Sukses

Beauty

3 Tips Memilih Serum Wajah yang Tepat Agar Bekerja Lebih Efektif dan Maksimal

Fimela.com, Jakarta Memiliki kulit yang sehat, kencang, dan awet muda tentu menjadi dambaan setiap orang. Untuk mencapainya, maka perlu dilakukan perawatan kulit dengan cara yang tepat. Salah satunya adalah dengan menggunakan serum wajah.

Serum wajah adalah produk ringan yang mengandung bahan aktif dengan konsentrasi tinggi. Mereka menyerap dengan cepat ke dalam kulit, sehingga menjadikannya step skincare yang sangat baik setelah membersihkan wajah.

Namun sayangnya, pemilihan serum menjadi lebih menantang seiring semakin banyak varian serum wajah yang beredar di pasaran. Menurut ahli dermatologis, dr. Claudia Christin, PhD., ada 3 cara untuk memilih skincare termasuk serum yang tepat. Penasaran? berikut selengkapnya.

1. Ketahui jenis kulit

Hal utama yang harus diperhatikan menurut dr. Claudia adalah mengetahui jenis kulit. Hal ini diperlukan agar serum dapat bekerja secara maksimal pada kulitmu. Pada umumnya, terdapat 3 jenis kulit yang umum ditemui, yaitu kulit berminyak, kering, dan kombinasi.

Untuk mengetahui jenis kulit caranya mudah, yaitu dengan melakukan ‘the bare face method’. Cukup cuci wajahmu dengan sabun yang gentle. Kemudian keringkan, biarkan selama 30 menit tanpa menggunakan skincare apapun. Lalu, perhatikan jumlah minyak pada kulit wajahmu.

“Jika kulitmu terlihat memiliki kilauan cahaya pada banyak bagian wajah seperti dahi, hidung, dan pipi, maka jenis kulitmu adalah berminyak (oily). Apabila kilauan cahaya hanya terlihat di area hidung dan dahi, maka jenis kulitmu kombinasi (normal/combination). Dan apabila kulitmu terasa ketarik atau kering terutama saat membuat ekspresi wajah, maka jenis kulitmu adalah kering (dry),” jelas dr. Claudia dalam webinar Wardah, Minggu (22/8/2021).

2. Ketahui kebutuhan kulit

Selanjutnya, kamu juga harus mengetahui kebutuhan kulit agar skincare yang digunakan tepat sasaran.

“Apakah kamu memiliki masalah hyperpigmentation, jerawat, atau kerutan. Jadi kita harus ketahui lebih dahulu apa kebutuhan atau tujuan utama kulit kita,” kata dr. Claudia.

3. Cari solusi yang sesuai jenis kulit

Setelah mengetahui jenis kulit dan kebutuhan kulit, pemula harus mencari tahu solusi yang bisa dilakukan. Apalagi kini semakin banyak produk skincare yang beredar dipasaran. Oleh karena itu, kamu harus pintar-pintar memilih produk skincare yang sesuai dengan tujuan atau kebutuhan kulit.

Untuk jenis kulit yang berminyak, pilih tekstur kulit yang ringan serta memilih kandungan yang bisa bantu mengontrol minyak. Misalnya Niacinamide, Salicylic Acid, dan Zinc.

Sebagai brand pionir kosmetik halal, Wardah berinovasi meluncurkan berbagai serum yang dapat dipilih berdasarkan kebutuhan kulit. Di antaranya meliputi Hydra Rose, Renew You, C-defense, White Secret, dan Lightening.

Seperti Hydra Rose Micro Gel, serum yang dapat melembapkan dan memperbaiki skin barrier, cocok untuk kulit kering, dehidrasi, dan sensitif. Atau Renew You Anti Aging Intensive Serum merupakan serum yang dapat menyamarkan kerutan kulit, menstimulasi pembentukan kolagen dan membuat kulit lebih kencang serta elastis, cocok digunakan untuk semua jenis kulit.

Secara umum, semua serum Wardah dapat dilayer berdasarkan kebutuhan kulit masing-masing. Beberapa layering serum yang direkomendasikan ialah Hydra Rose dengan Lightening untuk menghidrasi dan menenangkan barrier kulit serta White Secret dengan C-defense untuk mencerahkan dan meratakan warna kulit.

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading