Sukses

Beauty

3 Tips Memilih Sunscreen Saat di Rumah Saja

Fimela.com, Jakarta Sunscreen adalah salah satu produk skincare yang tidak boleh dilewatkan penggunaannya. Sunscreen atau tabir surya berfungsi untuk melindungi kulit wajah, agar terhindar dari paparan sinar matahari dan mencegah hiperpigmentasi kulit.

Walaupun hanya di rumah saja, tetapi sunscreen harus tetap digunakan secara rutin. Karena sinar matahari tetap bisa masuk ke dalam rumah, dan bisa menyebabkan berbagai macam masalah kulit.

Ciri-ciri kulit wajah yang jarang menggunakan sunscreen, yaitu mengalami tanda-tanda penuaan dini seperti munculnya flek hitam, muncul keriput di wajah, warna kulit tidak merata, kemerahan dan iritasi. Berikut tips memilih sunscreen saat di rumah saja:

Tips Memilih Sunscreen

1. Pilih Jenis Sunscreen

Tips memilih sunscreen saat di rumah saja, yaitu memilih jenis sunscreen yang tepat untuk kulit. Sunscreen terbagi dalam 3 jenis yaitu chemical sunscreen, physical sunscreen dan hybrid sunscreen. Chemical sunscreen cocok digunakan untuk kulit kombinasi dan berminyak, karena mengurai sinar matahari dan melepaskannya. Physical sunscreen atau mineral sunscreen, adalah sunscreen yang cocok untuk kulit kering dan sensitif, karena bisa memantulkan sinar matahari.

Sedangkan jenis hybrid sunscreen adalah sunscreen yang terbuat dari gabungan chemical sunscreen dan physical sunscreen. Jenis ini bisa digunakan untuk semua jenis kulit, karena teksturnya ringan seperti chemical sunscreen, dan cara kerjanya seperti physical sunscree.

2. Pilih yang Mengandung Minimal SPF 30

Jika berada di rumah saja, kamu bisa memilih sunscreen yang memiliki kandungan uv protection minimal SPF 30. Sunscreen SPF 30 sudah bisa memberikan perlindungan ekstra untuk kulit. Tetapi kalau kamu harus berpergian keluar rumah, gunakan sunscreen dengan SPF 50.

3. Gunakan Sunscreen Spray

Sunscreen terbuat dari tekstur yang berbeda-beda, ada yang krim, gel dan spray. Karena sunscreen harus di re-apply setiap 4jam sekali, kamu bisa menggunakan sunscreen spray yang lebih mudah dan praktis untuk digunakan.

Alasan Wajib Menggunakan Sunscreen di Rumah Saja

Sering kali kita melupakan penggunaan sunscreen, saat berada di rumah saja atau di dalam ruangan. Padahal sunscreen harus tetap digunakan, walaupun kulit wajah tidak terkena sinar matahari secara langsung. Sebenarnya sinar UVA dan UVB dari matahari, tetap bisa masuk ke dalam rumah atau ruangan melalui jendela, pintu, ventilasi dan sela-sela cahaya lainnya.

Cahaya matahari yang menembus masuk ke dalam ruangan ini, bisa memberikan efek buruk bagi kulit wajah yang tidak menggunakan sunscreen. Di rumah saja juga tetap bisa terbakar sinar matahari. Selain itu, sinar matahari juga bisa memicu munculnya tanda-tanda penuaan dini pada kulit wajah, seperti flek hitam, hiperpigmentasi kulit, muncul keriput atau garis halus, bahkan bisa menyebabkan kanker kulit.

Cara menggunakan sunscreen saat di rumah saja, yaitu dengan membersihkan wajah terlebih dahulu di pagi hari. Kemudian aplikasikan toner yang berfungsi untuk mencerahkan, menyegarkan dan menghidrasi kulit wajah. Setelah itu gunakan essence atau serum, yang berfungsi untuk menyembuhkan masalah kulit yang kamu alami. Lalu aplikasikan pelembap, untuk melembapkan dan mengontrol minyak di kulit. Terakhir, kamu bisa mengaplikasikan sunscreen ke wajah dan leher, dengan takaran sebanyak 2 jari. Lalu ulangi penggunaan sunscreen setiap 4 jam sekali, agar perlindungan sunscreen lebih maksimal dan mencegah tanda-tanda penuaan dini.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading