Perlukah Pakai Sunscreen di Rumah? Berikut Jawaban Dokter Kulit

Anisha Saktian Putri28 Jul 2021, 16:00 WIB
Diperbarui 28 Jul 2021, 16:00 WIB
Rajin Menggunakan Sunscreen saat di rumah

Fimela.com, Jakarta Banyak yang berfikir jika sunscreen hanya wajib digunakan ketika keluar rumah untuk menghindari bahaya sinar matahari yang menyebabkan masalah pada kulit. Padahal, anggapan ini salah karena sunsreen bisa digunakan saat di rumah.

Lalu mengapa sunscreen tetap dibutuhkan saat di rumah? Dokter kulit asal New York Jody Levine, MD mengatakan meski berada di dalam rumah tidak langsung terpaparan sinar UV secara langsung, namun jendela rumah tanpa disadari dapat membuatmu terpapar sinar UV.

"Sinar UV matahari masih masuk melalui kaca jendela standar Karena itu, tabir surya tetap harus dipakai di dalam maupun di luar," ujarnya.

Selain itu, Work From Home membuat kita harus terus menatap leptop, gadget, televisi, hingga sinar lampu yang memiliki blue light dan lebih bahaya dari sinar UV. Blue Light ini tentu dapat membuat kusam dan masalah kulit lainnya, untuk itu untuk membentengi kulit kita bisa menggunakan sunsreen.

"Tidak hanya sinar ultraviolet yang dapat merusak kulit, melainkan blue light yang ada 40 persen di permukaan bumi. Bahkan sinar biru ini lebih parah dari ultraviolet yang bisa menembus kulit lebih dalam," ujar Dermatologist Dr. Melyawati SpKK kepada Fimela.

Cara pakai sunscreen yang tepat di rumah

Sunscreen
Ilustrasi Produk Tabir Surya Credit: pexels.com

Penting untuk memastikan kulit dalam keadaan kering sebelum memakai sunscreen ke seluruh permukaan wajah. Setelah mencuci wajah dan menggunakan skincare, barulah menggunakan sunscreen keseluruh wajah.

Gunakan sebelum sahabat Fimela beraktivitas, dianjurkan untuk pakai sunscreen secukupnya, tidak terlalu sedikit.

Dr. Melyawati menyarankan untuk selalu menggunakan sunscreen physical yang mengandung zinc dan bahan aktif lainnya.

reapply suncreen setidaknya setiap 2 jam sekali.

#elevate women

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela