Sukses

Beauty

5 Perawatan Kulit untuk Remaja yang Bisa Mengatasi Jerawat

Fimela.com, Jakarta Memasuki usia remaja yaitu mulai umur 12 tahunan, biasanya anak akan mengalami masa pubertas. Sehingga produksi hormon di dalam tubuh akan meningkat. Kondisi ini sangat berpengaruh pada perubahan fisik, maupun kondisi kulit wajah.

Masalah kulit yang paling umum dialami pada usia remaja, adalah munculnya jerawat dan kulit lebih berkomedo. Hal ini disebabkan karena pada saat remaja mengalami perubahan hormon, produksi minyak akan meningkat, kemudian menyebabkan pori-pori tersumbat dan memicu jerawat serta komedo. Saat wajah berjerawat, akan membuat rasa kepercayaan diri seseorang menurun.

Agar kulit wajah terbebas dari masalah kulit, para remaja harus rutin melakukan perawatan wajah. Pilih juga skincare yang kandungannya sesuai dengan umur. Berikut perawatan kulit wajah untuk remaja, yang harus rutin dilakukan:

Perawatan Kulit untuk Remaja

1. Rutin Membersihkan Kulit Wajah

Perawatan kulit untuk remaja yang pertama, yaitu rutin membersihkan wajah dengan sabun wajah. Para remaja ini sangat aktif, sehingga produksi minyak dan keringat akan semakin meningkat. Untuk itu, gunakan sabun muka yang mengandung salycilic acid dengan tekstur gel atau foam, untuk mengangkat dan mengontrol minyak berlebih di wajah.

2. Gunakan Hidrasi Toner

Setelah membersihkan kulit wajah, lebih baik gunakan toner yang berfungsi untuk menghirasi kulit. Karena kulit wajah remaja juga membutuhkan penyegar, yang mampu mengembalikan kesegaran dan mengontrol minyak di wajah. Kamu juga bisa sesekali menggunakan toner eksfoliator, untuk membersihkan komedo dan mengeringkan jerawat.

3. Gunakan Pelembap Ringan

Agar kulit wajah tetap lembap, sebaiknya tetap menggunakan pelembap wajah yang kandungannya ringan. Pelembap yang baik digunakan untuk remaja, yaitu pelembap dengan kandungan ekstrak tumbuhan, seperti ekstrak aloe vera, tea tree oil, chalendula dan centella asiatica. Lebih baik jika ingin menggunakan produk dengan bahan aktif, seperti vitamin C, AHA dan BHA, konsultasikan kepada dokter dulu.

Perawatan Kulit untuk Remaja

4. Jangan Lupakan Sunscreen

Saat di pagi dan siang hari, jangan lupa untuk menggunakan sunscreen. Karena remaja memiliki banyak aktivitas di luar ruangan, maka gunakan sunscreen dengan kandungan minimal SPF 30 PA+++. Sunscreen ini berfungsi untuk melindungi kulit agar tidak terkena paparan sinar matahari, mengontrol produksi minyak, dan mencegah terjadinya hiperpigmentasi kulit.

5. Pakai Masker Alami

Perawatan kulit untuk remaja yang terakhir, yaitu menggunakan masker wajah alami setiap seminggu sekali. Kamu bisa menggunakan masker tomat, jeruk nipis, lidah buaya atau teh hijau, untuk merawat kulit remaja yang berjerawat. Masker dapat digunakan setiap seminggu sekali, agar lapisan kulit remaja tidak menipis dan terhindar dari kulit kering.

Kandungan Skincare untuk Remaja

1. Salicylic Acid

Karena kulit masih remaja, sebaiknya memilih skincare dengan kandungan yang aman untuk kulit. Para remaja bisa memilih produk skincare yang mengandung salicylic acid, yang berfungsi untuk mengontrol minyak berlebih, membersihkan pori-pori tersumbat, mengangkat komedo dan menghilangkan jerawat.

2. Tea Tree Oil

Tea tree oil termasuk kandungan di dalam skincare, yang aman digunakan untuk para remaja. Kandungan ini berfungsi sebagai antibakterial, yang bisa membunuh bakteri penyebab jerawat. Karena kandungan ini sedikit keras, sebaiknya lebih berhati-hati saat mengaplikasikan ke kulit wajah yang berjerawat.

3. Benzoyl Peroxide

Kandungan skincare yang terakhir, yaitu skincare yang mengandung benzoyl peroxide. Kandungan ini sangat ampuh digunakan untuk menyembuhkan kulit berjerawat. Biasanya produk ini ditotolkan pada area kulit yang berjerawat, dan menyebabkan jerawat cepat kering. Kalau kamu memiliki kulit kering, sebaiknya hati-hati saat menggunakan kandungan ini.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading