Sukses

Beauty

7 Urutan Membersihkan Wajah di Pagi Hari untuk Semua Jenis Kulit

Fimela.com, Jakarta Sebagian orang beranggapan kalau mencuci wajah di pagi hari, dapat membuat minyak alami di wajah menghilang. Padahal saat pagi hari, Sahabat Fimela perlu membersihkan wajah untuk menjaga kesehatan kulit. Karena membersihkan wajah dengan air saja kurang cukup.

Membersihkan wajah di pagi hari, bisa memberikan manfaat yang sangat baik untuk wajah. Manfaat membersihkan wajah yaitu membersihkan kotoran yang menempel di kulit, menyegarkan wajah sebelum beraktivitas, dan menghidrasi kulit. Bahkan bisa membantu mencegah timbulnya jerawat atau kulit kusam.

Ada urutan membersihkan wajah di pagi hari, agar lebih optimal saat mengatasi masalah kulit. Jika salah mengurutkannya, maka akan menambah masalah pada kulit. Berikut urutan membersihkan wajah di pagi hari:

Urutan Membersihkan Wajah di Pagi Hari

1. Memercikkan Air Dingin ke Wajah

Urutan pertama membersihkan wajah di pagi hari, yaitu dengan memercikkan air dingin ke wajah. Memercikkan air ke wajah atau membasuh wajah dengan air saja, bisa membuat kulit wajah terhidrasi di pagi hari, dan membuat kulit tidak kaget saat terkena produk skincare.

2. Biarkan Air Meresap

Air percikan yang digunakan untuk membasuh wajah, biarkan saja hingga mengering dengan sendirinya. Fungsinya untuk membuat kulit wajah lebih lembap, dan kulit terhindar dari gesekan tisu atau handuk.

3. Gunakan Sabun Wajah

Urutan yang selanjutnya, kamu bisa menggunakan sabun wajah di pagi hari, bersamaan saat mandi pagi. Gunakan sabun wajah yang bersifat oil control dan teksturnya gentle. Sehingga tidak membuat kulit wajah menjadi iritasi, produksi minyak lebih terkontrol, dan kulit terlihat lebih segar.

4. Gunakan Toner Hidrasi

Toner hidrasi adalah toner yang berfungsi untuk menghidrasi wajah. Toner hidrasi ini bisa digunakan setelah membersihkan wajah dengan sabun. Usahakan mengaplikasikan toner hidrasi, dengan menuangkan toner ke tangan dan langsung aplikasikan ke wajah. Hindari penggunaan kapas di pagi hari, untuk menghindari over eksfoliasi kulit dan kulit jadi kemerahan.

Urutan Membersihkan Wajah di Pagi Hari Selanjutnya

5. Pakailah Serum

Diurutan yang selanjutnya setelah wajah bersih, kamu bisa menggunakan serum yang sesuai dengan kebutuhan kulit, seperti serum yang mengandung vitamin C, niacinamide, hyaluronic acid, atau hydrating agents lainnya. Serum ini berfungsi untuk menjaga kulit wajah tetap tehidrasi, kelembapan terjaga, dan mengunci cairan pada lapisan kulit.

6. Gunakan Pelembap

Jika serum sudah meresap ke dalam kulit wajah, jangan lupa untuk menggunakan pelembap di pagi hari. Seperti namanya, pelembap memiliki fungsi untuk membantu melembapkan kulit wajah. Pelembap juga bisa membantu mencerahkan wajah, mengontrol produksi minyak, dan membuat makeup menempel lebih lama di kulit. Selain itu, pelembap juga membantu mencegah tanda-tanda penuaan dini pada kulit wajah.

7. Jangan Lupa Gunakan Sunscreen

Urutan yang terakhir, yaitu menggunakan sunscreen atau tabir surya di pagi hari. Sunscreen memiliki fungsi untuk memberikan perlindungan ekstra pada kulit, agar kulit tidak terkena paparan langsung sinar matahari. Gunakan sunscreen dengan kandungan minimal SPF 30, dan ulangi penggunaan sunscreen setiap 4 hingga 6 jam sekali.

Saran Sabun Wajah untuk Pagi Hari

Saat pagi hari, kamu bisa membersihkan wajah dengan sabun muka, yang berfungsi untuk menyeimbangkan pH kulit. Bagi pemilik kulit normal, pH kulit yang normal adalah 5.5. Sedangkan pemilik kulit berminyak dan berjerawat, pH kulitnya lebih rendah daripada kulit normal.

Agar pH kulit tetap seimbang di pagi hari, pilihlah sabun wajah yang tidak mengandung busa, teksturnya lembut, dan tidak membuat kulit wajah terlalu kesat.

Sabun wajah tanpa busa ini aman digunakan untuk kulit sensitif, kulit kering, maupun kulit berjerawat. Karena sifatnya yang gentle, tidak akan membuat kulit wajah menjadi iritasi, terasa terbakar, over eksfoliasi dan lapisan kulit tetap lembut.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading