3 Cara Reapply Sunscreen yang Benar Agar Makeup Tidak Rusak

Kezia Prasetya Christvidya03 Agu 2021, 14:00 WIB
Diperbarui 03 Agu 2021, 14:00 WIB
Cantik/mlg

Fimela.com, Jakarta Salah satu rangkaian skincare yang tidak boleh dilewatkan, yaitu menggunakan suncreen di pagi dan siang hari, untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Beberapa dokter kulit menganjurkan, agar melakukan reapply sunscreen setiap 4 jam sekali. Reapply sunscreen ini bisa melindungi kulit secara optimal. Karena sunscreen mudah luntur setelah terkena keringat atau minyak wajah.

Namun sayangnya sebagian orang merasa, kalau reapply sunscreen bisa merusak makeup. Agar makeup tidak rusak, berikut cara reapply sunscreen yang benar, dilansir dari berbagai sumber:

Cara Reapply Sunscreen yang Benar

skincare-kezo
ilustrasi skincare/aslysun/shutterstock

1. Gunakan Sunscreen Spray

Saat menggunakan makeup, kamu bisa melakukan reapply sunscreen menggunakan sunscreen spray. Jenis sunscreen ini sangat mudah digunakan dan tidak membuat makeup rusak. Cukup semprotkan produk ke wajah dan biarkan hingga mengering.

2. Gunakan Sunscreen Setelah Wudhu

Sunscreen diaplikasikan kembali setelah wudhu. Setelah selesai sholat, keringkan kembali wajah dengan tisu. Lalu ulangi penggunaan sunscreen sebanyak 2 jari. Jangan lupa untuk menyemprotkan face mist sebelumnya, agar wajah lebih segar.

3. Touch Up dengan Bedak

Agar makeup tidak rusak, kamu bisa reapply sunscreen dengan bedak tabur atau compact powder. Pastikan bedak yang digunakan memiliki kandungan uv protection. Caranya dengan lap keringat dan minyak yang menempel di wajahmu, dengan tisu kering atau kertas minyak, kemudian aplikasikan bedak ke wajah.

Alasan Wajib Reapply Sunscreen

skincare-kezo
ilustrasi skincare/siro46/shutterstock

1. Proteksi Sunscreen Semakin Menurun

Setelah seharian beraktivitas dan semakin lama terkena paparan sinar matahari, proteksi sunscreen untuk menetralisir sinar matahari akan semakin menurun, sehingga perlu melakukan reapply sunscreen.

2. Mencegah Penuaan Dini

Melakukan reapply sunscreen wajib untuk dilakukan. Karena sunscreen bisa membantu mencegah tanda-tanda penuaan dini, yang disebabkan oleh paparan sinar matahari, seperti hiperpigmentasi kulit, munculnya noda hitam, elastisitas kulit berkurang dan kulit tampak kemerahan.

3. Tak Sengaja Terhapus

Alasan yang terakhir, yaitu biasanya tanpa sengaja dan tanda sadar, sunscreen yang menempel di wajah terhapus oleh keringat. Sunscreen juga bisa saja terhapus kalau kamu sering memegang wajah, menepukkan spons bedak ke wajah dan mengelap wajah dengan tisu. Sehingga sangat penting melakukan reapply sunscreen.

Anjuran Menggunakan Sunscreen

sunscreen-kezo
ilustrasi cara mengaplikasikan suncreen yang baik dan benar/verona studio/shutterstock

Menurut Food and Drug Administration (FDA), yang merupakan lembaga yang mengatur makanan dan obat di Amerika Serikat, anjuran menggunakan sunscreen adalah memilih produk sunscreen yang memiliki spektrum luas, agar kulit wajah terhindar dari paparan sinar UVA dan UVB yang berasal dari matahari.

Kemudian, ulangi penggunakan sunscreen setiap 4 jam sekali jika berada di dalam rumah atau gedung. Tetapi kalau kamu beraktivitas di luar ruangan dan berenang, lakukan reapply sunscreen setiap 2 jam sekali. Usahakan untuk menggunakan sunscreen sebanyak 2 jari dan diaplikasikan ke seluruh wajah dan leher.

Jangan lupa untuk menggunakan sunscreen dengan kandungan minimal SPF 30 jika di dalam ruangan. Sedangkan untuk di luar ruangan, gunakan sunscreen SPF 50 agar kulit lebih terlindungi. Kamu juga bisa memilih chemical sunscreen atau physical sunscreen, tergantung dengan jenis kulitmu.

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela