Lewat TikTok, Dokter Mata Ungkap Bahaya Menggunakan Eyeliner di Bagian Tidak Tepat

Anisha Saktian Putri02 Agu 2021, 09:00 WIB
Diperbarui 02 Agu 2021, 09:00 WIB
Lewat TikTok, Dokter Mata Ungkap Bahaya Menggunakan Eyeliner di Bagian Tidak Tepat

Fimela.com, Jakarta Eyeliner menjadi salah satu riasan mata yang dapat membuat mata lebih tajam. Biasanya eyeliner digunakan pada pangkal garis mata bagian atas atau bawah.

Namun dalam menggunakan eyeliner harus berhati-hati, sebab memakai eyeliner di bagian mata tertentu bisa-bisa berakhir dengan kelenjar minyak yang tersumbat.

Lewat TikTok, Dr Brittani Carver-Schemper menjelaskan bahwa orang yang memakai eyeliner pada garis kulit antara bulu mata dan mata atau yang disebut garis air mata akan mengeluarkan zat seperti pasta gigi.

Sayangnya banyak orang memakai eyeliner di bagian tersebut, padahal penggunaan jangka panjang bisa berbahaya dan membuat mengalami mata kering yang parah.

Dokter mata Dr Brittani, melansir The Sun menjelaskan mengapa dokter tidak menyarankanmu memakai eyeliner di permukaan air. Sebab, ia telah memeriksa seorang pasien dan memvideokannya kerusakan apa yang dapat ditimbulkan oleh eyeliner.

“Pasien ini telah memakai eyeliner di permukaan kelenjar air matanya sejak dia masih remaja. Alasan dokter tidak menyarankan untuk memakai eyeliner di bagian tersebut adalah karena ada kelenjar khusus di sana yang memproduksi dan mengeluarkan minyak," jelas dia.

“Minyaknya harus tekstur seperti minyak zaitun tetapi penggunaan eyeliner yang salah membuat minyak terlihat lebih mirip pasta gigi. Itu berarti ada kelenjar yang tersumbat dan tidak menghasilkan air mata yang sehat,” ungkapnya.

Kelenjar yang mengeluarkan minyak dari mata
Dr Brittani menunjukkan apa yang diisi dengan garis air setelah bertahun-tahun pasien menggunakan eyeliner di permukaan airnya/dok. tiktok/bettervision
Gambar Occulus menunjukkan kerusakan yang bisa dilakukan oleh eyeliner
Gambar Occulus menunjukkan kerusakan yang bisa dilakukan oleh eyeliner//dok. tiktok/bettervision

Tidak menghasilkan air mata berkualitas

Jangan gunakan eyeliner di bagian ini/dok. tiktok/bettervision
Jangan gunakan eyeliner di bagian ini/dok. tiktok/bettervision

Dr. Britanni juga mengatakan bahwa tanpa kelenjar Meibomian yang berfungsi penuh, mata tidak dapat menghasilkan air mata yang berkualitas. Dan menyebakan mata kering. 

Dia menambahkan satu-satunya cara untuk menghindarinya adalah dengan tidak menggunakan pensil atau eyeliner cair di permukaan air.

"Apapun jenis eyelinernya, semuanya dapat menyumbat kelenjar minyak dan menyebabkan kerusakan kelenjar yang tidak dapat diperbaiki", katanya.

Mata kering adalah suatu kondisi yang mempengaruhi sekitar 20 persen orang di Inggris.

Dr Britanni menjelaskan bahwa salah satu cara untuk mendeteksi apakah kelenjar tersumbat adalah dengan menggunakan mesin Occulus, yakni mengambil gambar mata dan dapat mengungkapkan seberapa tersumbatnya kelenjar tersebut.

Berbicara kepada The Sun, Saffron Hughes, make-up artist di FalseEyelashes.co.uk mengatakan kulit di sekitar mata 10x lebih halus daripada kulit di tempat lain, jadi saat membersihkan eyeliner harus ekstra hati-hati.

Jika tidak yakin apakah menderita sindrom mata kering, seorang ahli menjelaskan seperti apa rasanya.  Jonathon Bench, Director Professional Affairs International – Dry Eye & Ocular Health di Alcon, pembuat Systane® COMPLETE – mengatakan kondisi mata kering paling sederhana digambarkan sebagai berkurangnya jumlah air mata baik karena tidak cukup memproduksi atau terlalu mudah menguap.

"Ini adalah kondisi umum; Namun, sering kali dapat disalahpahami atau dikacaukan dengan masalah terkait mata lainnya karena mereka mungkin memiliki gejala yang sama seperti mata yang mudah merah, perih dan gatal," kata dia.

Kabar baiknya adalah gejala mata kering dapat dicegah, selama tahu apa yang harus diwaspadai sehingga dapat mengidentifikasi penyebabnya dengan benar.

 

#elevate women

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela