4 Cara Terbaik Mengatur Rambut dengan Tekstur yang Mengembang

Fimela Reporter01 Sep 2021, 18:30 WIB
Diperbarui 01 Sep 2021, 18:30 WIB
4 Tips Terbaik untuk Mengatur Rambut Yang Mengembang

Fimela.com, Jakarta Menjadi bagian penting dalam penampilan, rambut merupakan salah satu mahkota yang harus kita rawat agar tetap cantik dan tampil rapih. Merawat dan mengatur rambut agar tetap lembut dan cantik menjadi hal penting bagi kaum perempuan. Namun, bagaimana jika rambut kita secara natural membutuhkan perawatan ekstra?

Seperti tipe rambut bergelombang dan keriting. Menurut besthealthmag.ca, rambut bergelombang dan keriting pada dasarnya memang memiliki tekstur yang lebih kering dari rambut lurus. Maka dari itu, mengatur tipe rambut ini memang membutuhkan perawatan yang lebih daripada rambut halus.

Cuaca panas dan matahari yang terik juga dapat menjadi salah satu faktor rambut kita kekurangan hidrasi dan menjadi kering. Rambut kering akan menyerap oksigen yang lebih banyak, sehingga rambut akan secara alami terlihat mengembang. 

Namun, tak perlu khawatir, terdapat beberapa tips untuk Sahabat Fimela yang memiliki rambut mengembang dan kering. Tips ini dapat diaplikasikan kepada semua tipe rambut, dari keriting hingga rambut kering mengembang.

Kunci kelembaban pada rambut

4 Tips Terbaik untuk Mengatur Rambut Yang Mengembang
Menggunakan produk rambut yang memiliki kandungan air dan mineral sehingga dapat menghidrasi rambut secara penuh (pexels.com/Tara Winstead)

Untuk menghindari rambut mengembang yang berlebih, kita dapat menyiasatinya dengan menggunakan produk shampo yang dapat memberikan kelembaban ekstra bagi rambut. Memilih shampo yang bebas dari kandungan sulfat menjadi pilihan tepat bagimu yang memiliki rambut kering.

Selain itu, produk pendukung seperti conditioner dan produk perawatan rambut lainnya menjadi kunci penting untuk mengunci kelembaban rambut. Tambahkan masker rambut serta minyak rambut untuk mengatur rambut mengembang. 

Tips dalam mengunci kelembaban rambutmu adalah dengan membersihkannya secara cukup. Membersihkannya secara berlebih dengan cara memakai shampo berkali-kali dalam satu tahap pencucian rambut, akan membuat rambutmu kehilangan kelembabannya. Hal ini malah akan meningkatkan kekeringan dalam rambutmu.

Jangan pergi dengan keadaan rambut basah.

4 Tips Terbaik untuk Mengatur Rambut Yang Mengembang
Mengeringkan rambut secara menyeluruh akan menghindari tampilan rambut kering (pixabay.com)

Agar mencegah rambut mengembang secara berlebih, hindari keluar dari rumah dengan keadaan rambut masih basah ataupun setengah basah. Rambut yang masih basah, jika terkena paparan sinar matahari akan menyerap oksigen yang berlebih. Sehingga, rambutmu akan terlihat semakin kering dan mengembang.

Pastikan kamu mengeringkan rambutmu secara menyeluruh sebelum kamu beraktivitas. Pada saat mengeringkan pastikan kamu memproteksi rambutmu dari panas hair dryer dengan minyak rambut atau kondisioner tanpa bilas. Hal ini agar rambutmu tidak mengalami dehidrasi pada saat proses pengeringan. Memilih hair dryer yang memiliki panas ionic juga dapat membantu mengurangi rambut kering.

Jangan menyentuh rambut secara berlebihan

4 Tips Terbaik untuk Mengatur Rambut Yang Mengembang
Menyentuh rambut secara berlebihan dapat membuatnya terlihat kering serta mengembang (pexels.com/Curve)

Cara termudah untuk menghindari rambut mengembang secara berlebih adalah dengan jangan menyentuh rambut terlalu sering. Memegang atau menyentuh rambut dalam jangka waktu sering akan mempercepat kerusakan rambut yang akan mengakibatkan keringnya rambut.

Agar tidak merubah bentuk rambutmu, gunakanlah hairspray. Menurut glamour.com, menggunakan hairspray menjadi pilihan yang tepat bagi rambut kering. Hal ini dilakukan untuk mengunci bentuk rambutmu agar menghindari mengembangnya rambut.

Gunakan sisir yang tepat

4 Tips Terbaik untuk Mengatur Rambut Yang Mengembang
Pilih sisir yang tepat untuk rambutmu (pexels.com/cottonbro)

Memilih sisir yang tepat juga menjadi kunci untuk menghindari rambut mengembang secara berlebih. Untuk tipe rambut yang bergelombang dan keriting, akan lebih baik jika memilih sisir yang natural dengan bristle. Meskipun jenis sisir ini terlihat memiliki tekstur yang agak kasar, tetapi sisir ini akan dengan halus menyisir rambutmu tanpa menarik akar rambut.

Menurut luxyhair.com, sisir dengan bristle ini memiliki kemampuan untuk mendistribusikan minyak alami dari akar rambut hingga ujung rambut. Sehingga membuat rambutmu terlihat lebih halus dan juga teratur. 

 

*Penulis: Meisie Cory.

#Elevate Women

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela