Viral TikTok Perawatan Wajah Menggunakan Timun Beku, Bahaya atau Tidak?

Anisha Saktian Putri18 Agu 2021, 11:00 WIB
Diperbarui 18 Agu 2021, 11:00 WIB
Penggunan TikTok memposting perawatan wajah menggunakan timun beku

Fimela.com, Jakarta Menurut para ahli kecantikan, perawatan wajah dengan sayuran terjadi dapat mengurangi lingkaran gelap pada mata, mengatasi jerawat, hingga menghidrasi kulit.

Pengguna TikTok @emmafreece pun membagikan perawatan wajah menggunakan sayuran yaitu mengenakan timun yang dibekukan. Ia mengklaim jika timun beku bermanfaat membuat kulit kusam menjadi bercahaya.

Lalu bagaimana cara mengenakannya? Setelah timun utuh dibekukan, langsung saja kenakan di wajah selama 10-15 menit sambil memijat-mijat wajahmu. 

Biasanya, dilakukan di pagi hari setelah pembersihan wajah. Setelah perawatan timum, lalu gunakan pelembap dan SPF. Namun beberapa pengguna juga suka melakukan perawatan di malam hari agar wajah lebih rilex.

Menurut Alexa Loebel, TikToker yang memulai tren, perewatan dengan mentimun beku memberi kulit bercahaya, mengurangi kemerahan dan pori-pori, dan membantu mengatasi jerawat, lingkaran hitam, dan hidrasi.

Sekarang, tagar #FrozenCucumberHack TikTok telah mencapai lebih dari 12 juta tampilan di aplikasi, diisi dengan pengguna yang berbagi pengalaman mereka sendiri. 

Seorang pengguna di bawah tagar, Emma Freece, mengklaim bahwa perawatan timun beku membuat garis-garis halusnya kurang terlihat setelah 17 hari berturut-turut menggunakan perawatan ini. Dia memotong ujung mentimun setiap hari untuk mencegah bakteri.

Bagaimana kata ahli?

Masker Mentimun
Ilustrasi masker mentimun (Sumber: pexels)

Dalam wawancara dengan Refinery29, dokter dan direktur klinik Joyful Skin, Dr Kemi Fabusiwa, menjelaskan bahwa mentimun selalu menjadi bahan perawatan kulit yang populer karena efek pendinginan dan kadar asam askorbat (vitamin C) yang tinggi.  

Bila digunakan terus menerus, ini bisa mencerahkan kulit, meningkatkan kadar kolagen, dan membantu kulit melawan agresor lingkungan, seperti polusi.Melanjutkan, dokter menyarankan bahwa makan mentimun akan menjadi cara yang lebih aman untuk mendapat manfaatnya.  

"Ini karena tingginya kadar asam dalam beberapa makanan, yang dapat menyebabkan iritasi yang signifikan jika digunakan secara tidak tepat," katanya.

Demikian pula, dokter TikToker populer, Dr. Karan Raj, menyanggah tren di aplikasi tersebut.

 “Mentimun beku memiliki kandungan air yang tinggi, sehingga dapat membantu meoembapkan kulit jika memakannya.  Kulit yang terhidrasi dengan baik akan terlihat lebih penuh, tetapi untuk melakukannya dengan benar, minumlah air yang cukup,” katanya.  

“Sedangkan mentimun beku dapat menyebabkan pembuluh darah di permukaan kulit menyempit, untuk sementara mengurangi bengkak atau kemerahan,” tambahnya.

Jadi menurut para dokter sebaiknya timun dimakan untuk mendapatkan manfaat bagi kulit. Dan tidak disarankan untuk perawatan timun beku. 

#elevate women

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela