10 Cara Mencerahkan Ketiak, Mudah, Praktis, dengan Bahan Alami

Nabila Mecadinisa21 Sep 2021, 14:30 WIB
Diperbarui 21 Sep 2021, 15:31 WIB
Cara mencerahkan ketian

Fimela.com, Jakarta Ketiak hitam adalah masalah yang banyak dihadapi oleh para perempuan. Sebenarnya, tak ada masalah dengan ketiak kusam, asalkan kita membersihkan dengan benar dan juga percaya diri. Namun sayangnya, banyak perempuan yang merasa tidak percaya diri dengan ketiak kusam. 

Banyak hal yang menyebabkan ketiak hitam, di antaranya adalah akibat mencukur bulu ketiak terlalu sering, penggunaan deodoran, faktor hormon, dan bisa juga akibat penumpukan sel kulit mati. Lalu, bagaimana cara terbaik untuk mencerahkan ketiak di rumah dengan bahan alami? Tim Fimela rangkumkan 10 cara yang bisa kamu coba di rumah.

1. Timun

Timun tak hanya baik untuk menenangkan kulit. Ternyata timun juga efektif mencerahkan ketiak.  Tinggi kandungan antioksidan, maka timun bisa membantu mengangkat sel kulit mati dan cerahkan kulit. Caranya sangat mudah, Hancurkan timun dan oleskan pada ketiak. Diamkan selama 20 menit dan jika sudah, bilas hingga bersih. 

2. Minyak zaitun

Minyak zaitun kaya vitamin E alami yang baik bagi kulit. Yak hanya menjaga kelembapannya namun juga membantu meratakan warna kulit serta meregenerasi kulit dengan baik. Cara terbaik menggunakan minyak zaitun untuk kulit adalah dengan oleskan campuran minyak zaitun dan gula pada ketiak. Fungsinya sebagai eksfoliasi alami untuk putihkan ketiak

 

 

3. Bengkoang

Cara putihkan ketiak
Cara putihkan ketiak /pixabay

Bengkoang sudah dipercaya baik untuk mencerahkan kulity dan biasanya digunakan sebagai masker wajah. Kali ini kamu bisa memanfaatkan bengkoang pada ketiak. Aplikasikan bengkoang yang sudah dihancurkan secara merata di kulit untuk optimalkan warna kulit dengan baik. 

4. Lemon

Lemon merupakan salah satu buah yang sudah banyak diteliti dan terbukti bisa membantu dalam mencerahkan kulit ketiak secara alami. Lemon mengandung vitamin C yang bisa memutihkan kulit ketiak. Selain itu, kandungan asam dari buah tersebut dapat melawan bakteri yang menyebabkan penumpukan sel kulit mati.

Cara yang bisa dilakukan adalah dengan gosokkan irisan lemon pada ketiak diamkan selama 10 menit, jika sudah bilas dengan air bersih. 

5. Baking Soda

Berkhasiat Untuk Memutihkan Ketiak
Ilustrasi Ketiak yang Menghitam Credit: pexels.com/Godisable

Bahan alami untuk memutihkan ketiak yang hitam adalah dengan menggunakan baking soda. Meski tidak memiliki efek pemutih, bahan satu ini dapat membantu mengangkat sel kulit mati.

Meski dapat mencerahkan ketiak, penggunaan baking soda tetap perlu berhati-hati. Sebab, baking soda bersifat abrasif dan bahan ini tidak boleh digunakan pada kulit sensitif. 

6. Kunyit

Kunyit adalah salah satu bumbu dapur yang banyak dimanfaatkan untuk kesehatan dan kecantikan. Salah satunya adalah mencerahkan ketiak yang gelap. Kunyit juga memiliki sifat antibakteri yang dapat menghilangkan bau pada ketiak.

Caranya pun cukup mudah, campurkan kunyit dengan 2 sendok makan jus lemon segar. Aduk hingga menjadi pasta, oleskan secara merata pada ketiak. Diamkan selama 30 menit, kemudian bilas dengan menggunakan air hangat.

7. Kentang 

 Kentang bermanfaat sebagai pemutih alami untuk ketiak yang gelap. Selain itu, sifat anti-inflamasi di dalam kentang juga dapat mengurangi rasa gatal akibat mencukur.

Parut kentang dan peras air yang keluar dari kentang tersebut. Kemudian, oleskan air kentang tersebut pada area ketiak. Setelah 10 menit bilas menggunakan air dingin.

8. Lidah Buaya

Ketiak
Ilustrasi ketiak/copyright shutterstock

Lidah buaya dapat bekerja guna menghambat pembentukan enzim yang menyebabkan pigmentasi kulit. Dengan itu, dapat membantu mencerahkan ketiak yang menghitam.

Selain itu, lidah buaya juga mengandung antibakteri dan dapat menenangkan kulit akibat iritasi. Cukup dengan mengoleskan lidah buaya pada ketiak, kemudian diamkan hingga 15 menit. Jangan lupa untuk membilasnya dengan air dingin. 

9. Minyak kelapa

Selain minyak zaitun, Anda juga bisa menggunakan minyak kelapa untuk memutihkan ketiak yang hitam. Caranya dengan memijat beberapa tetes minyak kelapa ke ketiak Anda. Setelah 15 menit, cuci ketiak Anda dengan air hangat dan sabun. Anda bisa mengulangi langkah ini dua hingga tiga kali sehari.

10. Tea tree oil

Tea tree oil dikenal memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan kulit. Oleh karena itu, tea tree oil banyak digunakan sebagai bahan campuran pada produk perawatan wanita.

Cara memutihkan ketiak dengan tea tree oil adalah dengan mencampurkan 5 tetes tea tree oil dengan 1 gelas air, tuang ke dalam botol semprotan kecil. Semprotkan larutan pada ketiak Anda dan biarkan mengering secara alami setiap hari setelah mandi atau berendam.

 

 

 

#Elevate Women

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela