5 Ragam Manfaat Minyak Tamanu bagi Kulit Tubuh

Vinsensia Dianawanti27 Agu 2021, 19:00 WIB
Diperbarui 27 Agu 2021, 19:00 WIB
Kulit Wajah

Fimela.com, Jakarta Minyak tamanu belakangan banyak digunakan produsen produk kecantikan dan kesehatan sebagai salah satu bahan utama. Tamanu oil atau minyak tamanu berasal dari biji pohon kacang tamanu yang banyak tumbuh di Asia Tenggara.

Minyak tamanu memiliki tampilan dan bau yang cukup spesifik. Ia memiliki konsistensi yang cukup kental dengan warna hijau tua, dan aroma kacang yang khas.

 

Secara manfaat, minyak tamanu digunakan dalam perawatan kulit dengan fungsi menenangkan. Selain itu, dikutip dari Byrdie ada beberapa manfaat yang bisa diberikan tamanu oil bagi kulit tubuh.

1. Mengatasi kulit kering

Minyak tamanu memiliki kandungan asam lemak yang lebih tinggi dibandingkan minyak lainnya. Sehingga sangat bermanfaat untuk mengatasi kulit kering. Secara khusus, kandungan asam lemak pada minyak tamanu memiliki jenis asam oleat dan linoleat yang memberikan kemampuan pelembap yang kuat.

 

2. Menyembuhkan jerawat

[Fimela] kulit kering
ilustrasi kulit kering | unsplash.com/@rafaelladiniz

Sifat antibakteri yang dimiliki tamanu oil bermanfaat untuk melawan bakteri penyebab jerawat. Kombinasikan dengan bahan yang mengandung anti inflamasi lainnya, minyak tamanu akan membantu mengobati jerawat yang meradang.

3. Cegah keriput

Penelitian menunjukkan bahwa minyak tamanu memiliki sifat penyembuhan luka dan regenerasi kulit. Ini telah terbukti meningkatkan proliferasi sel dan produksi kolagen dan glikosaminoglikan. Kolagan yang banyak akan membantu menyembuhkan luka serta menghilangkan garis halus dan kerutan.

 

4. Menangkan radikal bebas

Minyak tamanu juga kaya akan antioksidan. Ini penting untuk melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh faktor lingkungan, seperti matahari dan polusi.

5. Meredakan eksim

Minyak tamanu mengandung calophyllolide, molekul yang dipelajari dengan baik untuk memberikan efek anti-inflamasi yang mirip dengan hidrokortison. Molekul ini juga terbukti menjadi bagian integral dari kemampuan penyembuhan luka minyak. Ini juga berarti bahwa minyak tersebut berpotensi baik untuk kondisi kulit yang meradang seperti psoriasis, eksim, atau rosacea.

Simak video berikut ini

#Elevate Women

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela