7 Cara Mencukur Bulu Ketiak yang Baik dan Benar

Kezia Prasetya Christvidya02 Agu 2021, 17:00 WIB
Diperbarui 02 Agu 2021, 17:00 WIB
ketiak-kezo

Fimela.com, Jakarta Ketiak adalah bagian yang tertutup oleh baju dan ditumbuhi oleh bulu halus. Jika tidak rajin mencukur bulu ketiak, maka ketiak akan mudah bau dan ditumbuhi banyak bakteri.

Bulu ketiak ini mulai tumbuh saat memasuki masa pubertas. Walaupun ada sebagian orang menganggap bulu ketiak lebih baik dibiarkan tumbuh secara alami, tetapi ada juga yang beranggapan bulu ketiak harus dicukur demi menjaga kesehatan.

Tetapi karena ketiak adalah area yang sensitif, sehingga harus berhati-hati saat mencukur bulu ketiak, agar tidak menyebabkan iritasi, berdarah dan kulit ketiak menggelap. Berikut cara mencukur bulu ketiak yang baik dan benar, yang dilansir dari berbagai sumber:

Cara Mencukur Bulu Ketiak

ketiak-kezo
ilustrasi bulu ketiak/ Sofia Zhuravetc/shutterstock

1. Gunakan Minyak Alami

Ketiak adalah bagian yang sensitif, sehingga sebelum mencukur bulu ketiak, sebaiknya oleskan minyak alami seperti minyak argan atau minyak zaitun, sebagai pelembap untuk melindungi area ketiak. Minyak alami ini dioleskan 5 jam atau semalaman sebelum mencukur ketiak.

2. Pilih Pisau Cukur yang Tepat

Untuk mencukur bulu ketiak, sebaiknya cukur dengan pisau cukur yang memiliki mata pisau tajam dan bagian yang lembu, agar bulu ketiak segera tercukur. Hindari menggunakan pisau cukur yang tumpul dan berkarat, karena bisa menyebabkan iritasi pada ketiak.

3. Cukur Arah Berlawanan

Saat mencukur bulu ketiak, usahakan untuk mencukur bulu dengan arah yang berlawanan dengan pertumbuhan bulu. Hal ini bisa menyebabkan ketiak lebih halus dan bersih.

4. Cukur Saat Mandi

Mencukur bulu ketiak bisa dilakukan saat mandi. Nyalakan shower dan gunakan air yang dingin, maka mencukur bulu ketiak akan lebih mudah dan cepat bersih.

Cara Mencukur Bulu Ketiak Selanjutnya

ketiak-kezo
ilustrasi bulu ketiak/Roman Samborskyi/shutterstock

5. Cukur Saat Malam

Waktu terbaik untuk mencukur bulu ketiak adalah saat malam, karena area ketiak akan lebih banyak bernafas saat malam, terhindar dari aktivitas yang mengeluarkan keringat dan bebas dari deodoran.

6. Oleskan Pelembap

Setelah mencukur bulu ketiak, sebaiknya oleskan pelembap anti iritasi di area ketiak. Kamu bisa mengoleskan minyak kelapa, minyak zaitun atau minyak argan. Hindari penggunaan produk berbahan kimia seperti deodoran, setelah mencukur bulu ketiak.

7. Bersihkan Alat Cukur

Kemudian agar alat cukur tetap awet dan tidak mengiritasi ketiak, sebaiknya rutin membersihkan alat cukur setelah digunakan, dengan cara membersihkan alat cukur di air yang mengalir, lalu keringkan sampai kering agar tidak berkarat.

Cara Mencerahkan Bulu Ketiak

ketiak-kezo
ilustrasi bulu ketiak/L Julia/shutterstock

Ketiak akan mudah berubah warnanya menjadi lebih gelap, jika sering mencukur bulu ketiak, terkena gesekan dengan baju, sering menggunakan deodoran dan banyak sel kulit mati yang menumpuk.

Untuk menjaga area ketiak tetap cerah alami, kamu harus merawat area ketiak dengan menggunakan masker alami, yang terbuat dari campuran lemon, kunyit dan tea tree oil. Bahan alami tersebut memiliki kandungan antibakteri dan antiinflamasi, sehingga bisa membunuh bakteri di ketiak dan mencerahkan ketiak.

Kamu bisa mencampurkan air perasan lemon, bubuk kunyit dan tea tree oil hingga membentuk pasta, lalu aplikasikan secara merata di area ketiak, diamkan hingga 30 menit dan bilas sampai bersih dengan air dingin. Usahakan untuk melakukan secara rutin agar hasilnya maksimal.

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela