

Imelda Rahma23 Jul 2021, 11:49 WIB
Diperbarui 23 Jul 2021, 12:13 WIB
Mengeringkan Rambut

Fimela.com, Jakarta Tidak semua perempuan memiliki rambut yang mudah kering. Bagi kamu yang memiliki rambut lebih tebal juga berjenis low porosity, rambut biasanya akan memakan waktu lama untuk kering usai keramas. 

Mau tidak mau, kamu harus menggunakan hair dryer. Namun sayang, kebanyakan hair dryer menggunakan tekologi mengeluarkan angin panas untuk mempercepat pengeringan. Lebih buruknya lagi, angin panas ini ternyata dapat merusak kesehatan dan kelembapan rambut.

Sebagai informasi, untuk pengeringan yang lebih sempurna, sebenarnya rambut tidak hanya dikeringkan di bagian atas melainkan juga di bagian bawah. Sisir yang turun secara vertikal dan kemudian diputar untuk memberikan efek gelombang halus.

Untuk lebih jelasnya, Fimela.com kali ini akan mengulas cara mengeringkan rambut yang benar tanpa menggunakan hairdryer. Dilansir dari beragam sumber, simak ulasan selengkapnya berikut ini. 

Menggunakan Kain Pengering Yang Tepat

Menggunakan Kain Pengering Yang Tepat
Ilustrasi Kain Pengering Credit: pexels.com/Dom

Kain pengering rambut yang digunakan seringkali adalah handuk. Pilihlah kain handuk yang lembut, atau bahkan kain kaos. Kain jenis ini tak akan menyakiti lapisan rambut sehingga membuat rambut tetap indah setelah dikeringkan.

Lebih Baik Melakukan Gerakan Menepuk, Bukan Menggosok Rambut

Ditepuk, Bukan Digosok
Ilustrasi Mengeringkan Rambut Credit: pexels.com/cottonbro

Kebanyakan orang mengeringkan rambut dengan cara menggosoknya. Gesekan antara rambut, serta tekstur kain akan menimbulkan rasa panas yang bisa membahayakan lapisan rambut. Oleh karena itu banyak rambut yang menjadi kusam bila dikeringkan dengan cara seperti ini meski teknik ini bisa membuat rambut kering lebih cepat.

Selama Dikeringkan, Gunakan Jari Untuk Menyisir

Selama Dikeringkan, Gunakan Jari Untuk Menyisir
Ilustrasi Jari Credit: pexels.com/Valeria

Hindari penggunaan sisir pada saat rambut basah atau setengah kering. Gunakan jemarimu untuk menyisir rambut, itupun dilakukan sesekali saja. Rambut yang belum kering berada dalam kondisi yang paling rapuh dan mudah untuk rontok.

Aplikasikan Krim Atau Serum Rambut

Aplikasikan Krim Atau Serum Rambut
Ilustrasi Serum Rambut Credit: pexels.com/Karolina

Salah satu perawatan terbaik untuk kondisi rambut setengah kering adalah dengan mengaplikasikan leave on essence atau serum. Kamu juga bisa menggunakan tonik rambut dalam kondisi ini untuk membantu menguatkan dan menyehatkan rambut hingga ke akar.

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela