Resep DIY Masker Pati Jagung, Tuntaskan Masalah Jerawat Buat Wajah Cerah dan Awet Muda

Fimela Reporter08 Sep 2021, 20:30 WIB
Diperbarui 08 Sep 2021, 20:30 WIB
DIY Masker Pati Jagung, Tuntaskan Masalah Jerawat Buat Wajah Cerah dan Awet Muda

Fimela.com, Jakarta Melewati hari dengan aktivitas yang padat dapat membuat kita letih dan mengundang stres pada wajah. Wajah yang mengalami stres dapat menimbulkan masalah wajah seperti jerawat dan kulit kusam. Merawat wajah pun menjadi penting agar wajah kita tetap terlihat cerah dan terbebas dari masalah jerawat.

Terdapat banyak kandungan yang mudah ditemui di sekitar kita dan dapat digunakan untuk merawat wajah. Seperti tepung pati jagung, bahan ini dapat kita temui di bahan masakan rumah ataupun supermarket. Menurut fustany.com, tepung pati jagung dapat mengembalikan warna kulit asli sehingga terlihat lebih cerah dan dapat mengurangi minyak dapat menyebabkan jerawat.

Memiliki kandungan Vitamin A yang baik untuk tubuh, masker pati jagung dapat membantumu untuk mengurangi flek hitam atau bekas jerawat, sehingga wajah terlihat awet muda. Tidak hanya itu, pati jagung mengandung iron dan kalsium yang dapat merangsang tumbuhnya sel kulit baru ke permukaan. Menurut medicalpharmanews.com, masker pati jagung dapat membersihkan wajah kita dari produksi sebum atau lemak berlebih yang dapat menimbulkan jerawat.

Membuat masker pati jagung pun merupakan perihal mudah. Kita dapat mencampurkannya dengan beberapa bahan yang berada di dalam rumah. Berikut resep DIY masker pati jagung yang cocok untuk wajah berjerawat dan dapat Sahabat Fimela buat sendiri. 

Step by step membuat masker pati jagung

DIY Masker Pati Jagung, Tuntaskan Masalah Jerawat Buat Wajah Cerah dan Awet Muda
Campurkan tepung pati jagung dengan susu dan madu untuk memeroleh kulit yang bersih dan cerah (pexels.com/Abdulrhman Elkady)

Untuk membuat masker pati jagung, Sahabat Fimela memerlukan beberapa bahan yang tertera di bawah ini:

  • 2 sdm tepung pati jagung
  • 1 sdm madu
  • 3 sdm susu
  • 1 sdm bubuk gula merah untuk scrub (opsional)

Untuk membuat masker pati jagung, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Campur semua bahan yang telah disiapkan di dalam mangkuk berukuran sedang. Aduk hingga merata sehingga mencapai tekstur pasta.
  2. Aplikasikan masker kepada wajah yang telah dibersihkan dan dalam keadaan kering
  3. Aplikasikan kepada wajah dan leher dengan lapisan tebal dari campuran bahan masker
  4. Diamkan selama 20 menit atau sampai kering, lalu bilas dengan air bertemperatur normal atau dingin
  5. Ulang proses ini setiap seminggu sekali untuk menghasilkan wajah yang cerah, lembut dan awet muda. 

Pastikan untuk melakukan patch test pada kulit sebelum memakai masker. Hal ini untuk mencegah adanya alergi dan iritasi terhadap bahan-bahan yang digunakan. Untuk wajah sensitif, jangan menggosok kulit wajah terlalu kencang untuk menghindari adanya reaksi iritasi.

 

Penulis: Meisie Cory

#Elevate Women

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela