Perbedaan Body Serum, Body Yoghurt, dan Body Butter

Kezia Prasetya Christvidya12 Agu 2021, 15:17 WIB
Diperbarui 12 Agu 2021, 15:17 WIB
[Fimela] Body Lotion

Fimela.com, Jakarta Berbagai macam produk body care bisa digunakan untuk merawat kulit tubuh, yang berfungsi untuk melembapkan kulit, mencerahkan kulit, melembutkan tekstur kulit dan bisa membantu meremajakan kulit.

Terlihat mirip, tetapi produk body care seperti body serum, body yoghurt dan body butter memiliki perbedaan yang jelas, mulai dari tekstur, aroma hingga kandungan yang terdapat dalam produk tersebut.

Sebelum menggunakan produk body care tersebut, lebih baik kenali perbedaannya terlebih dahulu, agar hasilnya lebih optimal untuk merawat kulit. Berikut perbedaan body serum, body yoghurt dan body butter, yang dilansir dari berbagai sumber:

Body Serum

Body Lotion
Ilustrasi body lotion/copyright shutterstock

Tak hanya wajah saja yang memerlukan serum untuk melembapkan kulit. Serum juga bisa digunakan untuk merawat kulit tubuh, yang memiliki formula ringan dengan konsentrasi tinggi, untuk membantu mengatasi masalah kulit.

Body serum adalah produk body care yang terbuat dari bahan berbasis air, sehingga lebih cepat meresap ke dalam kulit, jika dibandingkan dengan produk body care lainnya. Body serum adalah produk yang cocok digunakan untuk kulit yang sangat kering, karena mengandung antioksidan, asam glikolat, asam laktat dan asam hyaluronat yang diperlukan kulit.

Body serum tidak lengket jika digunakan, namun lebih menutrisi kulit dan mempercepat proses regenerasi kulit. Produk ini dapat digunakan setelah mandi, dan sebelum penggunaan lotion lainnya. Contoh body serum yang bisa digunakan yaitu Mineral Botanica Body Serum Season Series, Natur-E White Brightening Hand & Body Serum, Garnier Light Complete White Body Serum Milk UV Lotion, Nivea Extra White Body Serum Hijab Cooling dan lain sebagainya.

 

Body Yoghurt

handbody-kezo
ilustrasri hand body/LightField Studios/shutterstock

Hampir sama dengan minuman yoghurt, body yoghurt memiliki tekstur yang creamy, kental dan beraroma seperti susu. Produk body yoghurt juga bisa digunakan untuk melembapkan kulit yang kering.

Kandungan yang terdapat di dalam body yoghurt yaitu gliserin dan hyaluronic acid, yang berfungsi untuk menjaga kelembapan kulit, dengan mengunci cairan yang ada di dalam lapisan kulit. Kandungan body yoghurt biasanya terbuat dari ekstrak tumbuhan, ekstrak bunga dan buah-buahan, yang dicampur dengan susu.

Walaupun teksturnya kental dan creamy, tetapi body yoghurt tidak lengkep saat digunakan di kulit, karena berbahan dasar air yang mudah diserap kulit. Rekomendasi body yoghurt yang bisa digunakan setiap hari yaitu The Body Shop Cactus Blossom Body Yogurt, Watson Milk Yogurt Hand Cream Banana, Vaseline Strawberry Body Yogurt with Prebiotics, Marina UV SPF30 Yogurt & Acai Berry, dan lain sebagainya.

Body Butter

skincare-kezo
ilustrasi skincare/evrymmnt/shutterstock

Body butter merupakan produk body care yang berbasis oil, dengan tekstur yang kental dan berat. Produk body butter hanya mengandung sedikit air, sehingga teksturnya hampir mirip seperti mentega atau butter.

Body butter bisa membuat kulit sangat lembap walaupun hanya menggunakan sedikit produk. Kandungan yang terdapat di dalam body butter adalah minyak esensial seperti cocoa butter, shea butter, biji mangga, coconut oil, olive oil dan jojoba oil.

Body butter merupakan sebuah produk body care, yang teksturnya tidak secair body serum atau body yoghurt. Produk ini bisa digunakan setelah mandi atau sebelum tidur. Contoh produk yang bisa digunakan untuk merawat kulit keringmu adalah Original Source Mango Body Butter, Wardah Creamy Body Butter Rose, Herborist Body Butter Matcha Milk, Viva Cosmetics White Rose Body Butter, Mustika Ratu Zaitun Body Butter, Bali Ratih Body Butter White Rose dan lain sebagainya.

 

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela