Sukses

Beauty

7 Tips Perawatan Kulit Sebelum Tidur Agar Awet Muda

Fimela.com, Jakarta Kulit yang mengalami penuaan dini dapat menyebabkan seseorang merasa tdak percaya diri. Sehingga banyak perempuan menginginkan memiliki kulit yang awet muda. Kulit awet muda ini sangat mudah didapatkan, jika melakukan perawatan kulit secara rutin sebelum tidur.

Perawatan kulit sebelum tidur dilakukan dengan mengaplikasikan skincare. Skincare yang digunakan adalah yang memiliki kandungan anti aging. Karena kandungan tersebut berfungsi untuk mencegah penuaan dini, mencerahkan kulit dan membantu meningkatkan produksi kolagen di malam hari.

Tentu saja, melakukan perawatan kulit agar awet muda ini, harus tetap diimbangi dengan olahraga, tidur cukup dan mengonsumsi makanan yang bergizi. Lakukan perawatan kulit secara rutin untuk mendapatkan hasil yang optimal. Berikut tips perawatan kulit sebelum tidur, agar awet muda:

Tips Perawatan Kulit yang Pertama

1. Double Cleansing

Setelah seharian melakukan aktivitas, pastinya banyak debu, kotoran dan sisa makeup yang menempel di kulit wajah. Untuk itu, ada baiknya melakukan double cleansing atau mencuci wajah dengan dua tahapan sebelum tidur. Tahapan pertama gunakan micellar water atau cleansing oil, kemudian gunakan facial wash di tahapan yang kedua.

2. Gunakan Toner

Penggunaan toner sebelum tidur bisa membantu merawat kulit agar terlihat lebih awet muda. Sebaiknya gunakan hydrating toner dan eksfoliasi toner secara bergantian. Hydrating toner berfungsi untuk menyegar dan menghidrasi kulit wajah, sedangkan eksfoliasi toner bisa digunakan seminggu 2 kali, untuk mengangkat sel kulit mati.

3. Gunakan Serum

Setelah menggunakan toner, rawatlah wajahmu menggunakan serum yang tepat untk jenis kulit. Pilihlah serum yang mengandung niacinamide, vitamin C atau retinol, yang memiliki konsentrasi tinggi. Fungsi dari serum ini untuk merawat kulit agar tampak lebih awet muda.

Tips Perawatan Kulit yang Selanjutnya

4. Gunakan Pelembap

Pelembap atau krim malam sangat wajib digunakan saat malam hari. Pelembap bisa membantu mempercepat proses regenerasi kulit, membuat kulit tetap terhidrasi, melembapkan dan memperbaiki tekstur kulit. Selain itu, pelembap akan membuat makeup lebih menempel.

5. Eye Cream

Karena kulit di area mata memiliki lapisan yang lebih tipis daripada area kulit lainnya, sebaiknya gunakan krim khusus untuk mata atau eye cream. Krim mata ini berfungsi untuk mengurangi mata sembap, mencerahkan area mata, menghilangkan kantong mata dan menghilangkan garis halus sekitar mata. Gunakan secara rutin pada malam hari.

6. Aplikasikan Sleeping Mask

Jangan lupa gunakan sleeping mask sebelum tidur, untuk mengunci skincare malammu. Sleeping mask adalah masker wajah yang digunakan setelah serangkaian skincare teraplikasikan di wajah. Sleeping mask ini dibiarkan semalaman tanpa dibilas. Sleeping mask memiliki fungsi untuk menghidrasi kulit, meningkatkan produksi kolagen dan mencerahkan kulit.

7. Pelembap Bibir

Terakhir, jangan lupa untuk menggunakan pelembap bibir sebelum tidur. Pelembap bibir bisa membantu merawat bibir yang kering, setelah seharian menggunakan lipstik. Pelembap bibir juga bisa mencerahkan bibir yang gelap dan mencegah bibir pecah-pecah.

Kandungan Skincare untuk Mencegah Penuaan Dini

Dalam produk skincare yang digunakan sebelum tidur, memiliki kandungan bahan aktif, yang bisa mencegah penuaan dini dan membuat kulit tampak sehat. Biasanya bahan aktif yang terkandung dalam skincare adalah niacinamide, AHA, BHA, retinol, allantoin, hyaluronic acid, ceramide, vitamin C dan vitamin E. Kandungan tersebut merupakan brightening agents yang bisa mencerahkan kulit, sekaligus membantu mempercepat produksi kolagen serta proses regenerasi kulit.

Selain itu, produk skincare yang memiliki kandungan yang terbuat dari bahan alami juga dapat digunakan pada malam hari. Bahan alami dalam skincare dapat membantu merawat kulit agar tampak awet muda. Sahabat Fimela bisa memilih produk skincare dengan kandungan ekstrak teh hijau, minyak zaitun, ekstrak air beras, ekstrak lemon dan lain sebagainya.

Hati-hati menggunakan kandungan bahan aktif yang dapat mencerahkan kulit, seperti AHA, BHA, dan retinol. Kandungan tersebut lebih aman digunakan pada malam hari dan jangan asal mengkombinasi bahan aktif dalam skincare. Gunakan produk sunscreen di pagi hari dengan kandungan minimal 30 SPF.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading